Inilah Bahan Pengawet Persembahan Dari Alam Yang Aman Untuk Kesehatan

Bahan Pengawet Alami
Inilah Bahan Pengawet Persembahan Dari Alam Yang Aman Untuk Kesehatan - Pengawet makanan merupakan salah satu bahan yang sering kita jumpai sehari-hari baik itu yang alami maupun bahan kimia. Bahan pengawet ini bertujuan agar makanan lebih tahan lama atau tidak cepat basi. Namun, untuk bahan pengawet kimia perlu mendapatkan perhatian khusus karena tidak baik untuk dikonsumsi terus menerus yang mana justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.
baca juga : Ternyata Makanan Yang Sering Kita Konsumsi Ini Mengandung Kolesterol Jahat
Nah, untuknya alam telah menyediakan bahan pengawet yang alami dan pastinya aman untuk dikonsumsi. Apa sajakah bahan pengawet tersebut? Dikutip dari 3fatchick.com berikut ini bahan pengawet alami yang aman untuk dikonsumsi dan dapat meningkatkan cita rasa masakan :

1. Garam
Garam merupakan bahan pengawet alami yang paling terkenal mulai dari zaman dulu untuk mengawetkan daging dan ikan. Cara kerja garam dalam mengawetkan makanan yaitu dengan cara mengdehidrasi makanan sehingga mikroba tidak hadir dalam makanan. Garam akan membuat makanan tetap kering sehingga mencegah tumbuhnya jamur.

2. Gula
Gula merupakan salah satu bahan pengawet alami yang terkenal seperti halnya garam yang dapat menghilangkan kelembaban pada makanan serta mencegah tumbuhnya bakteri. Gula juga sering digunakan orang Mesir kuno untuk mengawetkan makanan dalam toples madu.
baca juga : Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu

3. Ekstrak Rosemary
Nama rosemary pasti sangat asing di telinga orang Indonesia. Rosemary adalah sebuah tanaman yang tahan penyakit dan hama serta dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan. Rosemary banyak mengandung kalsium, zat besi, dan Vitamin B6. Ekstrak rosemary ternyata juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan serta memberi aroma yang harum pada makanan. 

4. Cuka
Cuka memiliki kandungan asam asetat sebesar 5 persen yang mana cuka juga dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Cuka bisa kalian gunakan untuk mencuci Ayam, daging maupun ikan agar lebih awet saat disimpan di lemari es.

Nah, itu dia 4 bahan pengawet yang alami dan aman untuk kesehatan kalian tidak seperti bahan pengawet kimia yang berbahaya bila dikonsumsi terus menerus. Sekarang tidak perlu khawatir lagi makanan kalian cepat basi gunakan saja bahan pengawet di atas mudah ditemukan kok di pasaran. Sekian infonya moga bermnafaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : 3fatchick.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

17 Comments

Comments
30 August, 2015 21:56 delete

yang saya baru tau itu gula, gula memang bisa ?

Reply
avatar
30 August, 2015 21:56 delete

yang saya baru tau itu gula, gula memang bisa ?

Reply
avatar
30 August, 2015 22:36 delete

kalo nggak salah tanaman rosemary itu kayak daun mint ya mas?

Reply
avatar
31 August, 2015 01:50 delete

Sejak mesir kuno berarti udah lama bingit ya Mas gula dijadikan sebagai bahan pengawet yang alami.. :)

Reply
avatar
31 August, 2015 08:22 delete

SELAIN SEBAGAI BUMBU UTAMA DAPUR TERNYATA GARAM BISA DIJADIKAN PENGAWET YANG AMAN DI KONSUMSI YA MAS

Reply
avatar
31 August, 2015 08:23 delete

hem harus pake bingit gitu ya mas, hehehe

Reply
avatar
31 August, 2015 11:01 delete

Garam sih terbukti bisa jadi pengawet contohnya pada ikan asin atau telor asin awet banget tuh

Reply
avatar
31 August, 2015 14:04 delete

Pengawet yang berasal dari alam dan menyehatkan...

Reply
avatar
31 August, 2015 16:11 delete

Iya, benar banget mas. Garam dan gula adalah dua dari sekian bahan pengawet alami yang mudah didapat dan lazim digunakan...

Reply
avatar
01 September, 2015 09:51 delete

bisa mas makanya makanan yang diolah menjadi manisan bisa menjadi lebih awet

Reply
avatar
01 September, 2015 10:11 delete

kalau pakai bingit jadi beda kea ada manis-manisnya gitu :D

Reply
avatar
01 September, 2015 10:13 delete

jadi kalau hubungannya mau awet ditaburi garam yah haha :D

Reply
avatar
01 September, 2015 10:21 delete

bener banget bahkan dapat menambah cita rasa pada makanan

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)