Beginilah Seharusnya Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar - mabesdenny
Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar
Beginilah Seharusnya Mengunakan Obat Tetes Mata Yang Benar - Pasti kalian pernah menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang teriritasi. Pada umumnya cara penggunaan obat tetes mata sangatlah mudah yaitu cukup dengan menetaskannya pada mata yang teriritasi. Namun, apakah cara tersebut adalah cara yang benar? Ternyata tidak sesederhana itu melainkan ada hala-hal yang harus kita lakukan. Diktip dari meetdoctor.com berikut ini cara menggunakan obat tetes mata yang benar :

1. Teteskan satu persatu
Kadang kala kita meneteskan obat tetes mata terlalu cepat seharusnya ada waktu jeda karena kapasitas mata untuk menampung hanyalah satu kali tetes sekali waktu.

2. Jangan menggunakan dua jenis obat tetes yang berbeda
Janganlah menggunakan obat tetes mata dengan merek berbeda secara bersamaan melainkan berikan jeda minimal selama kurang lebih 30 menit agar tidak terjadi interaksi yang justru membuat mata berair dan terasa panas. Selain itu penggunaan obat tetes mata dengan merk berbeda dalam waktu bersamaan dapat membuat efektivitas obatnya berkurang dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika kalian berniat untuk menggunakan dua jenis obat mata yag berbeda.

3. Turuti dosis yang dianjurkan
Turuti dosis yang dianjurkan jangan sampai kurang atau melebihi dosis karena dapat mengurangi keefektivan obat atau bisa saja justru memberikan efek buruk bagi mata.

4. Perhatikan tanggal kedaluarsa
Setiap obat pasti memiliki tanggal kadaluarsa dan hal ini tidak boleh dianggap remeh meski hanya terlewat sehari dari tanggal kadaluarsa. Karena dapat memberikan dampak buruk bila digunakan. Jadi, rutinlah mengecek tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan obat tetes.

5. Jangan mendiagnosa sendiri
Jangan sok pintar jika kalian tidak memiliki ilmunya karena hal tersebut bisa membuat penyakit yang di derita bertambah parah. Sebaiknya bila mata kalian tidak kembali membaik dalam jangka waktu 1-2 hari segeralah konsultasi kepada dokter.
baca juga : Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

6. Selalu periksa label obat mata yang hendak digunakan 
Periksalah label yang terdapat pada obat mata dan baca secara seksama agar tidak tertukar dengan obat lain yag memiliki kemasan yang mirip.

7. Lepas Lensa Kontak
Pagi pengguna lensa kontak kalian harus melepaskan lensa kontak kalian dulu sebelum meneteskan obat tetes mata karena dapat berpengaruh pada penyerapan obat.

8. Jangan Berkedip Dengan Cepat
Saat obat tetes mata suda diteteskan maka jangan lah mengedip-ngedipkan mata denag cepat atau memutar bola mata. Jika tidak tahan maka kalian dapat menutup mata selama satu atau dua menit agar obat terserap sempurna.

Nah, itu tadi cara menggunakan obat mata yang tepat mungkin terlihat sepele namun hal tersebut cukup penting agar obat tetes mata yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal sehingga mata cepat sembuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Beginilah Seharusnya Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Benar
Beginilah Seharusnya Mengunakan Obat Tetes Mata Yang Benar - Pasti kalian pernah menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata yang teriritasi. Pada umumnya cara penggunaan obat tetes mata sangatlah mudah yaitu cukup dengan menetaskannya pada mata yang teriritasi. Namun, apakah cara tersebut adalah cara yang benar? Ternyata tidak sesederhana itu melainkan ada hala-hal yang harus kita lakukan. Diktip dari meetdoctor.com berikut ini cara menggunakan obat tetes mata yang benar :

1. Teteskan satu persatu
Kadang kala kita meneteskan obat tetes mata terlalu cepat seharusnya ada waktu jeda karena kapasitas mata untuk menampung hanyalah satu kali tetes sekali waktu.

2. Jangan menggunakan dua jenis obat tetes yang berbeda
Janganlah menggunakan obat tetes mata dengan merek berbeda secara bersamaan melainkan berikan jeda minimal selama kurang lebih 30 menit agar tidak terjadi interaksi yang justru membuat mata berair dan terasa panas. Selain itu penggunaan obat tetes mata dengan merk berbeda dalam waktu bersamaan dapat membuat efektivitas obatnya berkurang dan sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika kalian berniat untuk menggunakan dua jenis obat mata yag berbeda.

3. Turuti dosis yang dianjurkan
Turuti dosis yang dianjurkan jangan sampai kurang atau melebihi dosis karena dapat mengurangi keefektivan obat atau bisa saja justru memberikan efek buruk bagi mata.

4. Perhatikan tanggal kedaluarsa
Setiap obat pasti memiliki tanggal kadaluarsa dan hal ini tidak boleh dianggap remeh meski hanya terlewat sehari dari tanggal kadaluarsa. Karena dapat memberikan dampak buruk bila digunakan. Jadi, rutinlah mengecek tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan obat tetes.

5. Jangan mendiagnosa sendiri
Jangan sok pintar jika kalian tidak memiliki ilmunya karena hal tersebut bisa membuat penyakit yang di derita bertambah parah. Sebaiknya bila mata kalian tidak kembali membaik dalam jangka waktu 1-2 hari segeralah konsultasi kepada dokter.
baca juga : Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

6. Selalu periksa label obat mata yang hendak digunakan 
Periksalah label yang terdapat pada obat mata dan baca secara seksama agar tidak tertukar dengan obat lain yag memiliki kemasan yang mirip.

7. Lepas Lensa Kontak
Pagi pengguna lensa kontak kalian harus melepaskan lensa kontak kalian dulu sebelum meneteskan obat tetes mata karena dapat berpengaruh pada penyerapan obat.

8. Jangan Berkedip Dengan Cepat
Saat obat tetes mata suda diteteskan maka jangan lah mengedip-ngedipkan mata denag cepat atau memutar bola mata. Jika tidak tahan maka kalian dapat menutup mata selama satu atau dua menit agar obat terserap sempurna.

Nah, itu tadi cara menggunakan obat mata yang tepat mungkin terlihat sepele namun hal tersebut cukup penting agar obat tetes mata yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal sehingga mata cepat sembuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

25 comments:

  1. setuju mas,bila sedang mengalami sakit mata ada baiknya kita memperhatikan cara yg benar seperti diatas didalam melakukan pengobatan tetes mata agar segera sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masih banyak orang awam kurang peduli dengan hal di atas

      Delete
  2. eh saya dapet pertamax lagi toh

    ReplyDelete
  3. membaca dosis dan tanggal kadaluwarsa adalah hal yang paling bijak apabila kita memakai obat yang bukan dari resep dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat penting itu mas kalau sampai kadaluarsa bisa gawat tuh

      Delete
  4. Ane lebih suka obat tetes mata yang herbal, kayak OTEM

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tetap harus memperhatikan di atas mas

      Delete
  5. Sangat bermanfaat mas jadi kita tahu cara yang benarnya, dan saya juga suka otem yang berbahan herbal. Makasih ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya mas...sekarang lebih mudah karena ada obat tetes mata herbal...

      Delete
    2. tapi tetep harus merhatikan hal di atas

      Delete
  6. kalau saya mencuci mata menggunakan air daun sirih setiap sebulan sekali....tapi sekarang udah jarang kang. kata orang tua dulu, lebih baik cuci mata dengan air putih yang diembunkan dan itu bisa menjernihkan mata dan pandangannya terhadap objek. selain itu tidak cepat rabun katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus hasilnya gimana mbah? masih bagus kan penglihatannya? masih tajam kan?

      Delete
  7. terkadang saya kalau pakai obat tetes mata gitu cepetcepet ngedip soalnya perih ga tahan ternyata salah ya :D

    ReplyDelete
  8. kalau pemakaiannya benar,,pasti proses penyembuhannya pun cepat ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena kinerja obat jadi optimal

      Delete
  9. saya hampir nggak pernah pakai malah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus tuh mas tapi seandainya mata gatal atau iritasi jangan dikucek yah sebab bisa merusak lensa mata

      Delete
  10. Masih agak takut kalau tetesin obat mata, takutnya perih di mata gitu sih alasannya. Simple :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus kalau matanya sakit diapain dong obatnya

      Delete
  11. Selama ini saya memang tidak memperhatikan bagaimana menggunakan obat tetes mata dengan benar mas...Terima kasih pencerahannya, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas andre makasih juga kunjungannya :)

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)