Thursday, December 22, 2011

Membaca Bahasa Tubuh Dari Wajah Sampai Kaki

Bahasa Tubuh


Membaca Bahasa Tubuh Dari Wajah Sampai Kaki



Setiap gerak yang kita lakukan baik itu sengaja maupun tak sengaja ternyata mengandung arti sendiri. Namun, tidak semua orang mengetahui apa arti gerak-gerak tersebut padahal dari gerak gerik tersebut kita bisa mengetahui suasana hati orang tersebut. Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi inilah bahasa tubuh dari wajah sampai kaki yang saya kutip dari realsimple.com :

MEMBACA WAJAH :

Tersenyum

Senyum tulus melibatkan gerakan otot mata. Orang yang tersenyum lebih dari 5 detik dan hanya dengan bibir mereka menandakan senyum palsu. Sering tersenyum di tempat kerja bisa dianggap kurang serius.

Mengedipkan Mata

Kedipan normal lamanya 6 sampai 8 kali dalam semenit. Ketika stress, kedipan akan lebih sering dan agak lebih dramatis. Jadi, Jadi, jika ingin tahu siapa yang stress dan siapa yang tenang ketika meeting, perhatikan saja kedipan matanya.

Menggigit Bibir

Jika kalian menggigit atau menyedot bibir, atau menjilat bibir dalam suasana tegang atau tidak nyaman, kalian berusaha menenangkan diri sendiri, kata ahli psikologi Carol Kinsey Goman, penulis buku The Nonverbal Advantage.

Menggaruk Hidung

Berbohong sering disertai dengan aliran adrenalin, kata ahli psikologi Michael Cunningham, professor komunikasi di University of Louisville, pelepasan adrenalin ini membuat pembuluh kapiler mengembang, membuat hidung gatal, Pertanda lainnya : menatap terus. Pendusta mengganti mengalihkan pandangan atau menghindari kontak mata dengan menatap terlalu lama pada orang yang didustainya.

Melirik

Permainan menangkap mata kalian biasanya dimainkan dalam situasi pria dan perempuan, cenderung mencerminkan pikiran yang bercabang-cabang. Apakah dia suka saya? Apakah saya suka dia? Apakah saya ingin dia datang lagi? Beda dengan tatapan langsung, melirik kiri kanan bersifat melindungi. Jika si pria tidak mendekati kalian, kalian tak akan merasa ditolak.

Menganggukkan Kepala

Jika mengangguk berurutan 3 kali, pembicara akan merasa kalian tertarik, dan ini bisa memperpanjang responnya 3 kali lipat. Saran bijak: mengangguk hanya sekali saja jika mencoba lari dari orang yang banyak omong.

Memejamkan mata

Mengusap, menutupi, atau memejamkan mata lebih lama dari mengedipkan mata menandakan mencoba mentupi petunjuk-petunjuk visual atau auditory. Merupakan mekanisme survival untuk mencegah otak memproses segala sesuatu yang tak diinginkan atau ditakutkan.

Menurunkan Tatapan

Gerakan tak sadar untuk mendapatkan dukungan publik, taktik favorit anak kecil. Gerakan ini sering mendapat respons orangtua. Jika sesorang melakukan ini terhadap kalian, kemungkinan dia mencari empati kalian. Coba bersikap lembut.

Memajukan Bibir

Menyempitkan margin merah bibir pertanda jelas marah, kata Paul Ekman, professor emeritus University of California, San Francisco. Ketika ssorang benar-benar marah, dia tak bisa berpura-pura untuk gestur ini walaupun berusaha. 

Memiringkan Kepala

Gerakan ini menunjukan kalian tertarik dan mendengarkan. Jika telinga dicondongkan kepada teman yang sedang cerita, kalian secara fisik menunjukan ingin mendengar setiap detail.

Mengangkat atau Mengrenyitkan Alis

Mengangkat satu atau kedua alis merupakan ekspresi ingin tahu atau tertarik. Menurunkan alis dapat mengindikasikan emosi negatif, contohnya bingung atau takut, kata Laura Guerrero, professor komunikasi Arizona state University Hugh Downs School of Human Communication. Jika kalian tidak tertarik dengan cara jelek atau baik, wajah kalian tak akan bergerak.

Lihat ke Atas atau ke Samping

Ingin tahu bagaimana cara ingatan sesorang? Perhatikan gerakan matanya. Jika seseorang mengingat sesuatu yang dilihat, orang tersebut akan mengarahkan pandangan matanya ke atas, sekan mencoba membayangkannya. Ketika mengingat sesuatu yang didengar, dia akan melihat ke arah salah satu telinganya, seakan mendengarkan. Pengalaman emosional cenderung dihidupkan dengan pandangan introspektif ke bawah.

MEMBACA TUBUH :

Berdiri dengan Kedua Kaki Rapat

Cara berdiri konservatif ini menunjukkan hormat, kata Goman.

Berdiri dengan Kaki Terbuka

Posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu mensinyalkan dominasi dan kebulatan tekad. Ketika menegaskan argumen atau diskusi, berdiri dengan postur ini. Untuk peningkatan ekstra, letakkan tangan di pinggul yang secara tradisional menyatakan kekuatan.

Condong

kalian condong ke arah orang yang kalian sukai dan menarik menjauh dari yang tidak disukai. Sedang kencan? Perhatikan arah kencan kalian. Gerakan meniru secara halus membangun kepercayaan.

Memindahkan Berat Badan dari Satu Sisi ke Sisi Lain atau dari Depan ke Belakang

Terus menerus memindahkan berat dari satu kaki ke kaki lain atau bergerak ke depan dan ke belakang adalah gerakan untuk membuat nyaman, menunjukkan kalian gelisah atau kecewa.

Mengusap dahi atau telinga

Aksi menenangkan ini mengatasi perasaan tak nyaman atau rapuh, sebagai contoh, ketika duduk di deretan depan ruang kuliah dan mengharap tidak dipanggil. Begitu juga dengan memeluk samping badan atau menggosok tungkai ketika duduk. Mengusapkan ujung saraf pada bagian-bagian ini membantu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Melipat Tangan

Jangan langsung menyimpulkan. Postur ini tidak selalu berarti marah, tapi jika disertai dengan menyilangkan kaki, menunjukkan posisi defensif. Perhatikan juga sekeliling kalian. Sering sikap ini menandakan sesorang merasa dingin. Selain itu, banyak orang merasa nyaman dengan postur ini.

Cara Jalan

Jalan cepat dinilai sebagai produktif dan kompeten, terkesan seakan mereka punya sesuatu yang penting. Orag yang berjalan dengan penuh energi dianggap punya kepribadian optimistis.

Cara Duduk

Duduk dengan kaki tidak rapat menunjukkan kalian besar dan memimpin.

Membaca Tangan

Dengan membuka tangan seakan menyodorkan makanan dalam nampan kepada seseorang, menunjukkan bahwa kalian terbuka dengan ide-ide baru yang dikemukakan, telapak tangan ke bawah atau mengepalkan tangan menunjukkan posisi kuat. Gerakan yang tidak terlalu fleksibel.

Menggerak - gerakkan Tangan

Riset menunjukkan, orang-orang yang membuat gerakan-gerakan lengan ketika bicara tampak energetik, ramah dan hangat, sebaliknya orang yang tidak membuat gerakan dinilai logis dan analitis. Selalu diingat, kuncinya adalah secukupnya. Terlalu banyak gerakan membuat kalian tampak tak bisa dipercaya dan kurang kuat.

Menyembunyikan Tangan

Gerakan ini menunjukkan gerakan tidak jujur, kalian tampak menutupi sesuatu. Seseorang mungkin mengatakan sesuatu kepada kalian, tapi gerakan ini menunjukkan kalian tidak mendapatkan keseluruhan cerita.

Memainkan Kuku

Memainan kuku menandakan percaya diri rendah dan pemalu.

MEMBACA KAKI :

Jari Kaki Menghadap ke Dalam

Gerakan ini menunjukkan kalian menutup diri karena merasa canggung atau tidak aman.

Menggerak - gerakkan Kaki

Gerakan ini menandakan kalian ingin keluar dari situasi dan tubuh kalian siap lari.

Menyilangkan Kaki

Perhatikan arah kaki kalian disilangkan. Dalam percakapan duduk, orang cenderung mengarahkan jari kaki ke arah orang yang mereka rasa paling bisa didekati. Mengangkat jari kaki berarti perasaan kalian terhadap orang yang sedang bicara ekstra positif.

Jari Kaki mengarah ke Pintu

Jika bicara dengan seseorang tapi kakinya menyudut ke arah pintu, kemungkinan dia secara tak sadar mengatakan, dia siap memangkas pendek percakapan dan pergi.


Nah, setelah mengetahuinya perhatikan gerak-gerik temanmu dan ketahui suasana hatinya hehe.. Sekian infonya moga bermanfaat ya.



Terima kasih sudah berkunjung :)


sumber : realsimple.com

Load comments