Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya - mabesdenny
Manfaat Buah Kurma
Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya - Tentu bukanlah hal yang susah untuk mendapatkan buah kurma ketika di bulan Ramadhan, karena banyak sekali pedagang-pedagang yang menjualnya. Buah kurma juga dianjurkan sebagai salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengapa bisa demikian? Dikutip dari livestrong.com terdapat manfaat kurma yang menjadi alasan mengapa kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa :

1. Tidak menaikkan gula darah
Kurma memanglah buah yang memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang menyangka jika mengkonsumsi kurma akan meningkatkan kadar gula dalam darah mereka. Ternyata anggapan tersebut salah karena kurma sama sekali tidak meningkatakan kadar gula dalam darah karena buah kurma memiliki glikemik indeks yang rendah pada kandungan gula alaminya. Bahkan buah kurma aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Meningkatkan asupan serat
Kurma memanglah buah yang memiliki kandungan air yang sedikit namun kurma memiliki serat yang sangat kaya. Kandungan serat pada kurma merupakan jenis serat yang tidak larut sehingga dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh.

3. Menurunkan kolesterol
Seperti penjelasan pada poin 2 di atas yang mana kurma memiliki serat yang dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa buah kurma dapat menurunkan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi kurma kita dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.
baca juga : Lawan Kolesterol Jahat Dengan Kolesterol Baik

4. Meningkatkan asupan vitamin dan mineral
Kurma merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Kurma memiliki kandungan vitamin B kompleks, B-6, K dan A. Selain itu kurma juga kaya akan mineral seperti potasium/kalium, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, zat besi dan seng.
baca juga : Makanan Sumber Kalsium Selain Susu Yang Dijamin Sehat

Luar biasa bukan kandungan gizi yang terdapat dari buah khas timur tengah ini yang mana memiliki rasa yang manis namun tidak membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga sungguh pas untuk berbuka puasa. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya

Manfaat Buah Kurma
Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya - Tentu bukanlah hal yang susah untuk mendapatkan buah kurma ketika di bulan Ramadhan, karena banyak sekali pedagang-pedagang yang menjualnya. Buah kurma juga dianjurkan sebagai salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengapa bisa demikian? Dikutip dari livestrong.com terdapat manfaat kurma yang menjadi alasan mengapa kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa :

1. Tidak menaikkan gula darah
Kurma memanglah buah yang memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang menyangka jika mengkonsumsi kurma akan meningkatkan kadar gula dalam darah mereka. Ternyata anggapan tersebut salah karena kurma sama sekali tidak meningkatakan kadar gula dalam darah karena buah kurma memiliki glikemik indeks yang rendah pada kandungan gula alaminya. Bahkan buah kurma aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Meningkatkan asupan serat
Kurma memanglah buah yang memiliki kandungan air yang sedikit namun kurma memiliki serat yang sangat kaya. Kandungan serat pada kurma merupakan jenis serat yang tidak larut sehingga dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh.

3. Menurunkan kolesterol
Seperti penjelasan pada poin 2 di atas yang mana kurma memiliki serat yang dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa buah kurma dapat menurunkan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi kurma kita dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.
baca juga : Lawan Kolesterol Jahat Dengan Kolesterol Baik

4. Meningkatkan asupan vitamin dan mineral
Kurma merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Kurma memiliki kandungan vitamin B kompleks, B-6, K dan A. Selain itu kurma juga kaya akan mineral seperti potasium/kalium, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, zat besi dan seng.
baca juga : Makanan Sumber Kalsium Selain Susu Yang Dijamin Sehat

Luar biasa bukan kandungan gizi yang terdapat dari buah khas timur tengah ini yang mana memiliki rasa yang manis namun tidak membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga sungguh pas untuk berbuka puasa. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

25 comments:

  1. saya juga suka kurma untuk berbuka puasa

    ReplyDelete
  2. Kalau saya puasa kali ini jarang makan kurma... paling kalau buka di masjid saja..padahal manfaatnya sangat baik untuk tubuh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali mas padahal di bulan ramadhan gini banyak yang jual

      Delete
  3. Unik ya buah kurma ini mas, walaupun rasanya manis namun aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, kandungan vitamin dan mineralnya juga lumayan banyak. Jadi g nyesel kemarin belinya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas manis dan menyehatkan tidak seperti gula

      Delete
  4. ini selalu ada saat buka, memang cocok banget buat buka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya jarang banget makan kurma.
      kasian kan saya

      Delete
    2. @wong crewchild : bener banget mas manis tapi gak bikin sakit

      @mas yanto : buka puasa dirumah saya aja mas ada kurma haha

      Delete
  5. Ternyata banyak manfaat kurma ya mas, makanya saya selalu buka puasa biasanya makan pertama adalah kurma :D

    ReplyDelete
  6. oh itu toh alasannya mas.
    saya kira karena cuman mengikuti sunnah rosul

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lah alasannya kenapa disunnahkan oleh Rasulullah mas karena kurma banyak manfaatnya

      Delete
  7. Iya udah lama gak makan kurma, kalo buka pengganti kurma itu es cincau atau kolek pisang atau es kelapa... :) Waduh padahal bagus tuh kurma... hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau es-es gitu kan pasti pakai gula tambahan dan gak baik kalau sering-sering

      Delete
  8. Nah buat yang punya penyakit diabetes, ndak perlu takut lagi tuh kalau makan kurma, karena kurma aman bagi yang punya gula darah.

    ReplyDelete
  9. Memang di dalam kandungan buah kurma itu menyimpan banyak manfaat dan vitamin. Tapi tetep aja bagi orang yang tidak suka mengkonsumsinya tidak akan konsumsi :D

    ReplyDelete
  10. Saya walaupun nggak puasa tetap suka makan kurma...nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tuh mas daniel konsumsi kuma gak buat orang yang berpuasa aja kok :)

      Delete
  11. Ada juga kurma yg bisa bikin cepat hamil lho :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ini saya baru tahu mas maksudnya di sini kurma bisa meningkatkan kesuburan gitu yah

      Delete
  12. memang harus ini kurma karena disunnahkan oleh nabi kurma adalah buah yag diberkahi

    ReplyDelete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)