Jangan Lagi Tertipu! Berikut Tips Hoax Seputar Baterai Ponsel

Jangan Lagi Tertipu! Berikut Tips Hoax Seputar Baterai Ponsel
Jangan Lagi Tertipu! Berikut Tips Hoax Seputar Baterai Ponsel - Tidak jarang saat kita membeli ponsel baru, kemudian si penjual pun memberikan tips agar baterai ponsel awet atau terkadang teman-teman kita memberikan tips tersebut. Namun, patut diketahui bahwa banyak tips-tips agar baterai ponsel yang sudah umum diketahui masyarakat ternyata banyak yang cuma mitos. Sebagaimana penjelasan dari Sharon Profis, salah satu kontributor CNET yang melalui videonya menjelaskan 3 jenis mitos seputar baterai ponsel. Nah apa sajakah tips-tips hoax tersebut, yuk disimak di bawah ini :

Pertama, mitos yang menyarankan kalian untuk menunggu sampai baterai benar-benar habis alias sampai 0% terlebih dahulu sebelum di charge adalah sebuah tips yang sama sekali tidak benar. Profis menjelaskan bahwa dengan menghabiskan baterai sampai dengan 0% secara rutin justru akan menurunkan tingkat efektivitas baterai secara bertahap. Belum lagi waktu pengisian yang menjadi lebih lama.


Kedua, Ada tips yang mana saat membeli ponsel baru maka kalian harus men-chargenya sampai penuh dalam keadaan mati. Berkenaan dengan hal tersebut Profis mengatakan bahwa hal tersebut cuma buang-buang waktu karena teknologi baterai zaman sekarang sudah canggih sehingga mampu melakukan kalibrasi secara otomatis.

Ketiga, Tips tentang mengisi ulang baterai terlalu lama dan tidak segera mencabutnya setelah mencapai 100% dapat berdampak negatif bagi baterai. Kemudian, Profis  pun membantah persoalan ini karena tidak berdasar, padahal karena teknologi baterai yang dipakai untuk laptop dan smartphone zaman sekarang sudah dibuat untuk langsung menghentikan proses charging saat kapasitas baterai telah  penuh. Jadi meski kapasitas baterai sudah terisi 100% dan masih tetap di charge, hal tersebut tidak akan berdampak negatif pada baterai.

Terakhir, sebuah tambahan dari snopes.com, yaitu sebuah tips untuk mengembalikan kemampuan baterai dengan cara menyimpannya di kulkas adalah tidak benar sama sekali. Duracell dan Energizer yang keduanya merupakan produsen baterai ternama mengkonfirmasi kalau produk baterai mereka dirancang untuk dipakai dan disimpan di ruangan dengan suhu normal, bukan disimpan di ruangan dengan suhu yang sangat dingin seperti di freezer pada kulkas. Bahkan, kedua perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal tersebut justru akan menurunkan efektivitas baterai.

Nah, pasti kalian pernah mendapatkan salah satu tips di atas bukan? Segera tinggalkan jika kalian melakukannya sebab cuma buang-buang saja. Setelah mengetahui tips-tips yang hanya mitos atau hoax kini saatnya kalian harus mengetahui kondisi baterai ponsel kalian masih bagus atau tidak yang mana caranya dapat kalian baca di sini. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : bgr.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 Comments

Comments
09 December, 2015 10:48 delete

Yaps betul sekali,
besok tulisanya tolong disambung tentang Misteri Powerbank yah ,,
banyak loh orang yang ketipu sama produk yang sedang naik daun ini.

Reply
avatar
09 December, 2015 18:50 delete

yang terbaru adalah Software yang bisa menambah daya baterai, bisa gituh?

Reply
avatar
10 December, 2015 16:13 delete

Untuk batre yang 100% harus cepet dicabut, menurut saya kayaknya ada benernya juga. Karena hp saya sering digituin, malah drop batrenya. Atau mungkin karena smartphone saya jadul yah. :D

Reply
avatar
29 December, 2015 09:40 delete

Betul mas saya juga pernah mendapat salah satu tips diatas dan mempraktekannya

Reply
avatar
01 March, 2016 10:05 delete

ditampung dulu yah hehe masalah powerbank biasanya sih jangan beli sembarangan rekomendasi sih hippo atau vivan

Reply
avatar
01 March, 2016 10:06 delete

bukan menambah sih mungkin hanya mematikan beberapa fitur pada smartphone agar battery life bisa bertahan sedikit lebih lama

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)