Yuk Mencicipi Android N Melalui Program Android Beta Dari Google

Yuk Mencicipi Android N Melalui Program Android Beta Dari Google
Yuk Mencicipi Android N Melalui Program Android Beta Dari Google - Jika kalian seorang developer atau suka mengoprek android umumnya kalian harus mendownload file factory image dari Google, mengunlock bootloader, menginstall fastboot, lalu menjalankan sejumlah perintah lewat CMD untuk bisa mencicipi android versi terbaru. 


Rupanya hal tersebut telah dilirik oleh Google demi memudahkan para penggemar dan developer Android untuk mencicipi atau merasakan versi beta dari android yang hendak dirilis, maka Google meluncurkan sebuah program baru yang bernama Program Android Beta. Dengan menggunakan Android Beta para developer dan penggemar tidak perlu melakukan proses yang ribet sebagaimana dijelaskan di atas. Perlu kalian ketahui bahwa langkah yang diambil Google tersebut bukanlah hal yang baru karena Apple telah menerapkannya terlebih dahulu tiap kali ingin merilis iOS versi beta.


Nah, untuk mendapatkan Android Beta tidaklah ribet karena kalian cukup langsung mendaftar dengan akun Gmail kalian dan pilih perangkat Android yang kalian ingin jadikan tester. Setelah itu, kalian tinggal menunggu notifikasi dalam jangka 24 jam untuk mendownload update via OTA.
Yuk Mencicipi Android N Melalui Program Android Beta Dari Google
Google mengatakan bahwa bagi pengguna yang melakukan flashing Android N secara manual di perangkat Android mereka dengan cara mendownload factory image dari android.developer.com, maka mereka tidak akan mendapatkan notofikasi untuk mendownload update via OTA. Jadi, kalian harus menggunakan Android versi terakhir yang resmi untuk mendapatkan update versi developer preview via OTA.

Android N versi developer ini masih jauh dari kata beta jadi masih belum stabil dan layak untuk digunakan sehari-hari. Bila kalian sudah puas untuk mencicip Android N versi developer dan ingin kembali ke stock ROM sebelumnya, maka kalian bisa keluar dari Android Beta via Online dan kalian akan mendapatkan notifikasi untuk mendownload Stock ROM Android terbaru. Sebagai pengingat dengan menginstal stock ROM Android tersebut perangkat Android kalian akan diformat sehingga seluruh data bakalan hilang jadi usahakan untuk backup data terlebih dahulu. Sementara ini, perangkat yang bisa mengikuti program Android Beta adalah sebagai berikut :
  • Nexus 6
  • Nexus 5X
  • Nexus 6P
  • Nexus 9 (LTE)
  • Pixel C
  • Nexus Player
Apakah kalian memiliki salah satu dari perangkat di atas dan tertarik untuk mencoba Android N versi Developer? Silakan dicoba langkah-langkah di atas namun jangan ;upa untuk mem-backup data terlebih dahulu. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : gsmarena.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 Comments

Comments
15 March, 2016 12:07 delete

masih banyak bug di Android N ini, sangat tidak direkomendasikan bagi yg ingin menggunakan dalam kegiatan sehari-hari :D

Reply
avatar
15 March, 2016 12:21 delete

unfortunately, aku ga bisa ngutak ngatik android begitu :(

Reply
avatar
23 March, 2016 10:00 delete

iya mas jadi belum dirilis

Reply
avatar
23 March, 2016 10:01 delete

yah tunggu yang sudah resmi rilisnya aja mas :)

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)