4 Macam Kesalahan Saat Charging Smartphone Yang Sering Dilakukan

4 Macam Kesalahan Saat Charging Smartphone Yang Sering Dilakukan
4 Macam Kesalahan Saat Charging Smartphone Yang Sering Dilakukan - Baterai adalah salah satu komponen vital pada smartphone karena baterai merupakan sumber tenaga dari smartphone yang mana tanpanya smartphone kalian tak akan mampu untuk menyala atau aktif. Namun, sampai saat ini baterai juga memang masih menjadi hal yang menjadi titik lemah karena pemakaian smartphone untuk aktivitas berat mampu menghabiskan baterai dalam beberapa jam saja, sehingga terasa percuma memiliki smartphone yang canggih namun baterainya cepat habis.
baca juga :
Nah, hal tersebut apakah murni kelemahan baterai? Sebenarnya jika smartphone sering digunakan apalagi untuk menjalankan aktivitas yang berat sih wajar saja cepat habis sama halnya dengan diri kita jika terus menerus bekerja maka tubuh menjadi lelah dan butuh istirahat. Tetapi, jika hanya pemakaian normal tapi baterai cepat habis bisa jadi ada kesalahan saat kalian melakukan proses charging. Proses charging merupakan sebuah proses mengisi kembali kapasitas baterai sehingga energinya bisa digunakan untuk mengaktifkan smartphone kalian dan kesalahan proses charging berdampak pada umur dan kemampuan baterai kalian.  

Lalu, bagaimanakah proses charging yang benar? Berdasarkan dari situs Battery University yang merupakan milik perusahaan baterai Cadex menjelaskan detilnya yang dibagi menjadi beberapa poin di bawah ini.

1. Lepas charger saat baterai telah terisi penuh
Segera lepas chargermu bila baterai sudah terisi 100% kenapa harus segera karena saat baterai mencapai level 100% dan kalian masih terus mengisinya maka baterai sedang dalam kondisi "charging bocor" yang menyebabkan baterai stress tinggi sehingga baterai cepat aus. Battery University pun mengibaratkan hal tersebut sama seperti mengistirahatkan otot setelah berolahraga. jadi proses charging sama halnya dengan sedang berolahraga yang mana butuh istirahat.

2. Jangan charging sampai 100%
Menurut Battery University lebih baik baterai jangan di-charge sampai 100% karena voltase yang tinggi justru menyebabkan baterai stress dan cepat aus apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

3. Charging setiap waktu
Menurut Battery University charging sewaktu-waktu dalam sehari jauh lebih baik bagi baterai ketimbang charging saat baterai benar-benar habis. Saat yang paling baik untuk charging baterai adalah saat energi yang tersisa sudah mencapai 10% namun jika kalian takut lupa maka charging saat kalian sempat melakukannya juga tak mengapa dan harus kalian ingat bahwa cabut charger sebelum baterai mencapai 100% agar baterai tetap sehat.

4. Jaga suhu tetap dingin
Baterai smartphone sangat mudah panas saking mudahnya Apple saja pernah menganjurkan untuk melepas casing saat charging karena casingnya akan mengisolasi panas di sekitar iPhone. Nah, kalau smartphone kalian hangat atau panas lebih baik segera lepas casing smartphone kalian selain itu limdungi smartphone kalian dari terik matahari langsung juga dapat membantu menjaga kesehatan baterai.

Nah, itu tadi empat poin yang harus kalian perhatikan saat melakukan charging baterai smartphone agar baterainya bisa awet dan kinerja tetap optimal. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 Comments

Comments
22 July, 2016 10:42 delete

Sekarang kan sudah banyak charger yang jika batray sudah terisi penuh maka batray otomatis tidak akan mengisi lagi.
jadi aman.

Reply
avatar
25 August, 2016 22:51 delete

tapi kalau pengguna charger zaman dulu kan harus menerapkan tips di atas biar aman :D

Reply
avatar
09 September, 2016 01:26 delete

Oalahh berarti ini tips cocoknya buat Hp Jadul ya Mas Denny :D :D..

Soalnya kebiasaan saya kalau ngecharge hp semalaman suntuk sampai pagi, baik hp Jadul dan terbaru.... hehe

Reply
avatar
30 September, 2016 00:00 delete

jangan dibiasain lagi ya mas :)

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)