Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar - mabesdenny
sumber foto : klikdokter.com
Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar - Semua orang pasti sudah sangat paham manfaat dari olahraga untuk kesehatan tubuh bahkan juga untuk kesehatan mental. Meski memahami manfaatnya yang baik, tih masih banyak orang yang malas berolahraga dengan berbagai macam alasan mulai dari kesibukan sehingga tidak ada waktu, rasa malas dan adanya trauma karena saat memulai olahraga tubuhnya justru terasa pegal-pegal. Untuk rasa pegal yang kalian dapatkan itu adalah hal wajar karena ketika olahraga terutama bagi yang jarang berolahraga tubuh memerlukan sebuah adaptasi karena tubuh jarang digunakan untuk berolahraga. Oleh karena itu disarankan untuk pemanasan sebelum olahraga, namun tidak semua orang melakukan pemanasan dan ada juga yang melakukan pemanasan tapi gerakannya kurang tepat. Nah, agar rasa pegal tadi sedikit berkurang saya akan memberikan tips pemanasan sebelum berolahraga yang dikutip dari boldsky.com :

1. Berjalan
Berjalan adalah salah satu cara yang mudah untuk memanaskan otot-oto tubuh sebelum tubuh mulai olahraga. Berjalanlah sekitar 5-10 menit dengan santai sambil melakukan peregangan tubuh bagian atas. Dengan berjalan detak jantung lebih cepat dan teradaptasi untuk melakukan aktivitas yang lebih berat.

2. Peregangan
Untuk yang satu ini pasti sudah menjadi sangat umum bahkan ketika sebelum meulai pelajaran olahraga di sekolah pasti sang guru memulainya dengan peregangan terlebih dahulu. Peregangan ini bertujuan agar otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku sehingga meminimalisir risiko cidera atau kram.
baca juga : 4 Langkah Tepat Atasi Keseleo
4. Berlari di tempat
Mungkin kalian tidak memiliki waktu pemanasan yang cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa melakukan lari di tempat. Pemanasan seperti ini sangat cocok untuk olahraga lari.
baca juga Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan
5. Lompat di tempat
Agar otot kaki tidak mudah kram kalian bisa melatihnya dengan melakukan pemanasan lompat di tempat. Di samping itu lompat di tempat juga membuat suhu tubuh cepat naik dan siap untuk berolahraga.
baca juga : Manfaat Lompat Tali
6. Squat
Squat mungkin terlihat sangat mudah namun ada saja teman saya yang kesusahan melakukannya, tetapi itu hanya faktor kakinya belum kuat sehingga belum mampu menjaga keseimbangan. Squat sangat baik untuk pemanasan otot-otot kaki untuk menghindari cidera dan kram. Untuk perenang atau kalian yang suka berenang, squat bisa menjadi pilihan pemanasan yang baik karena hanya dilakukan di tempat. Kenapa saya menyarankan squat karena saat berenang kita menggunakan kaki untuk mendorong bergerak maju jadi kondisi otot-oto kaki harus prima.

Nah, itu tadi beberapa gerakan pemanasan yang bisa kalian lakukan untuk menghindari cidera, keram dan mengurangi rasa pegal setelah olahraga. Pemanasan sangatlah penting namun, masih banyak orang yang beranggapan pemanasan itu tidak perlu. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : boldsky.com

Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar

sumber foto : klikdokter.com
Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar - Semua orang pasti sudah sangat paham manfaat dari olahraga untuk kesehatan tubuh bahkan juga untuk kesehatan mental. Meski memahami manfaatnya yang baik, tih masih banyak orang yang malas berolahraga dengan berbagai macam alasan mulai dari kesibukan sehingga tidak ada waktu, rasa malas dan adanya trauma karena saat memulai olahraga tubuhnya justru terasa pegal-pegal. Untuk rasa pegal yang kalian dapatkan itu adalah hal wajar karena ketika olahraga terutama bagi yang jarang berolahraga tubuh memerlukan sebuah adaptasi karena tubuh jarang digunakan untuk berolahraga. Oleh karena itu disarankan untuk pemanasan sebelum olahraga, namun tidak semua orang melakukan pemanasan dan ada juga yang melakukan pemanasan tapi gerakannya kurang tepat. Nah, agar rasa pegal tadi sedikit berkurang saya akan memberikan tips pemanasan sebelum berolahraga yang dikutip dari boldsky.com :

1. Berjalan
Berjalan adalah salah satu cara yang mudah untuk memanaskan otot-oto tubuh sebelum tubuh mulai olahraga. Berjalanlah sekitar 5-10 menit dengan santai sambil melakukan peregangan tubuh bagian atas. Dengan berjalan detak jantung lebih cepat dan teradaptasi untuk melakukan aktivitas yang lebih berat.

2. Peregangan
Untuk yang satu ini pasti sudah menjadi sangat umum bahkan ketika sebelum meulai pelajaran olahraga di sekolah pasti sang guru memulainya dengan peregangan terlebih dahulu. Peregangan ini bertujuan agar otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku sehingga meminimalisir risiko cidera atau kram.
baca juga : 4 Langkah Tepat Atasi Keseleo
4. Berlari di tempat
Mungkin kalian tidak memiliki waktu pemanasan yang cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa melakukan lari di tempat. Pemanasan seperti ini sangat cocok untuk olahraga lari.
baca juga Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan
5. Lompat di tempat
Agar otot kaki tidak mudah kram kalian bisa melatihnya dengan melakukan pemanasan lompat di tempat. Di samping itu lompat di tempat juga membuat suhu tubuh cepat naik dan siap untuk berolahraga.
baca juga : Manfaat Lompat Tali
6. Squat
Squat mungkin terlihat sangat mudah namun ada saja teman saya yang kesusahan melakukannya, tetapi itu hanya faktor kakinya belum kuat sehingga belum mampu menjaga keseimbangan. Squat sangat baik untuk pemanasan otot-otot kaki untuk menghindari cidera dan kram. Untuk perenang atau kalian yang suka berenang, squat bisa menjadi pilihan pemanasan yang baik karena hanya dilakukan di tempat. Kenapa saya menyarankan squat karena saat berenang kita menggunakan kaki untuk mendorong bergerak maju jadi kondisi otot-oto kaki harus prima.

Nah, itu tadi beberapa gerakan pemanasan yang bisa kalian lakukan untuk menghindari cidera, keram dan mengurangi rasa pegal setelah olahraga. Pemanasan sangatlah penting namun, masih banyak orang yang beranggapan pemanasan itu tidak perlu. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : boldsky.com

35 comments:

  1. hal ini hampir saya lakukan setiap hari sob.....................
    bermanfaat

    ReplyDelete
  2. saya basanya hanya pemanasan aja. olahraganya suka keburu cape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau begitu pemanasannya jgn terlalu berat

      Delete
  3. saya malah sudah lama nggak olahraga nih mas.
    jadinya nggak pernah pemanasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dimulai olahraga lagi mas biar sehat dan bugar :)

      Delete
  4. Kalau saya sering terjadi kram kalau lama-lama duduk didepan komputer, mungkin trik ini bisa menjadi solusi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. duduk juga gak boleh terlalu lama harus diselingi dengan peregangan

      Delete
  5. iya nih... kadang2 lupa pemanasan kalau mau olahraga.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaya loh itu mas ningkatin risiko cidera soalnya

      Delete
  6. jadi semangat olahraga nih bang baca artikel ini tapi harus dengan pemanasan ya ya supaya optimal hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benas mas karena membuat otot tubuh lebih siap

      Delete
  7. pernah karena nggak pemanasan akhirnya kram, padahal hanya trekking

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan ototnya jadi kaget karena belum siap mas :)

      Delete
  8. Pemanasan memang hal wajib yang harus dilakukan sebelum berolahraga mas. Selain mencegah kram dan cidera saat olahraga. Pemanasan juga akan membuat olahraga misalnya futsal lebih bersemangat (pengalaman pribadi) hehe.
    Ketimbang main futsal tanpa pemanasan dulu biasanya loyo dan cepat lelah :)
    mantaap mas artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. main futsal sambil ditonton pasangan juga bisa bikin semangat hehe

      Delete
    2. suntikan moral itu mas hehe. Malu kalo di liat pasangan tapi mainnya ngga semangat

      Delete
    3. wah kok malu harusnya makin semangat dan nunjukin yang terbaik dong hehe

      Delete
  9. Ini cocok sekali mas buat saya yang tiap hari berolahraga shingga bisa menghindara kram,karena ini salah satu kondisi yang berbahaya apalagi ketika kram sedang renang, jika tidak tertolong bisa menyebabkan kematian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bahaya jika saat renang tiba" kram bisa tenggelam

      Delete
  10. ini bisa juga diterapkan saat duduk lama2 di depan kompi, biar gak kesemutan.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saat duduk lama di depan kompi otot jadi tegang

      Delete
  11. kalau sudah terkena kram di kaki, saya diam rasakan sakit nya
    begitu kramnya reda, saya langsung lompat-lompat :)

    ReplyDelete
  12. Kadang suka lupa kalau sudah di lapangan stadion, pengennya langsung lari aja...

    ReplyDelete
  13. pemanasan subuh jalan-jalan keliling kampung blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. di samarinda gak ada kampung blogger mas :(

      Delete
    2. dimana gitu yang ada kampung bloger :)

      Delete
  14. kadang juga saat pemanasan kaki seperti keseleo.. ituh kenapa ya.. apa karena jarang olahraga ? hehehe..

    squat yg itukan.. yg duduk sambil lompat.. jongkok kan Mas Den?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gerakannya mungkin salah mas dino
      kalau sambil lompat itu squat jump namanya

      Delete
  15. Pemanasan kalo pagi hari secukupnya aja cuman olahraganya enggak intens seperti dulu, kalo mau futsal baru dech pemanasannya total :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas yang penting sebelum olahraga pemanasan biar meminimalisir risiko cidera

      Delete
  16. bener banget gan, kalau mau olahraga sebaiknya pemanasan dulu yak, biar kagak kena kram

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalau langsung olahraga ototnya kaget terus meningktkan risiko kram

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)