mabesdenny: Tips
Showing posts with label Tips. Show all posts
Showing posts with label Tips. Show all posts
Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini
Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini - Buang air besar merupakan salah satu cara untuk membuang racun atau sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai dalam tubuh sehingga orang yang rutin buang air besarnya cenderung lebih sehat. Namun, tidak jarang terkadang kita mengalami susah buang air besar atau sembelit sehingga dapat mengganggu kesehatan kita bila terus-terusan terjadi dalam jangka panjang. Biasanya sih bila susah buang air besar rasanya tidak nyaman perut terasa penuh bahkan perut menjadi sedikit membuncit karena menumpuknya sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai.
baca juga : 4 Hal yang Membuat Sulit Buang Air Besar

Kalau sudah susah buang air besar lantas kita harus mengatasinya biar lancar jangan didiamkan saja karena dampaknya bahaya bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Nah, untuk memperlancar buang air besar kalian dapat menerapkan tips berikut ini yang dikutip dari diply.com :

1. Mengkonsumsi Serat
Serat memang terkenal sebagai salau satu penguras usus agar buang air besar menjadi lancar namun jangan dikonsumsi berlebihan. Para dokter dari University of California San Fransisco menganhurkan konsumsi 25-30 gram serat per hari. Serat cukup mudah ditemukan, kalian dapat menemukan serat pada buah dan sayur

2. Posisi Saat Buang Air Besar
Posisi terbaik agar plong saat buang air besar adalah dengan posisi jongkok. Namun, yang jadi masalah disini apabila closet yang kita pakai menggunakan closet duduk. Jadi, sebaiknya WC dirumah pakai closet jongkok aja yah.

3. Minum Air Putih
Tercukupinya cairan dalam tubuh juga dapat membantu untuk melancarkan buang air besar. 

4. Minum Kopi Hangat
Selain menghilangkan rasa kantuk kopi hangat juga dapat membantu melancarkan buang air besar namun perlu diingat untuk tidak terlalu sering minum kopi karena dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.
baca juga : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein
5. Olahraga
Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan tubuh bahkan olahraga juga dapat membantu memperlancar buang air besar.

6. Pijat
Menurut para dokter di Yale University menyarankan untuk memijat area perineum (daerah tubuh antara anus dan vulva pada wanita, dan antara anus dan skrotum pada laki-laki) untuk melancarkan buang air besar.
baca juga : Lepaskan Stres Dengan Memijat Jari Dan Telapak Tangan Selama 5 Menit
7. Luangkan Waktu
Umumnya tiap orang memiliki waktu-waktu tertentu untuk buang air besar, misalnya ada orang yang buang air besar tiap pagi setelah bangun tidur. Nah, sekarang tugas kalian adalah memperhatikan kapan saat-saat kalian biasanya buang air besar bila sudah mengetahui waktu tersebut maka luangkanlah waktu agar buang air besar tuntas tidak dikejar-kejar aktivitas yang ingin kita selesaikan.

8. Konsumsi Probiotik
Probiotik terkenal baik untuk menjaga kesehatan usus. Jadi, kalau penceraan bermaslah maupun buang air besar macet konsumsilah makanan maupun minuman yang mengandung probiotik sebagai contoh kalian dapat menemukan probiotik di dalam yoghurt. 

Wah, banyak kan caranya cukup pilih salah satu saja tidak harus diterapin semua kok. Jadi, sekarang terapkan tips di atas dan ucapkan selamat tinggal pada susah buang air besar. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : diply.com

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini

Jika Timbul 7 Gejala Berikut Ini, Maka Segeralah Minum Air Putih
Jika Timbul 7 Gejala Berikut Ini, Maka Segeralah Minum Air Putih - Sudah menjadi hal yang umum bahwa tubuh kita sebagian besar adalah cairan. Namun seiring dengan aktivitas kita sehari-hari cairan tuuh tersebut akan berkurang dan tentunya harus digantikan dengan cara yang cukup sederhana dan murah seperti meminum air putih. Kalau kondisi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi terus dibiarkan maka dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kalian.
baca juga : Tips Menghindari Dehidrasi
Cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat mudah dan sudah dijelaskan di atas namun, apakah tanda-tanda bahwa kita sedang kekurangan cairan tubuh sehingga harus mengisi ulangnya. Nah, tanda-tanda tersebut sudah saya sediakan sebagaimana dikutip dari lifehack.org, berikut ini tanda-tanda bahwa tubuh kekurangan cairan tubuh dan harus segera di isi ulang :

1. Mulut dan Kulit Terasa Kering
Kondisi mulut dan kulit terasa kering sering kali kita rasakan namun jika kondisi ini timbul maka seharusnya janganlah dibiarkan. Tetapi, segera minum air putih karena itu pertanda bahwa tubuh kalian kekurangan cairan. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan maka bibir dan kulit akan kembali lembab.
baca juga : Cara Mencegah Bibir Kering

2. Mata Terasa Kering
Tidak hanya pada bibir dan kulit tetapi kondisi kering juga terdapat pada mata. Ya, mata kita juga bisa kering umumnya gejala kering ini terlihat dari mata mulai kemerahan dan sedikit perih. JIka kondisi tersebut menyerang kalian maka ambil segelas air putih dan minumlah.

3. Nyeri Sendi
Apakah kalian tahu bahwa tulang rawan serta cakram pada tulang bekan kita terdiri dari air sebesar 80%. Jadi, pastikan bahwa cairan tubuh kalian terpenuhi agar sendi0sendi kalian mampu berfungsi secara sempurna.

4. Lama Sembuh Ketika Sakit
Proses detoksifikasi atau pembuangan racun pada tubuh kita dapat terbantu dengan meminum air putih. Karena kekurangan cairan dapat mengurangi pengoptimalan proses detoksifikasi.

5. Merasa Pusing, Lemah Dan Lesu
Karena begitu pentingnya air bagi tubuh kita, sehingga ketika tubuh kekurangan air maka air pada darah kita akan dipinjam untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Namun, hal ini akan berdampak pada tubuh menjadi lesu, lemah hingga pusing. Karena kemampuan darah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh menjadi menurun saat cairan dalam darah dipinjam.

6. Merasa Lapar Terus
Kalau kalian merasa lapar terus maka jangan langsung makan melainkan cobalah untuk meminum air putih. Karena ketika kita sedang dehidrasi tubuh akan mengirim sinyal kepada otak seolah-olah kita sedang lapar padahal sebenarnya kita sedang haus.

7. Kencing Kurang dari 4 Kali Sehari
Kencing yang normal dalam sehari adaah sekitar 4 -7 kali dalam sehari. Nah, kalian kencing dalam sehari kurang dari angka tersebut maka itu tandanya kalian kekurangan cairan dan juga dapat dilihat jika kencing kita berwarna kuning itu artinya kalian kekurangan cairan tubuh. Kondisi ini janganlah dibiarkan karena bisa-bisa kalian akan terkena infeksi kandung kemih

Cukup banyak bukan kondisi yang mengharuskan kita meminum air putih dan kondisi tersebut sering kita alami dalam sehari. Mungkin meminum air putih terlihat sepele namun dampak yang ditimbulkannya berbahaya bagi kesehatan bila kurang minum air putih.Jadi, bila gejala di atas muncul segera minum air putih ya. Sekian infonya moga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : lifehack.org

Jika Timbul 7 Gejala Berikut Ini, Maka Segeralah Minum Air Putih

Idealkah Berat Badan Kalian? Berikut Ini Cara Mudah Untuk Mengetahuinya - Pada umumnya para wanita sering dipusingkan oleh ukuran dan berat badan mereka yang tidak sesuai keinginan. Nah, lalu tubuh yang bagaimana sih sebenarnya yang ideal itu? Kebanyakan orang pasti akan menjawab dengan berdasarkan hasil timbangan berat badan dan yang lain ada juga berdasarkan hasil perhitungan tinggi dan berat badan. Tetapi sebenarnya cara-cara tersebut kurang akurat. Mau tahu cara untuk mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal atau belum? Kalau gitu tetep lanjut baca artikel ini sampai habis ya hhe.
baca juga : Tips Menaikkan Berat Badan Dengan Sehat
Baiklah, sebenarnya cara yang di gunakan sungguh super duper gampang karena yang dibutuhkan hanyalah seutas tali sebagaimana dikutip dari womenshealthmag.com berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan :
  • Potong tali dengan panjang sesuai dengan tinggi badan kalian; 
  • lipat atau tekuk tali tersebut menjadi dua;
  • Kemudian lingkarkan pada pinggang kalian; 
  • Apakah tali tersebut masih ada sisa atau berlebih? Jika begitu maka berat badan kalian masih tergolong ideal dan jika tali tersebut tidak berlebih maka bisa dikatakan bahwa kalian gendut dan dapat berisiko tinggi terkena stroke dan sakit jantung. 

Nah, gimana? gampang banget kan. Ayo ukur sekarang juga dan beritahu hasilnya di kolom komentar di bawah ya. Kalau saya sendiri sih termasuk ideal bahkan lilitan talinya masih lebih banyak berlebih. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

Idealkah Berat Badan Kalian? Berikut Ini Cara Mudah Untuk Mengetahuinya

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar
Beginilah Seharusnya Mengunakan Obat Tetes Mata Yang Benar - Pasti kalian pernah menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang teriritasi. Pada umumnya cara penggunaan obat tetes mata sangatlah mudah yaitu cukup dengan menetaskannya pada mata yang teriritasi. Namun, apakah cara tersebut adalah cara yang benar? Ternyata tidak sesederhana itu melainkan ada hala-hal yang harus kita lakukan. Diktip dari meetdoctor.com berikut ini cara menggunakan obat tetes mata yang benar :

1. Teteskan satu persatu
Kadang kala kita meneteskan obat tetes mata terlalu cepat seharusnya ada waktu jeda karena kapasitas mata untuk menampung hanyalah satu kali tetes sekali waktu.

2. Jangan menggunakan dua jenis obat tetes yang berbeda
Janganlah menggunakan obat tetes mata dengan merek berbeda secara bersamaan melainkan berikan jeda minimal selama kurang lebih 30 menit agar tidak terjadi interaksi yang justru membuat mata berair dan terasa panas. Selain itu penggunaan obat tetes mata dengan merk berbeda dalam waktu bersamaan dapat membuat efektivitas obatnya berkurang dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika kalian berniat untuk menggunakan dua jenis obat mata yag berbeda.

3. Turuti dosis yang dianjurkan
Turuti dosis yang dianjurkan jangan sampai kurang atau melebihi dosis karena dapat mengurangi keefektivan obat atau bisa saja justru memberikan efek buruk bagi mata.

4. Perhatikan tanggal kedaluarsa
Setiap obat pasti memiliki tanggal kadaluarsa dan hal ini tidak boleh dianggap remeh meski hanya terlewat sehari dari tanggal kadaluarsa. Karena dapat memberikan dampak buruk bila digunakan. Jadi, rutinlah mengecek tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan obat tetes.

5. Jangan mendiagnosa sendiri
Jangan sok pintar jika kalian tidak memiliki ilmunya karena hal tersebut bisa membuat penyakit yang di derita bertambah parah. Sebaiknya bila mata kalian tidak kembali membaik dalam jangka waktu 1-2 hari segeralah konsultasi kepada dokter.
baca juga : Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

6. Selalu periksa label obat mata yang hendak digunakan 
Periksalah label yang terdapat pada obat mata dan baca secara seksama agar tidak tertukar dengan obat lain yag memiliki kemasan yang mirip.

7. Lepas Lensa Kontak
Pagi pengguna lensa kontak kalian harus melepaskan lensa kontak kalian dulu sebelum meneteskan obat tetes mata karena dapat berpengaruh pada penyerapan obat.

8. Jangan Berkedip Dengan Cepat
Saat obat tetes mata suda diteteskan maka jangan lah mengedip-ngedipkan mata denag cepat atau memutar bola mata. Jika tidak tahan maka kalian dapat menutup mata selama satu atau dua menit agar obat terserap sempurna.

Nah, itu tadi cara menggunakan obat mata yang tepat mungkin terlihat sepele namun hal tersebut cukup penting agar obat tetes mata yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal sehingga mata cepat sembuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Beginilah Seharusnya Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar

Bawang Merah
Bawang Merah, Senjata Ampuh Atasi Rambut Rontok - Rambut rontok merupakan masalah umum yang banyak dialami banyak orang dan bila rambut masih terus rontok maka bisa mengakibatkan kebotakan sehingga membuat kita hilang kepercayaan diri sebab penampilan jadi kurang menarik.
baca juga : Rambut Kalian Ubanan? Sebaiknya Dicabut Atau Tidak? Yuk, Cari Tahu Di Sini
Penanganan rambut rontok juga tidak boleh dilakukan sembarangan, biasanya perawatan yang menggunakan bahan kimia memang akan membuat rambut tidak rontok lagi tapi bisa menyebabkan efek samping, misalnya rambut menjadi kering dan tidak hitam berkilau. Nah, untuk solusi amannya untuk mengataswi rambut rontok adalah dengan menggunakan bahan alami. Sebagaimana dikutip dari stylecraze.com ternyata bawang merah mampu mengatasi rambut rontok. Bagaimanakah caranya? Yuk disimak di bawah ini :
  • Ambil 3 sampai 4 buah bawang kemudian kupas kulitnya tapi jangan lupa untuk dicuci dengan air bersih sebelumnya. 
  • Selanjutnya, haluskan bawang merah dengan blender hingga membentuk benar-benar hancur. 
  • Kemudian gunakan hasil blender bawang merah tersebut ke rambut hingga kulit kepala sembari dipijat dengan halus.
  • Setelah itu, diamkan kurang lebih selama 30 menit. Lalu, bilas rambut kalian dengan air bersih dan keramas dengan sampo seperti biasanya. 
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan cara ini minimal 3 kali seminggu. 
Nah, begitulah caranya untuk mengatasi rambut rontok dengan bawang merah, sangat mudah bukan? Selain mengatasi rambut rontok nutrisi pada bawang merah membantu kulit kepala terbebas dari masalah ketombe serta gatal-gatal dan membuat rambut jadi lebih lembab dan halus.
baca juga : 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
Cara ini terbukti cukup ampuh karena hasilnya dapat terlihat dalam satau atau dua kali perawatan dan untuk hasil maksimalnya dapat dilihat dalam satu bulan ke depan. Bila kalian tidak menyukai aroma dari bawang merah, kalian dapat mencampurkan menyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam campuran hasil blender bawang merah tadi untuk meminimalisir baunya. Minyak zaitun maupun minyak kelapa juga terbukti baik untuk kesehatan rambut. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : stylecraze.com

Bawang Merah, Senjata Ampuh Atasi Rambut Rontok

Cara Memasak Nasi Yang Sehat
Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini - Nasi putih merupakan makanan pokok bangsa Indonesia yang mana artinya setiap hari orang Indonesia pasti makan nasi putih. Makanya tidak mengherankan jika timbul istilah "kalau tidak makan nasi belum kenyang".
baca juga : Habisin Nasinya Kalau Tidak Nasinya Nangis Loh
Nah, ternyata dalam memasak nasi tidak boleh sembarangan agar dapat memangkas kalori dalam nasi sehingga menjadi lebih sehat khususnya untuk nasi putih. Seperti yang dikutip dari sciencealert.com berikut ini cara memasak nasi yang benar agar lebih sehat :

Nasi yang dimasak dengan cara menanak dengan air lalu dibiarkan hingga matang akan memiliki karbohidrat sederhana yang lebih tinggi, yang mana mudah diserap tubuh tetapi mudah menjadi lemak tubuh jika tidak dibakar dengan aktivitas fisik misalnya seperti olahraga.

Mahasiswa Sri Lanka melakukan percobaan untuk menemukan bagaimana cara memasak nasi yang sehat. Nah, cara tersebut adalah rebus air hingga mendidih, lalu tambahkan minyak kelapa sekitar 3% dari berat beras yang mau dimasak. Kira-kira sekitar 1 sendok teh jika memasak setengah gelas takar beras. Setelah itu baru masukkan beras yang mau dimasak. Setelah matang, biarkanlah dingin dan simpan nasi dalam kulkas hingga sekitar 12 jam dan keluarkan. Kemudian, hangatkan sebentar di microwave sebelum siap untuk disajikan. Dengan cara ini kalori pada nasi akan berkurang hingga 50 persen.

Nah, itu dia cara memasak nasi yang sehat memang sih kelihatannya ribet banget ya kalau sudah lapar banget gimana nih masa harus nunggu 12 jam bisa-bisa mati kelaparan. Yah, begitulah sehat itu pilihan kalau tidak kalian bisa mensiasatinya dengan memasak nasi hari ini untuk dimakan esok hari atau masak pagi untuk dimakan sore dan malam hari. Masih terdengar ribet sih ya kalau gitu ada kok alternatif lain pengganti nasi putih yang lebih sehat, mau tahu? cek aja pada artikel berikut ini (Makanan Sehat Pengganti Beras Putih). Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : sciencealert.com

Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini

Manfaat Buah Kurma
Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya - Tentu bukanlah hal yang susah untuk mendapatkan buah kurma ketika di bulan Ramadhan, karena banyak sekali pedagang-pedagang yang menjualnya. Buah kurma juga dianjurkan sebagai salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengapa bisa demikian? Dikutip dari livestrong.com terdapat manfaat kurma yang menjadi alasan mengapa kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa :

1. Tidak menaikkan gula darah
Kurma memanglah buah yang memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang menyangka jika mengkonsumsi kurma akan meningkatkan kadar gula dalam darah mereka. Ternyata anggapan tersebut salah karena kurma sama sekali tidak meningkatakan kadar gula dalam darah karena buah kurma memiliki glikemik indeks yang rendah pada kandungan gula alaminya. Bahkan buah kurma aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Meningkatkan asupan serat
Kurma memanglah buah yang memiliki kandungan air yang sedikit namun kurma memiliki serat yang sangat kaya. Kandungan serat pada kurma merupakan jenis serat yang tidak larut sehingga dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh.

3. Menurunkan kolesterol
Seperti penjelasan pada poin 2 di atas yang mana kurma memiliki serat yang dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa buah kurma dapat menurunkan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi kurma kita dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.
baca juga : Lawan Kolesterol Jahat Dengan Kolesterol Baik

4. Meningkatkan asupan vitamin dan mineral
Kurma merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Kurma memiliki kandungan vitamin B kompleks, B-6, K dan A. Selain itu kurma juga kaya akan mineral seperti potasium/kalium, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, zat besi dan seng.
baca juga : Makanan Sumber Kalsium Selain Susu Yang Dijamin Sehat

Luar biasa bukan kandungan gizi yang terdapat dari buah khas timur tengah ini yang mana memiliki rasa yang manis namun tidak membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga sungguh pas untuk berbuka puasa. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya

Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa - Bau mulut merupakan masalah klasik atau hal yang lazim terjadi saat kita menunaikan ibadah puasa karena adanya sebuah bahan kimia hasil pemecahan lemak dalam tubuh yang bernama kenotes dan bercampur dengan napas yang keluar dari mulut sehingga nafas menjadi bau. Hal tentu akan membuat kalian malas untuk berbicara dengan orang lain karena malu dengan bau mulut sendiri. Tetapi tenang saja bau mulut tersebut bisa diminimalisir kok. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini cara paling mujarab untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa : 

1. Jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi
Karena baunya berasal dari mulut oleh karena itu kebersihan mulut harus dijaga agar nafas tidak terlalu bau. Jagalah kebersihan mulut kalian salah satunya dengan cara rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Untuk memaksimalkan proses menyikat gigi pakailah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut serta ukuran kepalanya yang kecil sehingga bisa menjangkau daerah yang sempit. Sikatlah gigi kalian minimal selama dua menit yang mencakup seluruh area gigi. Sikatlah gigi kalian  setelah kurang lebih satu jam sehabis berbuka puasa pun begitu saat sahur sikatlah gigi dengan jeda satu jam setelah sahur.
baca juga : Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi

2. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
Ada kalanya sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau maupun dibersihkan oleh sikat gigi kalian dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkannya. Umumnya untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi. Membersihkan gigi dengan benang gigi pun caranya cukup mudah dengan cara kencangkan benang dengan menggunakan jempol yang menarik benang bersama dengan jari telunjuk di tangan satunya. Kemudian, gerakkan secara perlahan di sela gigi namun perlu diingat jangan sampau benangnya mengiris gusi.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat
Bau mulut juga bisa terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu kurangilah mengkonsumsi makanan maupun minuman manis dan asam saat sahur.
baca juga : Makanan Paling Tidak Sehat Di Dunia

4. Berkumur dengan obat kumur
Setelah menyikat gigi lalu menggunakan benang gigi jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur agar nafas menjadi lebih segar dan mebunuh bakteri maupun kuman yang menyebabkan bau mulut. Namun, ada hal yang patut kalian waspadai dalam memilih obat kumur yaitu hindari obat kumur yang mengandung alkohonl karena dapar menyebabkan iritasi mulut.

5. Membersihkan lidah.
Sempurnakanlah kegiatan membersihkan mulut kalian dengan membersihkan permukaan lidah yang mana sebelumnya telah menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur. Untuk membersihkan lidah kalian dapat melakukannya dengan menggunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah yang dapat ditemukan di apotek. Dalam membersihkan lidah sikatlah bagian lidah dari dalam ke arah luar agar secara signifikan meminimalisir bau mulut.

6. Mengunyah permen karet saat berbuka puasa
Setelah selesai menyantap makanan berbuka puasa, kunyahlah permen karet yang bebas pemanis tambahan untuk membantu menambah produksi air liur yang mana air liur dapat membantu membilas bagian dalam mulut agar terbebas dari sisa makanan.

Nah, setelah menerapkan hal di atas dijamin bau mulut kalian akan berkurang dan tidak perlu malu untuk berkomunikasi dengan orang-orang toh mereka juga paham kalau sedang puasa yang penting mulutnya jangan bau banget hhe... Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

Sebaiknya Konsumsi Buah Dimakan Langsung Atau Dijus
Untuk Memperoleh Nutrisi Secara Optimal, Sebaiknya Buah Dimakan Langsung Atau Dijus? - Buah merupakan makanan yang mengandung vitamin, mineral maupun senyawa kimia yang sangat dibutuhkan tubuh oleh karena itu usahakanlah untuk memakan buah setiap hari. Cara mengkonsumsinya pun beragam namun yang paling sering dilakukan adalah dengan dimakan langsung atau dijus. Nah, kemudian cara mana kah yang paling baik untuk mengkonsumsi buah? Seperti yang dilansir boldsky.com ternyata memakan buah secara langsung lebih baik daripada dijus. Mengapa bisa begitu? Berikut ini penjelasannya.
baca juga : Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi
Sangat disayangkan meski kandungan vitamin tetap terjaga namun kandungan serat alami pada buah akan hilang jika dijus padahal sejatinya serat alami pada buah-buahan sangatlah baik untuk tubuh. Khusus jus buah kemasan yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran mengandung pengawet yang mana hal ini jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu umumnya pembuatan jus buah akan ditambahkan gula yang mana hal ini juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Well, begitulah penjelasan dari boldsky.com memang buah sebaiknya dimakan langsung kecuali kalian memiliki masalah pada gigi sehingga tidak memungkinkan untuk mengunyah buah tersebut jadinya mau tidak mau harus dijus agar nutrisi dalam buah tersebut dapat masuk kedalam tubuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : boldsky.com

Untuk Memperoleh Nutrisi Secara Optimal, Sebaiknya Buah Dimakan Langsung Atau Dijus?

Makanan Dalam Kulkas
Janganlah Kalian Simpan Makanan Ini Di Dalam Kulkas - Kulkas merupakan perabot elektronik yang berfungsi sebagai lemari pendingin untuk makanan maupun minuman agar tetap segar dan bisa tahan lebih lama alias tidak cepat basi atau busuk. Karena alasan tersebut wajar saja jika setiap orang memasukan makanan maupun minuman ke dalam kulkas, namun tahukah kalian kalau tidak semua jenis makanan dapat disimpan dalam kulkas?

Dikutip dari rmhealthy.com, terdapat beberapa jenis makanan yang seharusnya jangan disimpan di dalam kulkas dan berikut ini jenis makanan tersebut :

1. Alpukat
Buah Alpukat merupakan buah yang tidak bisa tahan lama ketika sudah matang dan harus dikonsumsi secepatnya agar tidak busuk. Nah, dengan menyimpannya di kulkas justru membuat warna daging alpukat berubah.

2. Madu
Jika kalian berpikir dengan memasukkan madu ke dalam kulkas akan membuatnya segar maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena bukan membuatnya segar tetapi justru membuat rusaknya struktur pada madu sehingga kandungan nutrisinya berkurang. Jadi, sebaiknya simpan madu di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.
baca juga : Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu

3. Biji kopi
Janganlah sekali-kali menyimpan biji kopi di dalam kulkas karena bisa merusak kualitas kopi bahkan lebih parahnya lagi membuat biji kopi ditumbuhi jamur. Sayang kan kalau tidak bisa dikonsumsi apalagi harga biji kopinya mahal.
baca juga : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein

4. Nanas
Kalau buah yang satu ini ternyata tidak boleh di masukkan ke dalam kulkas karena dapat menghilangkan antioksidan yang terdapat pada nanas. Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Jadi, jika kalian tetap ingin menyimpan buah nanas di dalam kulkas agar segar maka kalian harus menyimpannya di dalam tempat yang tertutup jika nanas tersebut sudah dikupas. Lalu jika nanasnya belum dikupas janganlah taruh di dalam kulkas kalian dapat menyimpannya di tempat yang suhu ruangannya sejuk tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang jangan kalian simpan di dalam kulkas jika kalian kebetulan ada yang terbiasa menyimpan jenis makanan di atas maka segera hentika kebiasaan tersebut agar nutrisinya tetap terjaga dan kita mendapatkan manfaatnya secara optimal. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : rmhealthy.com

Janganlah Kalian Simpan Makanan Ini Di Dalam Kulkas