Monday, August 31, 2015

Beginilah Seharusnya Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar
Beginilah Seharusnya Mengunakan Obat Tetes Mata Yang Benar - Pasti kalian pernah menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang teriritasi. Pada umumnya cara penggunaan obat tetes mata sangatlah mudah yaitu cukup dengan menetaskannya pada mata yang teriritasi. Namun, apakah cara tersebut adalah cara yang benar? Ternyata tidak sesederhana itu melainkan ada hala-hal yang harus kita lakukan. Diktip dari meetdoctor.com berikut ini cara menggunakan obat tetes mata yang benar :

1. Teteskan satu persatu
Kadang kala kita meneteskan obat tetes mata terlalu cepat seharusnya ada waktu jeda karena kapasitas mata untuk menampung hanyalah satu kali tetes sekali waktu.

2. Jangan menggunakan dua jenis obat tetes yang berbeda
Janganlah menggunakan obat tetes mata dengan merek berbeda secara bersamaan melainkan berikan jeda minimal selama kurang lebih 30 menit agar tidak terjadi interaksi yang justru membuat mata berair dan terasa panas. Selain itu penggunaan obat tetes mata dengan merk berbeda dalam waktu bersamaan dapat membuat efektivitas obatnya berkurang dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika kalian berniat untuk menggunakan dua jenis obat mata yag berbeda.

3. Turuti dosis yang dianjurkan
Turuti dosis yang dianjurkan jangan sampai kurang atau melebihi dosis karena dapat mengurangi keefektivan obat atau bisa saja justru memberikan efek buruk bagi mata.

4. Perhatikan tanggal kedaluarsa
Setiap obat pasti memiliki tanggal kadaluarsa dan hal ini tidak boleh dianggap remeh meski hanya terlewat sehari dari tanggal kadaluarsa. Karena dapat memberikan dampak buruk bila digunakan. Jadi, rutinlah mengecek tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan obat tetes.

5. Jangan mendiagnosa sendiri
Jangan sok pintar jika kalian tidak memiliki ilmunya karena hal tersebut bisa membuat penyakit yang di derita bertambah parah. Sebaiknya bila mata kalian tidak kembali membaik dalam jangka waktu 1-2 hari segeralah konsultasi kepada dokter.
baca juga : Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

6. Selalu periksa label obat mata yang hendak digunakan 
Periksalah label yang terdapat pada obat mata dan baca secara seksama agar tidak tertukar dengan obat lain yag memiliki kemasan yang mirip.

7. Lepas Lensa Kontak
Pagi pengguna lensa kontak kalian harus melepaskan lensa kontak kalian dulu sebelum meneteskan obat tetes mata karena dapat berpengaruh pada penyerapan obat.

8. Jangan Berkedip Dengan Cepat
Saat obat tetes mata suda diteteskan maka jangan lah mengedip-ngedipkan mata denag cepat atau memutar bola mata. Jika tidak tahan maka kalian dapat menutup mata selama satu atau dua menit agar obat terserap sempurna.

Nah, itu tadi cara menggunakan obat mata yang tepat mungkin terlihat sepele namun hal tersebut cukup penting agar obat tetes mata yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal sehingga mata cepat sembuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments