Membangun Kepercayaan Diri - mabesdenny

Percaya Diri
sumber foto : mitrafm.com
Membangun Kepercayaan Diri - Setiap orang pasti pernah menghadapi situasi dimana dia harus percaya dengan dirinya sendiri bahwa dirinya bisa dan melakukan yang terbaik. Namun, tidak semua orang mampu melakukannya bahkan tidak jarang kita merasa gugup ketika berbicara di depan banyak orang dan juga ketika sedang melakukan ujian. Sesungguhnya membangun kepercayaan diri itu susah-susah gampang, untuk itu bila kalian susah untuk membangun kepercayaan diri saya akan memberikan tips-tipsnya yang saya kutip dari buku "Feel the Fear and Do It Anyway", Susan Jeffers, PhD. lalu, apa sajakah tipsnya? mari kita simak di bawah ini :


1. Bangun rasa percaya diri
Percayalah bahwa apa pun yang terjadi kamu pasti bisa menanganinya. Pikirkanlah hal yang kamu takutkan atau risaukan dan ulangi 10 kali kata-kata penting ini,"Apa pun yang terjadi, saya akan bisa menanganinya." Kamu akan mulai merasa tenang. Kata-kata ini penting diucapkan ketika 'bagaimana kalau' muncul di dalam pikiranmu."Bagaimana kalau saya gagal? Saya akan bisa menanganinya." "Bagaimana kalau saya sakit? Saya akan bisa menanganinya." Dan apa maksud 'saya akan menanganinya?' Artinya,"Saya akan belajar darinya, Saya akan membuatnya berhasil."

2. Lakukan yang terbaik, lalu lepaskan hasilnya 
Untuk melepaskan, kembangkan kepercayaan, bahwa "semua akan berjalan secara baik." Afirmasi yang menenangkan ini adalah versi pendek dari "Saya sudah melakukan yang terbaik, tapi jika yang terjadi tidak seperti yang kita inginkan, saya akan cari cara untuk memperkaya diri. Saya akan belajar dan tumbuh darinya. Karena itu, semua benar-benar terjadi secara baik." Terus menerus mengulangi afirmasi ajaib ini bisa membungkam obrolan negatif di dalam pikiranmu dan membantumu melepaskan hasil. Membuatmu merasa tenang. 

3. Stop Mengeluh 
Mengeluh adalah petunjuk besar bahwa kamu tidak bertanggungjawab untuk pengalaman hidupmu. Daripada memandang rintangan hidup sebagai masalah, pandanglah sebagai peluang-peluang untuk menjadi kuat dan tumbuh. Jika mampu mengendalikan reaksimu terhadap rintangan yang ada, maka kamu akan dapat melakukannya.

4. Rasakan takut dan lakukan saja 
Kita sering berpikir,"Aku akan melakukannya jika sudah tidak takut lagi." Tapi dalam kenyataan, hal tersebut justru sebaliknya. Kita harus melakukannya dulu, maka rasa takut itu akan hilang. satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa takut adalah keluar dan lakukan. Kuncinya tindakan. Begitu kamu sering melakukan hal yang kamu takutkan, maka rasa takut akan situasi itu akan hilang. Karena kita akan merasa lega.

5. Ketika buat keputusan, terapkan filosofi 'tidak rugi' 
Filosofi 'tidak rugi' memberitahu kita, bahwa 'saya tidak akan rugi apa pun hasil dari keputusan yang telah dibuat. Aku menunggu peluang-peluang untuk belajar dan tumbuh, apapun yang diberikan pilihan saya.' Ingat, jika kamu belajar dari kesalahan, maka tak ada kesalahan lagi. Dengan filosofi ini menjamin keputusan mu adalah keputusan yang tepat.

6. Berikan 100% dalam semua bidang kehidupanmu 
Berikanlah semua yang anda miliki, tak ada yang ditahan. Jika kamu bertekad memberi 100%, maka kamu akan fokus, gembira, dan puas.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk membangun kepercayaan diri. Jadi, buanglah rasa gugup kalian dan keluarkan seluruh potensi yang kalian miliki. Sekian moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : Buku "Feel the Fear and Do It Anyway", Susan Jeffers, PhD.

Membangun Kepercayaan Diri


Percaya Diri
sumber foto : mitrafm.com
Membangun Kepercayaan Diri - Setiap orang pasti pernah menghadapi situasi dimana dia harus percaya dengan dirinya sendiri bahwa dirinya bisa dan melakukan yang terbaik. Namun, tidak semua orang mampu melakukannya bahkan tidak jarang kita merasa gugup ketika berbicara di depan banyak orang dan juga ketika sedang melakukan ujian. Sesungguhnya membangun kepercayaan diri itu susah-susah gampang, untuk itu bila kalian susah untuk membangun kepercayaan diri saya akan memberikan tips-tipsnya yang saya kutip dari buku "Feel the Fear and Do It Anyway", Susan Jeffers, PhD. lalu, apa sajakah tipsnya? mari kita simak di bawah ini :


1. Bangun rasa percaya diri
Percayalah bahwa apa pun yang terjadi kamu pasti bisa menanganinya. Pikirkanlah hal yang kamu takutkan atau risaukan dan ulangi 10 kali kata-kata penting ini,"Apa pun yang terjadi, saya akan bisa menanganinya." Kamu akan mulai merasa tenang. Kata-kata ini penting diucapkan ketika 'bagaimana kalau' muncul di dalam pikiranmu."Bagaimana kalau saya gagal? Saya akan bisa menanganinya." "Bagaimana kalau saya sakit? Saya akan bisa menanganinya." Dan apa maksud 'saya akan menanganinya?' Artinya,"Saya akan belajar darinya, Saya akan membuatnya berhasil."

2. Lakukan yang terbaik, lalu lepaskan hasilnya 
Untuk melepaskan, kembangkan kepercayaan, bahwa "semua akan berjalan secara baik." Afirmasi yang menenangkan ini adalah versi pendek dari "Saya sudah melakukan yang terbaik, tapi jika yang terjadi tidak seperti yang kita inginkan, saya akan cari cara untuk memperkaya diri. Saya akan belajar dan tumbuh darinya. Karena itu, semua benar-benar terjadi secara baik." Terus menerus mengulangi afirmasi ajaib ini bisa membungkam obrolan negatif di dalam pikiranmu dan membantumu melepaskan hasil. Membuatmu merasa tenang. 

3. Stop Mengeluh 
Mengeluh adalah petunjuk besar bahwa kamu tidak bertanggungjawab untuk pengalaman hidupmu. Daripada memandang rintangan hidup sebagai masalah, pandanglah sebagai peluang-peluang untuk menjadi kuat dan tumbuh. Jika mampu mengendalikan reaksimu terhadap rintangan yang ada, maka kamu akan dapat melakukannya.

4. Rasakan takut dan lakukan saja 
Kita sering berpikir,"Aku akan melakukannya jika sudah tidak takut lagi." Tapi dalam kenyataan, hal tersebut justru sebaliknya. Kita harus melakukannya dulu, maka rasa takut itu akan hilang. satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa takut adalah keluar dan lakukan. Kuncinya tindakan. Begitu kamu sering melakukan hal yang kamu takutkan, maka rasa takut akan situasi itu akan hilang. Karena kita akan merasa lega.

5. Ketika buat keputusan, terapkan filosofi 'tidak rugi' 
Filosofi 'tidak rugi' memberitahu kita, bahwa 'saya tidak akan rugi apa pun hasil dari keputusan yang telah dibuat. Aku menunggu peluang-peluang untuk belajar dan tumbuh, apapun yang diberikan pilihan saya.' Ingat, jika kamu belajar dari kesalahan, maka tak ada kesalahan lagi. Dengan filosofi ini menjamin keputusan mu adalah keputusan yang tepat.

6. Berikan 100% dalam semua bidang kehidupanmu 
Berikanlah semua yang anda miliki, tak ada yang ditahan. Jika kamu bertekad memberi 100%, maka kamu akan fokus, gembira, dan puas.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk membangun kepercayaan diri. Jadi, buanglah rasa gugup kalian dan keluarkan seluruh potensi yang kalian miliki. Sekian moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : Buku "Feel the Fear and Do It Anyway", Susan Jeffers, PhD.

38 comments:

  1. Mengeluh itu budaya yang harus dihilangkan ya mas, sebab mengeluh akan melahirkan rasa malas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar itu om ibrahim daripada mengeluh lebih baik bersyukur :)

      Delete
  2. ke enam poin di atas harus diterapkan ya mas, supaya bisa membangun kepercayaan diri, saya kadang masih suka merasa minder dan kurang percaya diri mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mas ayo dong jangan minder keluarin potensinya jangan malu

      Delete
  3. nah itu mas untuk membangun kepercayaan diri kita tidak boleh mengeluh,tapi zaman sekarang mah kebanyakn orang suka mengeluhnya daripada bersyukur :)

    ReplyDelete
  4. Tetap semangat; pantang menyerah; maju terus; pantang mundur; yakin pada diri sendiri bahwasanya saya BISA :)

    ReplyDelete
  5. ini kalo saya baca ini. ibarat kucing lapar ketemu ikan pas banget.
    Saya lagi perlu datang kesini langsung dapat pencerahan. terimakasih kawan.....
    tangkiu........

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mang adul senang sekali artikelnya bisa membantu

      Delete
  6. saya langsung prin kang. mantaps

    ReplyDelete
  7. kebanyak orang itu secara tidak sadar pasti ngeluh .. dan itu spontanitas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali tuh mas ganteng saya juga pernah begitu

      Delete
  8. Setiap kegiatan yang diawali dengan niatan baik, pasti hasilnya akan baik pula... lakukan selagi bisa dilakukan... sip mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. innama a'malu binniat....tambahkan keyakinan akan keberhasilan dan mengharaf ridho Allah akan membuat kerja dan kepercayaan dirimu semakin mantab.

      Delete
    2. berdoa dan mintalah kepada Allah untuk dimudahkan segala urusan setelah itu jangan lupa untuk bersyukur :)

      Delete
  9. Sebagai orang islam kita harus selalu optimis dan setelah itu bertawakkal serahkan kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas. ora et labora (bordoa dan berusaha)

      Delete
    2. selalu berpikir positif :)

      Delete
  10. kalau saya membangun kepercayaan diri dengan fokus, semangat, dan pantang menyerah harus ditanamkan kalau mau melakukan sesuatu. lalu saya yakinkan kalau kita juga bisa memberikan suatu yang terbaik dari semua itu. keep spirits and do the best.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren tuh mbah keluarkan semua potensi yang dimiliki dan bila gagal jangan menyerah

      Delete
  11. ketakutan akan bayang2 tuh biasanya yg membuat orang minder mas.
    jalan keluarnya mesti membiasakan dengan ketakutan dengan begitu akan timbul PD ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bertemanlah dengan rasa takutmu agar dia tidak terus menghantuimu

      Delete
  12. penting banget nih mas, saya sendiri kadang suka mengeluh dan kurang percaya diri..harus bisa diterapkan dalam kehidupan saya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas banyak orang yang punya bakat kemudian gagal karena kurang percaya diri dan ada juga yang gagal karena terlalu percaya diri

      Delete
  13. Berharga sekali buat yang sedang mencari jati diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mencari jati diri memang harus percaya kepada diri terlebih dahulu untuk menemukan siapakah aku sebenarnya

      Delete
  14. Bagi saya yang tersulit itu salah satunya memang membangun kepercayaan diri, mas. dan 6 langkah ini penting sekali untuk melakukan hal itu. Nice share...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip uda moga bisa membangun percaya diri dan jangan sampai over ya hhe cukup berimbang aja

      Delete
  15. Faktor mengeluh yang sulit saya hindari mas ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas karena sering kali tanpa sadar kita mengeluhnya

      Delete
  16. hindari keluh kesah terus ingat bahwa ada yang telah mengatur semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu berpikir positif hindari prasangka buruk

      Delete
  17. terimakasih mas tipsnya :)
    nambah pengetahuan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  18. Bulatkan tekad dan lakukan yang terbaik :)

    ReplyDelete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)