Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya - mabesdenny
Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya
sumber foto : shutterstock
Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya - Jika ada orang yang bilang bahwa semua kentut itu bau maka mereka telah salah besar. Memang sih mayoritas kentut akan bau tidak sedap atau bisa dijuluki "mematikan" haha tapi ada juga kok kentut yang tidak berbau. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas kenapa ada kentut yang bau dan tidak bau.

Dikutip dari mentalfloss.com, hal yang dapat menyebabkan bau atau tidaknya kentut adalah tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang mengandung sulfur yaitu jenis makanan yang membuat kentutu berbau yang "mematikan", misalnya seperti brokoli, bawang, kubis, daging dan juga telur. 
Dalam proses pencernaan jenis makanan yang mengandung sulfur tadi akan dihancurkan dan bakteri pada usus akan memecah protein serta menghasilkan gas metana yang menyebabkan kentut berbau tak sedap. Kentut mengandung berbagai gas yakni oksigen, hidrogen, metana, sulfur, karbon dan nitrogen. Namun, sulfurlah yang menjadi otak dari baunya kentut yang sangat mematikan semakin banyak kalian memakan makan yang mengandung sulfur maka semakin mematikan bau kentut kalian.

Namun, untuk makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, sayuran dan kentang perut kalian tidak akan mencerna makanan tersebut sepenuhnya. Saat dalam proses pencernaan makanan tersebut dipecah oleh bakteri dan dambil sari-sari makanannya lalu menghasilkan gas karbon dioksidan dan hidrogen. Nah, kedua gas ini tidak menmbulkan bau yang mematikan berbeda dengan makanan yang mengandung sulfur yang mana mengandung gas metana.
Nah, sekarang sudah tahu kan? jadi bila saat kalian kentut dan baunya sangat tidak sedap maka ingat-ingat kembali makanan yang kalian konsumsi apakah kalian mengkonsumsi makanan tinggi protein yang pada umumnya mengandung banyak sulfur. Kalau bau kentut kalian aman-aman saja berarti kalian hanya memakan makanan yang banyak kandungan karbohidratnya. Sekian infonya moga bermanfaat ya

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber :  mentalfloss.com

Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya

Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya
sumber foto : shutterstock
Tidak Semua Kentut Memiliki Bau "Mematikan", Berikut Penjelasannya - Jika ada orang yang bilang bahwa semua kentut itu bau maka mereka telah salah besar. Memang sih mayoritas kentut akan bau tidak sedap atau bisa dijuluki "mematikan" haha tapi ada juga kok kentut yang tidak berbau. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas kenapa ada kentut yang bau dan tidak bau.

Dikutip dari mentalfloss.com, hal yang dapat menyebabkan bau atau tidaknya kentut adalah tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang mengandung sulfur yaitu jenis makanan yang membuat kentutu berbau yang "mematikan", misalnya seperti brokoli, bawang, kubis, daging dan juga telur. 
Dalam proses pencernaan jenis makanan yang mengandung sulfur tadi akan dihancurkan dan bakteri pada usus akan memecah protein serta menghasilkan gas metana yang menyebabkan kentut berbau tak sedap. Kentut mengandung berbagai gas yakni oksigen, hidrogen, metana, sulfur, karbon dan nitrogen. Namun, sulfurlah yang menjadi otak dari baunya kentut yang sangat mematikan semakin banyak kalian memakan makan yang mengandung sulfur maka semakin mematikan bau kentut kalian.

Namun, untuk makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, sayuran dan kentang perut kalian tidak akan mencerna makanan tersebut sepenuhnya. Saat dalam proses pencernaan makanan tersebut dipecah oleh bakteri dan dambil sari-sari makanannya lalu menghasilkan gas karbon dioksidan dan hidrogen. Nah, kedua gas ini tidak menmbulkan bau yang mematikan berbeda dengan makanan yang mengandung sulfur yang mana mengandung gas metana.
Nah, sekarang sudah tahu kan? jadi bila saat kalian kentut dan baunya sangat tidak sedap maka ingat-ingat kembali makanan yang kalian konsumsi apakah kalian mengkonsumsi makanan tinggi protein yang pada umumnya mengandung banyak sulfur. Kalau bau kentut kalian aman-aman saja berarti kalian hanya memakan makanan yang banyak kandungan karbohidratnya. Sekian infonya moga bermanfaat ya

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber :  mentalfloss.com

20 comments:

  1. Faktor makanan sangat berpegaruh terhadap bau kentut, tapi walaupun bau bersyukur juga yah kita masih bisa kentut, bayangkan kalau kita ndak bisa kentut, :) :)

    ReplyDelete
  2. Memang sih kentut tidak selalu berbau ternyata tergantung makanannya kalau sudah tahu makanan apa saja yang bisa menimbulkan bau mematikan tinggal hati hati saja jangan kentut sembarangan

    ReplyDelete
  3. Kentut berarti buang gas yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Namun perlu diperhatikan tempat membuangnya kan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali uda meski kentut gak bau tapi kan suaranya sudah cukup bikin gempar haha

      Delete
  4. Bau tidaknya kentut seseorang berarti tergantung dari makanan yang kita konsumsi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh mas,,,harus dijaga asupan makanannya

      Delete
    2. bener banget kalau gak percaya coba aja mas makan petai sama jengkol baunya pasti dahsyat tuh kentutnya hha

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. biasanya kalo kentut tidak berbunyi itu malah baunya minta ampun lho mas hehehe

    ReplyDelete
  7. Berarti kalau mau makan harus menghindari zat sulfur yang terkandung dalam makanan... kalau makan kentang suka kentut terus, berarti kentang mengandung zat sulfur yang besar ya...

    ReplyDelete
  8. apalagi kalau kentutnya tidak berbunyi ya mas, itu bau nya luar binasa #pengalaman heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jurus pengusir orang mas, pasti pada nyingkir nanti,wakakaka

      Delete
    2. bener banget tuh mas pur haha

      Delete
  9. bahas kentut jadi ingat kembali nih, kentut apa yang mematikan hayo?

    ReplyDelete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)