Yuk, Intip Fitur-Fitur Yang Bakal Hadir Pada Android N

Yuk, Intip Fitur-Fitur Yang Bakal Hadir Pada Android N
Yuk, Intip Fitur-Fitur Yang Bakal Hadir Pada Android N - Setelah meluncurkan Android Beta sehingga kita bisa mencicipi Android N versi Developer pasti yang paling ditunggu berikutnya adalah laporan mengenai fitur apa saja yang bakal hadir pada Android N. Nah, melalui Android N versi Developer kita dapat menikmati beberapa fitur terbaru berikut ini :

- Peningkatan pada Notifikasi
Peningkatan Notifikasi
Pada bagian notifikasi terdapat perubahan, dengan menggeser notifikasi kebawah dua kali untuk beralih fungsi sehingga lebih efisien. kemudian, fitur yang tak kalah penting lainnya adalah kemampuan membalas pesan via notifikasi. Dengan fitur ini membalas pesan menjadi lebih cepat karena kalian tidak perlu aplikasi pesan yang diterima.

- Split-Screen Multitasking
Split Screen Multitasking
Huft, pada akhirnya fitur split-screen multitasking hadir pada android yang selama ini sudah digunakan oleh windows, iOS dan samsung. Untuk mengaktifkan fitur ini kalian harus menekan tombol multitasking atau previuw, kemudian tarik jendela ke atas layar dan pin di sana, kemudian pilih aplikasi lain yang ingin ditampilkan di layar.

Cara alternatif lain adalah dengan mengatur aplikasi yang digunakan menjadi separuh layar lalu pilih aplikasi lain untuk mengisi separuhnya lagi. Namun, cara tersebut untuk sementara ini hanya berlaku untuk beberapa aplikasi, terutama aplikasi buatan Google.

- Doze dan Project Svelte
Doze dan Project Svelte
Pada Android berbasis Marshmallow akan terdapat sebuah fitur bernama Doze yang mana akan membuat sebuah perangkat android kalian menghentikan semua aplikasi yang berjalan setelah tidak digunakan atau tidak digerakkan selama beberapa saat. Nah, pada Android N fitur Doze mendapatkan peningkatan dari sebelumnya. Pada peningkatan ini begitu layar perangkat mati, berbagai aplikasi background akan dinonaktifkan bahkan saat perangkat dalam keadaan bergerak. Dengan peningkatan tersebut baterai menjadi lebih hemat dan perangkat android kalian tidak harus diletakkan aar tidak bergerak untuk mengaktifkan fitur Doze.

Setelah fitur Doze kini giliran Project Svelte yang dikembangkan untuk mengurangi aktivitas background. Pertama-tama adalah CONNECTIVITY_ACTION, yang digunakan aplikasi untuk aktif ketika ada perubahan aktivitas jaringan, seperti perpindahan dari paket data ke Wi-Fi. Jadi, dengan Project Svelte aplikasi tersebut tidak akan aktif walau terjadi pergantian jaringan. Kemudian, ACTION_NEW_PICTURE dan ACTION_NEW_VIDEO akan dihilangkan yang akan membuat aplikasi yang membutuhkan langkah tersebut tidak aktif di background saat kalian menggunakan aplikasi kamera. Nampaknya hal tersebut terdengar sederhana namun dampaknya terhadap baterai life perangkat kalian cukup besar.

- Peningkatan Pada Aplikasi Settings
Aplikasi Setting pada Android N mendapatkan beberapa peningkatan. Semua item menu bakal dilengkapi deskripsi di bawahnya. Misalnya seperti, menu Battery yang akan menunjukkan sisa daya yang dimiliki, kemudian menu Storage akan memperlihatkan sisa kapasitas penyimpanan, dan berbagai menu lainnya.

Selain hadirnya deskripsi, pada menu setting juga akan memiliki opsi baru yang menarik diantaranya adalah menu penghemat data agar penggunaan data menjadi lebih hemat. Kemudian, Sisem UI Tuner yang memungkinkan kalian untuk memilih theme gelap yang lebih bersahabat bagi mata dan juga terdapat Night mode yang membuat layar smartphone di malam hari menjadi lebih nyaman.

Yak, Untuk sementara sih hanya beberapa hal di atas yang menjadi fitur-fitur yang bakal hadir pada Android N melalui Android N versi Developer kemungkinan bakal ada peningkatan atau fitur-fitur baru lainnya jadi mari kita tunggu saja. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : gsmarena.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Comments
17 March, 2016 15:37 delete

kalo pesan bisa langsung dibalas dari notifikasi enak dong jadi gak perlu bolak balik

Reply
avatar
23 March, 2016 09:47 delete

iya mba jadi lebih efektif gak harus buka aplikasi message dulu

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)