Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini
Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini - Buang air besar merupakan salah satu cara untuk membuang racun atau sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai dalam tubuh sehingga orang yang rutin buang air besarnya cenderung lebih sehat. Namun, tidak jarang terkadang kita mengalami susah buang air besar atau sembelit sehingga dapat mengganggu kesehatan kita bila terus-terusan terjadi dalam jangka panjang. Biasanya sih bila susah buang air besar rasanya tidak nyaman perut terasa penuh bahkan perut menjadi sedikit membuncit karena menumpuknya sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai.
baca juga : 4 Hal yang Membuat Sulit Buang Air Besar

Kalau sudah susah buang air besar lantas kita harus mengatasinya biar lancar jangan didiamkan saja karena dampaknya bahaya bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Nah, untuk memperlancar buang air besar kalian dapat menerapkan tips berikut ini yang dikutip dari diply.com :

1. Mengkonsumsi Serat
Serat memang terkenal sebagai salau satu penguras usus agar buang air besar menjadi lancar namun jangan dikonsumsi berlebihan. Para dokter dari University of California San Fransisco menganhurkan konsumsi 25-30 gram serat per hari. Serat cukup mudah ditemukan, kalian dapat menemukan serat pada buah dan sayur

2. Posisi Saat Buang Air Besar
Posisi terbaik agar plong saat buang air besar adalah dengan posisi jongkok. Namun, yang jadi masalah disini apabila closet yang kita pakai menggunakan closet duduk. Jadi, sebaiknya WC dirumah pakai closet jongkok aja yah.

3. Minum Air Putih
Tercukupinya cairan dalam tubuh juga dapat membantu untuk melancarkan buang air besar. 

4. Minum Kopi Hangat
Selain menghilangkan rasa kantuk kopi hangat juga dapat membantu melancarkan buang air besar namun perlu diingat untuk tidak terlalu sering minum kopi karena dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.
baca juga : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein
5. Olahraga
Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan tubuh bahkan olahraga juga dapat membantu memperlancar buang air besar.

6. Pijat
Menurut para dokter di Yale University menyarankan untuk memijat area perineum (daerah tubuh antara anus dan vulva pada wanita, dan antara anus dan skrotum pada laki-laki) untuk melancarkan buang air besar.
baca juga : Lepaskan Stres Dengan Memijat Jari Dan Telapak Tangan Selama 5 Menit
7. Luangkan Waktu
Umumnya tiap orang memiliki waktu-waktu tertentu untuk buang air besar, misalnya ada orang yang buang air besar tiap pagi setelah bangun tidur. Nah, sekarang tugas kalian adalah memperhatikan kapan saat-saat kalian biasanya buang air besar bila sudah mengetahui waktu tersebut maka luangkanlah waktu agar buang air besar tuntas tidak dikejar-kejar aktivitas yang ingin kita selesaikan.

8. Konsumsi Probiotik
Probiotik terkenal baik untuk menjaga kesehatan usus. Jadi, kalau penceraan bermaslah maupun buang air besar macet konsumsilah makanan maupun minuman yang mengandung probiotik sebagai contoh kalian dapat menemukan probiotik di dalam yoghurt. 

Wah, banyak kan caranya cukup pilih salah satu saja tidak harus diterapin semua kok. Jadi, sekarang terapkan tips di atas dan ucapkan selamat tinggal pada susah buang air besar. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : diply.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 Comments

Comments
14 December, 2015 03:09 delete

Kalau saya buang rutin buang air besar setelah makan, apabila sebelum makan atau perut belum terisi saya susah untuk buang air besar.

Reply
avatar
15 December, 2015 11:10 delete

usahakan BAB rutin pada pagi hari, biar makin sehat.

Reply
avatar
15 December, 2015 16:13 delete

LAGIAN HARE GENE MASIH KENA SEMBELIT...IDIIIH...UDIK BINGIT YA?

Reply
avatar
15 December, 2015 19:08 delete

Saya biasanya kalau sembelit selalu minum kopi hangat, mas. Kayaknya kopi hangat cukup manjur...

Reply
avatar
16 December, 2015 15:36 delete

Orang tua dulu kalau terkena sembelit suka dikasih obat tradisional dengan daun jambu batu mas hehehe

Reply
avatar
01 March, 2016 10:42 delete

soalnya gak ada yang dibuang :D

Reply
avatar
01 March, 2016 10:42 delete

Biasanya pola makan yang gak sehat bikin susah BAB rutin

Reply
avatar
01 March, 2016 10:46 delete

sama seperti poin 4 ya kan

Reply
avatar
01 March, 2016 10:47 delete

daun jambu bukannya untuk diare ya mba

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)