Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini - mabesdenny
Sakit Tenggorokan
sumber foto : duniainformasikesehatan.com
Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini - Kita semua pasti pernah merasakan tenggorokan gatal dan sakit ketika menelan. Umumnya gejala tersebut menjadi sebuah pertanda awal kita akan terserang flu atau juga bisa disebabkan oleh bakteri. Sakit tenggorokan memang sungguh menggangu dan menyebalkan karena membuat kita tidak nyaman dalam berkomunikasi maupun ketika makan dan minum. Bila baru mengalami sakit tenggorokan selama tiga hari, saya punya beberapa tips nih buat ngatasinnya yang dikutip dari meetdoctor.com. Apa sajakah tips tersebut? mari kita simak di bawah ini tipsnya :

1. Meminum obat anti radang
Obat ini juga dapat ditemukan dengan mudah di apotek. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan juga dapat membantu meredakan demam.

2. Kumur dengan air garam
Larutkan setengah sendok teh garam di dalam secangkir air hangat. Tambahkan madu jika rasa asinnya terasa mengganggu. Berkumur dan jangan telan airnya. Larutan garam dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan, sekaligus membilas bakteri.
baca juga : Beberapa Cara Mudah dan Alami dalam Mengatasi Flu

3. Permen pereda sakit tenggorokan atau semprotan
Mengkonsumsi permen pereda sakit tenggorokan yang sejuk seperti permen mentol, dapat menambah produksi air liur yang akan melembabkan tenggorokan. Selain permen, penyemprot rongga mulut dengan bahan pendingin alami, juga dapat meredakan sakit tenggorokan selama beberapa saat, karena sifatnya yang merupakan antiseptik lokal. 

4. Sirup obat batuk
Meski batuk belum mulai muncul, menkonsumsi obat batuk dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan. Sirup obat batuk, dapat melapisi tenggorokan dan menghilangkan sakit selama beberapa saat.

5. Minum banyak cairan
Minumlah air secukupnya, hingga air seni berwarna jernih atau kuning muda. Dengan banyak minum air, jus buah dan makan makanan yang berkuah seperti sup ayam akan membuat membran lendir akan tetap lembab dan lebih mampu mengatasi bakteri dan pemicu alergi, untuk melawan balik penyebab gejala flu.
6. Minum teh
Teh herbal hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Namun, jenis teh lain seperti teh hitam, teh hijau maupun teh putih juga mengandung antioksidan yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Tambahkan sedikit madu pada teh untuk membantu pengobatan bekerja lebih efektif.
7. Sup ayam
Sup ayam dapat melegakan sakit tenggorokan karena kandungan garam di dalam kaldu ayam. Sup juga merupakan pilihan makanan yang tepat, saat tenggorokan terasa sakit untuk menelan makanan padat.

8. Banyak beristirahat
Pada dasarnya tidak dibutuhkan pengobatan khusus untuk mengatasi sakit tenggorokan, karena yang diperlukan hanyalah istirahat penuh, agar virus dapat dilawan dan kondisi tubuh membaik.
(baca juga : Bahaya Kurang Tidur)

9. Konsumsi antibiotik
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sakit tenggorokan terjadi bukan hanya karena virus tetapi juga karena bakteri. Oleh karena itu diperlukan konsumsi antibiotik untuk pengobatan. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itu tadi beberapa tipsnya dan silakan dipilih yang mana menurut kalian cocok. Apabila tips di atas tidak berhasil maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk berobat. Kesehatan itu memang mahal oleh karena itu kita harus menjaganya dengan baik. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini

Sakit Tenggorokan
sumber foto : duniainformasikesehatan.com
Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini - Kita semua pasti pernah merasakan tenggorokan gatal dan sakit ketika menelan. Umumnya gejala tersebut menjadi sebuah pertanda awal kita akan terserang flu atau juga bisa disebabkan oleh bakteri. Sakit tenggorokan memang sungguh menggangu dan menyebalkan karena membuat kita tidak nyaman dalam berkomunikasi maupun ketika makan dan minum. Bila baru mengalami sakit tenggorokan selama tiga hari, saya punya beberapa tips nih buat ngatasinnya yang dikutip dari meetdoctor.com. Apa sajakah tips tersebut? mari kita simak di bawah ini tipsnya :

1. Meminum obat anti radang
Obat ini juga dapat ditemukan dengan mudah di apotek. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan juga dapat membantu meredakan demam.

2. Kumur dengan air garam
Larutkan setengah sendok teh garam di dalam secangkir air hangat. Tambahkan madu jika rasa asinnya terasa mengganggu. Berkumur dan jangan telan airnya. Larutan garam dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan, sekaligus membilas bakteri.
baca juga : Beberapa Cara Mudah dan Alami dalam Mengatasi Flu

3. Permen pereda sakit tenggorokan atau semprotan
Mengkonsumsi permen pereda sakit tenggorokan yang sejuk seperti permen mentol, dapat menambah produksi air liur yang akan melembabkan tenggorokan. Selain permen, penyemprot rongga mulut dengan bahan pendingin alami, juga dapat meredakan sakit tenggorokan selama beberapa saat, karena sifatnya yang merupakan antiseptik lokal. 

4. Sirup obat batuk
Meski batuk belum mulai muncul, menkonsumsi obat batuk dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan. Sirup obat batuk, dapat melapisi tenggorokan dan menghilangkan sakit selama beberapa saat.

5. Minum banyak cairan
Minumlah air secukupnya, hingga air seni berwarna jernih atau kuning muda. Dengan banyak minum air, jus buah dan makan makanan yang berkuah seperti sup ayam akan membuat membran lendir akan tetap lembab dan lebih mampu mengatasi bakteri dan pemicu alergi, untuk melawan balik penyebab gejala flu.
6. Minum teh
Teh herbal hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Namun, jenis teh lain seperti teh hitam, teh hijau maupun teh putih juga mengandung antioksidan yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Tambahkan sedikit madu pada teh untuk membantu pengobatan bekerja lebih efektif.
7. Sup ayam
Sup ayam dapat melegakan sakit tenggorokan karena kandungan garam di dalam kaldu ayam. Sup juga merupakan pilihan makanan yang tepat, saat tenggorokan terasa sakit untuk menelan makanan padat.

8. Banyak beristirahat
Pada dasarnya tidak dibutuhkan pengobatan khusus untuk mengatasi sakit tenggorokan, karena yang diperlukan hanyalah istirahat penuh, agar virus dapat dilawan dan kondisi tubuh membaik.
(baca juga : Bahaya Kurang Tidur)

9. Konsumsi antibiotik
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sakit tenggorokan terjadi bukan hanya karena virus tetapi juga karena bakteri. Oleh karena itu diperlukan konsumsi antibiotik untuk pengobatan. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itu tadi beberapa tipsnya dan silakan dipilih yang mana menurut kalian cocok. Apabila tips di atas tidak berhasil maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk berobat. Kesehatan itu memang mahal oleh karena itu kita harus menjaganya dengan baik. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

40 comments:

  1. Kadang suka greget jika sedang sakit tenggorokan, makan+minum pun sangat sakit .. Air garam rupanya bisa untuk mengobati sakit tenggorokan mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tetapi disarankan air hangat ya yang dicampur garam

      Delete
  2. selama ini saya hanya minum sirup obat batuk saja
    ternyata banyak tips nya untuk atasi sakit tenggorokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas banyak kalau minum sirup obat abatuk ditakutkan efek sampingnya bikin ngantuk

      Delete
  3. Kalo minum teh ragu... karna banyak teh sekarang yang pakai pewarna...
    hati2 minum teh sekarang... mending minum teh asli...

    ReplyDelete
  4. ya bener biasanya sakit tenggorokan tanda tanda mau jatuh sakit flu. saya cuma minum banyak air putih...ternyata tips alternatifnya banyak juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga biasa banyak minum air putih dan istirahat

      Delete
  5. tambahan nih, jika peradangan tenggorokan, konsumsi vitamin C, seperti sari jeruk (wedang jeruk) atau kencur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga mas tambahannya mas :)
      oiya saya pernah minum perasan jeruk nipis memang rasanya perih di tenggorokan tapi setelah di minumin air putih agak lumayan :)

      Delete
  6. gara gara ane sering merokok, ane jadi suka sakit tenggorokan gan, kayaknya ini tips bisa ane coba gan buat atasi sakit tenggorokan yang menimpa ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa merokoknya juga berhenti gan :)

      Delete
  7. saya pilih yang banyak minum aja hehe

    ReplyDelete
  8. Gampang bro telen saja isi dondong pasti beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalau masih gak mempan pake kulit duren hha

      Delete
  9. Ternyata dengan berkumur-kumur pake air garam dapat atasi sakit tenggorokan. Terima kasih tipsnya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum madu juga bagus untuk mengatasi sakit tenggorokan. kalau saya biasanya beli obat cina juga den, lou han kwo...itu lumayan bagus dan cepat mengatasi sakit tenggorokan atau suara serak.

      Delete
    2. ada efek sampingnya gak mbah?

      Delete
  10. saya biasanya kalau sampai kehausan, tenggorokan jadi kering dan sakit, trus radang. Terima kasih bny mas tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas usahakan kebutuhan cairan tercukupi

      Delete
  11. biasanya saya minum teh jeruk nipis pake madu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip-sip mba hehe kalau bisa cukup minum dan istirahat biar gak terserang sakit tenggorokan

      Delete
    2. wah itu bisa singset dan sehat...seger deh mas den...heee

      Delete
    3. plus olahraga yang cukup juga hehe biar fit badan

      Delete
  12. memang kalau kelelahan semua penyakit gampang masuk jadi banyak istirahat saja olahraga dan minum air putih secukupnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang banyak pikiran juga berpengaruh karena dengan banyaknya pikiran kehidupan kita jadi tidak diperhatikan. dari situ cenderung datang penyakit tidak terduga. kalau saya kebanyakan sakit menyerang di tenggorokan, apa lagi kalau udah ngedrop, langsung deh tuh suara jadi serak dan kadang kacau. semoga aja bisa teratasi dengan tips di atas. makasih mas den ilmunya. sangat bermanfaat.

      Delete
    2. bener banget tuh mba kalau sudah stress banyak penyakit dengan mudah masuk

      Delete
  13. Kalau saya banyak makan sayur-sayuran biar segar terutama sop ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang pas banget kalau sakit tenggorokan makan makanan berkuah dan hangat :)

      Delete
  14. makasih banyak tipsnya gan, kebetulan saya sering sakit tenggorkan karena merokok,langsung di coba dulu,salam kenal ya mas,di tunggu kunbalnya dan follow backnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas pur sudah saya follow dan mengunjungi blognya :)

      Delete
  15. biasanya sakit tenggorokan juga bisa disebabkan dari suhu yang panas ya mas, makanya diusahakan untuk banyak munum air putih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om tenggorokan yang kering membuat bakteri dengan mudah hinggap

      Delete
  16. kumur dengan air garam ini mas yg belum saya coba.
    ternyata ada cara murah meriah ya ternyata cara ngobatin sakit tenggorokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mas yanto smoga tidak terserang sakit tenggorokan :)

      Delete
  17. Bagi perokok seperti saya, sakit tenggorokan sering ngalami mas ... Semoga dengan tips ini bisa membantu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa berhenti aja mas ngerokoknya hehe...
      ya kalau bisa sih :D

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)