Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa - Bau mulut merupakan masalah klasik atau hal yang lazim terjadi saat kita menunaikan ibadah puasa karena adanya sebuah bahan kimia hasil pemecahan lemak dalam tubuh yang bernama kenotes dan bercampur dengan napas yang keluar dari mulut sehingga nafas menjadi bau. Hal tentu akan membuat kalian malas untuk berbicara dengan orang lain karena malu dengan bau mulut sendiri. Tetapi tenang saja bau mulut tersebut bisa diminimalisir kok. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini cara paling mujarab untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa : 

1. Jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi
Karena baunya berasal dari mulut oleh karena itu kebersihan mulut harus dijaga agar nafas tidak terlalu bau. Jagalah kebersihan mulut kalian salah satunya dengan cara rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Untuk memaksimalkan proses menyikat gigi pakailah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut serta ukuran kepalanya yang kecil sehingga bisa menjangkau daerah yang sempit. Sikatlah gigi kalian minimal selama dua menit yang mencakup seluruh area gigi. Sikatlah gigi kalian  setelah kurang lebih satu jam sehabis berbuka puasa pun begitu saat sahur sikatlah gigi dengan jeda satu jam setelah sahur.
baca juga : Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi

2. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
Ada kalanya sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau maupun dibersihkan oleh sikat gigi kalian dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkannya. Umumnya untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi. Membersihkan gigi dengan benang gigi pun caranya cukup mudah dengan cara kencangkan benang dengan menggunakan jempol yang menarik benang bersama dengan jari telunjuk di tangan satunya. Kemudian, gerakkan secara perlahan di sela gigi namun perlu diingat jangan sampau benangnya mengiris gusi.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat
Bau mulut juga bisa terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu kurangilah mengkonsumsi makanan maupun minuman manis dan asam saat sahur.
baca juga : Makanan Paling Tidak Sehat Di Dunia

4. Berkumur dengan obat kumur
Setelah menyikat gigi lalu menggunakan benang gigi jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur agar nafas menjadi lebih segar dan mebunuh bakteri maupun kuman yang menyebabkan bau mulut. Namun, ada hal yang patut kalian waspadai dalam memilih obat kumur yaitu hindari obat kumur yang mengandung alkohonl karena dapar menyebabkan iritasi mulut.

5. Membersihkan lidah.
Sempurnakanlah kegiatan membersihkan mulut kalian dengan membersihkan permukaan lidah yang mana sebelumnya telah menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur. Untuk membersihkan lidah kalian dapat melakukannya dengan menggunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah yang dapat ditemukan di apotek. Dalam membersihkan lidah sikatlah bagian lidah dari dalam ke arah luar agar secara signifikan meminimalisir bau mulut.

6. Mengunyah permen karet saat berbuka puasa
Setelah selesai menyantap makanan berbuka puasa, kunyahlah permen karet yang bebas pemanis tambahan untuk membantu menambah produksi air liur yang mana air liur dapat membantu membilas bagian dalam mulut agar terbebas dari sisa makanan.

Nah, setelah menerapkan hal di atas dijamin bau mulut kalian akan berkurang dan tidak perlu malu untuk berkomunikasi dengan orang-orang toh mereka juga paham kalau sedang puasa yang penting mulutnya jangan bau banget hhe... Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 Comments

Comments
06 July, 2015 16:22 delete

membersihkan dengan benang gigi yang be;um sayah lakukan. ada benang hususnyakah

Reply
avatar
06 July, 2015 19:47 delete

ada khusus mang bisa dibeli di apotek secara bebas kok :)

Reply
avatar
06 July, 2015 23:48 delete

kalau mesti membersihkan dengan benang gigi ini cocok dilakukan oleh orang yg sangat telaten tuh mas.
kalau saya nggak sanggup :D

Reply
avatar
07 July, 2015 05:26 delete

Kalau mau bau mulut tetap segar ternyata harus telaten ya mas tidak cukup gosok gigi saja

Reply
avatar
07 July, 2015 09:02 delete

bukan benang jahit ya kang. saya kira yang di iklan itu pakai benang jahit. :D

Reply
avatar
07 July, 2015 09:02 delete

sikat aja ya kang yang gampang

Reply
avatar
07 July, 2015 11:09 delete

khusus benangnya mang kalau benang jahit mah bisa putus

Reply
avatar
07 July, 2015 11:29 delete

haha iya sih bersihkan sela-sela gigi jangan buru-buru

Reply
avatar
07 July, 2015 11:29 delete

iya karena sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan mulut dari bakteri secar optimal

Reply
avatar
09 July, 2015 14:59 delete

klo lidah putih ada obatnya ga ya?

Reply
avatar
10 September, 2015 15:48 delete

Memang sih saat kita berpuasa, biasanya mulut menjadi lebih bau dari biasanya, mungkin dengan cara mnyikat gigi an menggunkan obat kumur

Reply
avatar
11 September, 2015 15:15 delete

bisa dengan cara menjaga kebersihan mulut atau berkumur dengan air garam hangat

Reply
avatar
11 September, 2015 15:18 delete

ya mas kalau mulut bersih baunya jadi berkurang

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)