Panduan Lengkap Tanaman "Crop Guide" Harvest Moon Back to Nature



Panduan Lengkap Tanaman "Crop Guide" Harvest Moon Back to Nature
Panduan Lengkap Tanaman "Crop Guide" Harvest Moon Back to Nature - Harvest Moon : Back to Nature adalah game RPG yang sangat berbeda dengan kebanyakan RPG yang beredar saat itu. Game ini mengambil tema perkebunan dan kehidupan sosial dengan masyarakat sekitar yang keren dari game ini adalah kalian tidak hanya mengurusi kebun saja tapi kalian bisa juga menikah bahkan memiliki seorang anak. Selain itu dalam game ini terdapat banyak mini games yang bisa kalian mainkan melalui event-event tertentu yang dilaksanakan tiap tahun.

Harvest Moon : Back to Nature juga merupakan seri Harvest Moon terbaik dan paling memorable menurut saya. Game ini bercerita tentang seorang anak yang melanjutkan kebun dan peternakan kakeknya yang telah lama terlantar karena kakeknya meninggal. Anak tersebut bertugas untuk menghidupkan kembali kebun dan peternakan tersebut seperti yang pernah dilakukan kakeknya dulu dan dia diberi waktu selama 3 tahun apabila tidak berhasil maka permainan kalian akan berakhir tetapi jika kalian berhasil maka permainan kalian akan terus berlanjut. Nah, berhubung kalian memiliki misi yang cukup berat dan game ini berfokus pada kebun dan peternakan kali ini saya akan membagikan “crop guide” atau panduan tanaman agar kalian dapat membuat strategi untuk mengoptimalkan keuntungan dari bercocok tanam. Langsung saja deh kalian lihat panduannya di bawah ini.

Spring (Musim Semi)

1. Turnips (Lobak)
Turnips (Lobak) merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat dan berharga murah per kantungnya yakni 120G yang bisa kalian beli di Supermarket. Turnips (Lobak) merupakan tanaman wajib kalian tanam pada awal permainan karena hanya membutuhkan 4 hari saja agar dapat dipanen dan memiliki harga jual 60G per buah, sehingga keuntungan yang di dapat per kantungnya adalah 360G! Namun, kelemahan dari Turnips (Lobak) yaitu tidak dapat dipanen ulang.
Kesimpulan :
Turnips (Lobak)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 120G
Harga jual per buah : 60G
Keuntungan per kantung : 420G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 4 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

2. Potatoes (Kentang)
Potatoes (Kentang) memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada Turnips (Lobak) yakni 150G namun memiliki harga jual yang lebih tinggi yakni 80G. Kalian bisa mendapatkan bibit Potatoes di Supermarket. Potatoes ( Kentang ) selain memiliki harga yang lebih mahal daripada Turnips (Lobak) juga memiliki kelemahan di masa panen yang mencapai 7 hari sehingga, keuntungan per musimnya tidak bisa seefektif Turnips (Lobak). Potatoes ( Kentang juga tidak dapat dipanen ulang. 
Kesimpulan :
Potatoes (Kentang)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 150G
Harga jual per buah : 80G
Keuntungan per kantung : 580G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 7 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

3. Cucumbers (Mentimun)
Cucumber (Mentimun) merupakan satu-satunya tanaman di musim semi yang bisa dipanen ulang. Cucumbers bisa kalian dapatkan di Supermarket dengan harga per kantungnya 200G dan memiliki harga jual per buah 60G. Mungkin kalian bertanya-tanya dengan harga segitu mahal kok harga jualnya Cuma 60G? Patut di ingat bahwa Cucumbers (Mentimun) bisa dipanen ualng sehingga ketika kalian selesai panen, kalian tidak perlu lagi ke Supermarket untuk membeli bibitnya. Selain itu dengan Cucumbers (Mentimun) kalian bisa mendapatkan Power Berry Special dengan memberikan 3 buah Cucumbers (Mentimun) kepada Kappa di Mothers Lake cukup dengan melempar Cucumber (Mentimun) ke danau pada jam 11AM – 5PM. Cucumbers (Mentimun) membutuhkan waktu 9 hari agar bisa dipanen dan selanjutnya hanya membutuhkan 6 hari untuk dipanen ulang.
Kesimpulan :
Cucumbers (Mentimun)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 200G
Harga jual per buah : 60G
Keuntungan per kantung : 480G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 9 Hari dan 6 hari untuk panen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

3. Cabbages (Kubis)
Cabbages (Kubis) merupakan tanaman paling mahal yang bisa tumbuh di musim semi. Kalian bisa mendapatkan Cabbages (Kubis) dengan membelinya dari Won seharga 500G! Mahal kan? tapi harga jual per buahnya juga besar yakni 250G jadi keuntungan yag kalian dapat per kantung adalah 2.250G!. Kemudian, disamping harga yang mahal kelemahan Cabbages (Kubis) lainnya adalah membutuhkan waktu yang lama untuk siap panen yakni 14 hari dan juga tidak dapat di panen ulang.
Kesimpulan :
Cabbages (Kubis)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 500G
Harga jual per buah : 250G
Keuntungan per kantung : 2.250G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 14 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

4. Grass (Rumput)
Menanam Grass (Rumput) tidak kalah penting dengan tanaman lainnya. Grass (Rumput) dapat tumbuh di tiga musim Spring (Musim Semi), Summer (Musim Panas) dan Fall (Musim Gugur). Grass (Rumput) memanglah tidak dapat dijual tetapi Grass (Rumput) bisa menjadi pakan bagi Sapi dan Domba bila Grass (Rumput) sudah tinggi atau lebat yang biasanya ditnadai dengan warnanya yang berubah menjadi hijau tua maka Grass (Rumput) siap dipanen dengan menggunakan sabit. Grass (Rumput) yang terpotong tadi akan otomatis masuk ke tempat penyimpanan pakan Sapi dan Domba. Bibit Grass (Rumput) bisa kalian beli di Supermarket seharga 500G per kantungnya dan membutuhkan waktu 11 hari agar dapat ditebas untuk pakan hewan dan 7 hari untuk ditebas ulang.
Kesimpulan :
Grass (Rumput)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 500G
Harga jual per buah : -
Keuntungan per kantung : -
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 11 Hari dan 7 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

"Special" Spring Crop

1. Strawberries (Stroberi)
Strawberries (Stroberi) adalah tanaman special yang tidak akan bisa dapatkan kecuali kalian telah memenuhi syarat khusus yaitu kalian telah menjual Turnips (Lobak), Potatoes (Kentang), Cucumbers (Mentimun) dan Cabbages (Kubis) masing-masing sebanyak 100 buah. Setelah kalian telah melakukan hal tersebut maka kalian dapat membeli bibit Strawberries (Stroberi) di Supermarket seharga 150G dan harga jual per buahnya adalah 30G jadi keuntungan per kantungnya hanya 90G. Strawberries (Stroberi) juga merupakan tanaman yang dapat dipanen ulang sama seperti Cucumbers (Mentimun). Waktu yang dibutuhkan Strawberries (Stroberi) agar siap panen adalah 8 hari dan 6 hari untuk di panen ulang.
Kesimpulan :
Strawberries (Stroberi)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 150G
Harga jual per buah : 30G
Keuntungan per kantung : 90G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 8 Hari dan 6 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

2. Moondrop Flowers (Bunga Moondrop)
Dalam Harvest Moon kalian tidak hanya dapat menanam rumput ataupun buah dan sayuran tapi kalian juga bisa menanam bunga. Jika kalian menginginkan kebun kalian terlihat lebih cantik maka bunga-bunga yang kalian tanam ini bisa merealisasikannya. Selain itu dengan adanya bunga di kebun kalian maka akan muncul event lebah yang membuat sarang di pohon apel kalian dan hebatnya lagi sarang tersebut dapat menghasilkan madu yang dapat kalian jual. Baiklah kali ini kita akan membahas Moondrop Flowers (Bunga Moondrop) terlebih dahulu, bibit Moondrop Flowers (Bunga Moondrop) hanya bisa kalian beli dari Won seharga 300G apabila kalian telah mendapatkan event dimana kalian diberi Karen sekantung bibit Moondrop Flowers (Bunga Moondrop) dan tanamlah hingga berbunga kemudian berikan bunga tersebut kepada Karen maka keesokan harinya kalian dapat membelinya dari Won. Sebagai catatan untuk mendapatkan event tersebut hubungan kalian dengan Karen sudah mencapai minimal hati warna ungu. Waktu yang dibutuhkan Moondrop Flowers (Bunga Moondrop) untuk tumbuh adalah 6 hari dan bunga ini tidak bisa dijual.
Kesimpulan :
Moondrop Flowers (Bunga Moondrop)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 300G
Harga jual per buah : -
Keuntungan per kantung : -
Waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh : 6 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

3. Toy Flowers (Bunga Mainan)
Bibit Toy Flowers (Bunga Mainan) bisa kalian dapatkan dari Won seharga 500G dan memiliki waktu yang lama untuk tumbuh dibanding Moondrop Flowers (Bunga Moondrop) yaitu 12 hari.
Kesimpulan :
Toy Flowers (Bunga Mainan)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 500G
Harga jual per buah : -
Keuntungan per kantung : -
Waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh : 12 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

--------------------------------------------------------------------------------

SUMMER (Musim Panas)

1. Onions (Bawang)
Onions (Bawang) merupakan tanaman yang harga bibitnya paling murak yang dapat kalian beli di Supermarket seharga 150G per kantung dan kalian dapat menjual per buahnya 80G jadi keuntungan per kantungnya adalah 570G. Onions (Bawang) juga menjadi tanaman di musim panas yang paling cepat di panen dengan membutuhkan waktu 8 Hari namun sayangnya Onions (Bawang) tidak dapat dipanen ulang.
Kesimpulan :
Onions (Bawang)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 150G
Harga jual per buah : 80G
Keuntungan per kantung : 570G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 8 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

2. Tomatoes (Tomat)
Tomatoes (Tomat) merupakan tanaman paling efektif dalam menghasilkan uang. Bibit Tomatoes (Tomat) bisa kalian dapatkan di Supermarket seharga 200G per kantungnya dan harga jual per buahnya adalah 60G sehingga, keuntungan per kantungnya hanya 280G. Hal tersebut menjadikan Tomatoes (Tomat) adalah tanaman dengan keuntungan per kantung paling rendah di musim panas namun, dibalik rendahnya keuntungan tersebut Tomatoes (Tomat) memiliki kelebihan pada waktu yang dibutuhkan untuk panen memang sih pada awalnya membutuhkan 9 hari dan 4 hari untuk di panen ulang! Ya, kalian tidak salah Tomatoes juga memiliki kemampuan untuk di panen ulang sehingga dengan strategi yang tepat kalian bisa mendapatkan keuntungannya yang banyak dari tomat.
Kesimpulan :
Tomatoes (Tomat)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 200G
Harga jual per buah : 60G
Keuntungan per kantung : 280G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 9 Hari dan 4 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

3. Corn (Jagung)
Corn (Jagung) juga termasuk tanaman yang sangat efektif serta memberikan keuntungan yang lebih banyak daripada Tomatoes (Tomat). Bibit Corn (Jagung) bisa kalian dapatkan di Supermarket dengan harga 300G dan harga jual per buahnya adalah sebesar 100G sehingga keuntungan yang kalian dapatkan per kantungnya adalah 500G. Corn (Jagung) membutuhkan waktu 14 hari untuk bisa dipanen dan selanjutnya hanya membutuhkan 4 hari untuk dipanen ulang selain itu Corn (Jagung) juga bisa dikonversikan menjadi pakan ayam kalian dengan cara melemparkannya ke tempat penggilingan yang terletak di sebelah kandang ayam kalian. Satu buah jagung akan menghasilkan 10 kantung pakan ayam dan bila dihitung harga jual satu buah jagung adalah 100G dan kalian mendapatkan 10 kantung pakan ayam. Kemudian, harga satu kantung pakan ayam di Poultry Farm sebesar 10G, jadi bisa disimpulkan tidak ada kerugian maupun keuntungan antara menggunakan penggiling jagung maupun membelinya di poultry farm hanya saja kalian tidak perlu jauh-jauh ke Pooultry Farm untuk membeli pakan ayam. 
Kesimpulan :
Corn (Jagung)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 300G
Harga jual per buah : 100G
Keuntungan per kantung : 500G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 14 Hari dan 4 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

4. Pineapple (Nanas)
Pineapple (Nanas) merupakan tanaman dengan harga jual per buahnya paling tinggi di musim panas yakni 500G per buah, tetapi harga bibitnya pun yang paling mahal yakni 1.000G per kantung. Pineapple (Nanas) membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat dipanen yakni selama 20 hari dan dapat dipanen ulang lagi setelah 6 hari jadi, maksimal buah nanas hanya bisa dipanen dua kali dalam satu musim. Namun, meski lama dan mahal keuntungan nanas per kantungnya juga amat besar yakni 3.000G.
Kesimpulan :
Pineapple (Nanas)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 1.000G
Harga jual per buah : 500G
Keuntungan per kantung : 3.000G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 20 Hari dan 6 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

"Special" Summer Crop

1. Pumpkin (Labu)
Pumpkin (Labu) adalah tanaman special yang tidak akan bisa dapatkan kecuali kalian telah memenuhi syarat khusus yaitu kalian telah menjual Onion (Bawang), Tomato (Tomat), Corn (Jagung) dan Pineapple (Nanas) masing-masing sebanyak 100 buah. Setelah kalian telah melakukan hal tersebut maka kalian dapat membeli bibit Pumpkin (Labu) di Supermarket seharga 500G dan harga jual per buahnya adalah 250G jadi keuntungan per kantungnya yakni 1.750G, namun sayangnya Pumpkin (Labu) merupakan tanaman yang tidak dapat dipanen ulang dan waktu yang dibutuhkan Pumpkin (Labu) agar siap panen adalah 14 hari. 
Kesimpulan :
Pumpkin (labu)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 500G
Harga jual per buah : 250G
Keuntungan per kantung : 1.750G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 14 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

2. Pink Cat Flowers (Bunga Pink Cat)
Bibit Pink Cat Flower (Bunga Pink Cat) bisa kalian dapatkan dari Won seharga 200G. Pink Cat Flower (Bunga Pink Cat) merupakan bunga dengan bibit termurah dan waktu untuk tumbuh paling cepat yakni 6 hari.
Kesimpulan :
Pink Cat Flowers (Bunga Pink Cat)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 200G
Harga jual per buah : -
Keuntungan per kantung : -
Waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh : 6 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

--------------------------------------------------------------------------------

FALL (Musim Gugur)

1. Eggplant (Terong)
Eggplant (Terong) merupakan tanaman dengan waktu panen paling lama di musim gugur. Eddplat (Terong) membutuhkan waktu selama 9 hari untuk dapat dipanen, namun hanya dalam 4 hari kalian dapat memanen ulang tanaman tersebut. Bibit Eggplant (Terong) dapat kalian beli di Supermarket seharga 120G dan harga jual per buahnya adalah 80G jadi keuntungan per kantungnya adalah 520G.
Kesimpulan :
Eggplant (Terong)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 120G
Harga jual per buah : 80G
Keuntungan per kantung : 520G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 9 Hari dan 4 hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

2. Carrots (Wortel)
Carrots (Wortel) membutuhkan waktu 7 hari untuk panen dan bibitnya bisa kalian beli di Supermarket seharga 300G dan harga jual per buahnya 120G jadi keuntungan per kantungnya adalah 780G. 
Kesimpulan :
Carrots (Wortel)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 300G
Harga jual per buah : 120G
Keuntungan per kantung : 780G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 7 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

3. Sweet Potatoes (Kentang Manis)
Sweet Potatoes (Kentang Manis) merupakan tanaman yang paling efektif dan menguntungkan di musim gugur. Sweet Potatoes (Kentang Manis) hanya membutuhkan waktu 5 hari untuk dapat dipanen dan 3 hari untuk dipanen ulang. Bibit Sweet Potatoes (Kentang Manis) dapat kalian beli di Supermarket seharga 300G dan harga jual per buah adalah 120G jadi keuntungan per kantungnya adalah 660G.
Kesimpulan :
Sweet Potatoes (Kentang Manis)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 300G
Harga jual per buah : 120G
Keuntungan per kantung : 660G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 5 Hari dan 3 Hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

4. Green Peppers
Green Peppers (Cabe Hijau) membutuhkan waktu 7 hari untuk panen dan 3 hari untuk dipanen ulang. Bibitnya bisa kalian beli dari Won seharga 150G dan harga jual per buahnya 40G jadi keuntungan per kantungnya adalah 170G. 
Kesimpulan :
Green Peppers (Cabe Hijau)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 150G
Harga jual per buah : 40G
Keuntungan per kantung : 170G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 7 Hari dan 3 Hari untuk dipanen ulang
Bisa dipanen ulang : Ya

"Special" Fall Crop

1. Spinach (Bayam)
Spinach (Bayam) adalah tanaman special yang tidak akan bisa dapatkan kecuali kalian telah memenuhi syarat khusus yaitu kalian telah menjual Eggplant (Terong), Carrots (Wortel), Sweet Potatoes (Kentang Manis) dan Green Peppers (Cabe Hijau) masing-masing sebanyak 100 buah. Setelah kalian telah melakukan hal tersebut maka kalian dapat membeli bibit Spinach (Bayam) di Supermarket seharga 200G dan harga jual per buahnya adalah 80G jadi keuntungan per kantungnya yakni 520G, namun sayangnya Spinach (Bayam) merupakan tanaman yang tidak dapat dipanen ulang dan waktu yang dibutuhkan Spinach (Bayam) agar siap panen adalah 6 hari. 
Kesimpulan :
Spinach (Bayam)
Dapat di beli di : Supermarket
Harga per kantung : 200G
Harga jual per buah : 80G
Keuntungan per kantung : 520G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 6 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

2. Magic Red Flowers ( Bunga Magic Red)
Bibit Magic Red Flower (Bunga Magic Red) bisa kalian dapatkan dari Won seharga 600G. Magic Red Flower (Bunga Magic Red) memiliki keunikan tersendiri, umumnya bunga tersebut berwarna biru namun terkadang yang tumbuh bisa saja berwarna merah perbandingannya adalah 1/6 dan untuk bunga yang berwarna merah bisa dijual loh seharga 200G jadi bunga ini benar-benar Magic.
Kesimpulan :
Magic Red Flower (Bunga Magic Red)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 600G
Harga jual per buah : 200G (Khusus yang berwarna merah)
Keuntungan per kantung : bervariasi tergantung banyaknya bunga yang berwarna merah
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 10 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

--------------------------------------------------------------------------------

WINTER (Musim Dingin)

1. Orangecup Flower (Bunga Orangecup)
Sebenarnya pada musim dingin kalian libur untuk berkebun karena ladang kalian dipenuhi oleh salju, kecuali kalian punya Hot House maka kalian bisa berkebun di dalamnya. Nah, berhubung dengan Hot House ada satu bibit yang hanya bisa tumbuh di dalam Hot House yaitu bibit Orangecup Flower (Bunga Orangecup). Sebenarnya menanam bibit ini tidak ada keuntungannya sama sekali secara finansial, bibit Orangecup Flower (Bunga Orangecup) bisa kalian beli dari Won seharga 1.000G! dan harga jualnya hanya 60G! jadi kerugian yang kalian dapat adalah 460G! per kantungnya. Selain harga beli dan jualnya yang sama sekali tidak menguntungkan Orangecup Flower (Bunga Orangecup) juga tidak dapat di panen ulang benar-benar parah kan.
Kesimpulan :
Orangecup Flower (Bunga Orangecup)
Dapat di beli di : Won
Harga per kantung : 1.000G
Harga jual per buah : 60G
Keuntungan per kantung : -460G
Waktu yang dibutuhkan untuk panen : 8 Hari
Bisa dipanen ulang : Tidak

Nah, itu semua adalah tanaman yang dapat kalian tanam dan sekarang buatlah strategi untuk mengoptimalkan pendapatan kalian dari berkebun tapi perlu diingat ya Harvest Moon : Back to Nature tidak hanya melulu soal berkebun tetapi juga ada peternakan, menambang, bersosial dengan masyarakat dan menikah. Sekian moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)