Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya

Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya
Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya - Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan namun pernahkah kalian berpikir kenapa olahraga dapat menyehatkan tubuh memangnya apa sih yang terjadi dalam tubuh saat kita sedang berolahraga? Jika kalian pernah bertanya atau berpikir seperti itu maka jawabannya akan kalian dapatkan pada artikel ini.
baca juga : Jagalah Kebugaran Tubuh Dengan Melakukan 5 Jenis Olahraga Ini Selama 30 Menit
Saat berolahraga terdapat beberapa hal yang mempengaruhi otak, jantung, otot, hati serta lemak tubuh. Sebagaimana dikutip dari visual.ly hal-hal tersebut :


1. Otak
Dimulai dari otak. Saat berolahraga Otak akan memproduksi endorfin dan BDNF. Endorfin adalah senyawa yang dapat meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan suasana hati jadi bahagia serta meredakan nyeri. Kemudian, BDNF adalah senyawa yang membantu menguatkan syaraf otak yang membuat kalian bisa cepat nangkap dalam belajar. 

2. Otot
Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat otot-otot tubuh. Karena saat berolahraga otot berkontraksi dan hal inilah yang akan memicu produksi serat otot lebih baik sehingga tubuh punya massa otot lebih banyak. 

3. Jantung
Saat berolahraga detak jantung pasti akan meningkat. Kondisi ini dapat memperkuat otot jantung dan menurunkan risiko serangan jantung serta penyumbatan arteri.

4. Hati
Olahraga juga dapat memberikan dampak yang positif bagi hati. Saat berolahraga hati akan lebih produktif dalam memproduksi sel darah merah yang sehat dan membantu membakar glukosa dengan asam laktat tanpa menggunakan insulin. Dengan terbakarnya glukosa maka dapat dikatakan olahraga dapat menurunkan risiko diabetes.

Nah, itulah tadi yang terjadi pada organ di dalam tubuh saat kita berolahraga dan semuanya berdampak positif bagi kesehatan bukan? Oleh karena itu olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan tapi patutu diingat saat selesai berolahraga cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih agar tidak dehidrasi atau kalian dapat mengikuti tips menghindari dehidrasi di sini selain itu konsumsi makanan yang kaya akan protein. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : visual.ly

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Comments

Comments
19 October, 2015 22:49 delete

harus mulai rajin olah raga lagi neh, supaya organ bekerja maksimal

Reply
avatar
20 October, 2015 14:59 delete

yuk kita olahraga rutih mengingat manfaat olahrga itu sangatlah bagus buat tubuh, serta mengurangi tingkat stress juga ya mas :)
saya juga masih belum rutin nih olahraganya mas, mudah-mudahan bisa rutin deh ya..

Reply
avatar
20 October, 2015 22:38 delete

Kayanya gue harus merubah pola hidup dari sekarang nih .

Reply
avatar
22 October, 2015 08:37 delete

betul sekali tidak ada kata terlambat :)

Reply
avatar
22 October, 2015 08:40 delete

mungkin tips pada artikel ini bisa membantu mas
http://www.mabesdenny.com/2015/10/ingin-berolahraga-kembali-setelah-sekian-lama-berhenti.html

Reply
avatar
22 October, 2015 08:42 delete

ayo rubah sekarang juga mas khairul

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)