Fakta Unik Seputar Kentut Yang Menarik Untuk Dibahas

Fakta Unik Seputar Kentut
Fakta Unik Seputar Kentut Yang Menarik Untuk Dibahas - Kentut merupakan hasil dari sebuah proses kimia dalam pencernaan kita yang dikeluarkan berupa gas dan memiliki bau yang sangat tidak sedap sehingga membuat malu orang yang melakukan kentut dan kesannya tidak sopan. Jadi, kalau kentut disarankan untuk melihat kondisi sekitar jangan sampai ada orang lain karena baunya sangat mengganggu.
baca juga : Apakah Menahan Kentut Aman Untuk Kesehatan?
Nah, dibalik bau yang tidak sedap sehingga membuat malu bagi orang yang sedang kentut tersebut ternyata kentut juga merupakan sebuah indikasi bahwa sistem pencernaan tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu ternyata kentut memiliki beberapa fakta yang unik dan menarik untuk dibahas seperti yang dikutip dari buzzfeed.com

1. Makanan Yang Menyebabkan Kentut
Jenis makanan yang mengandung banyak sulfat atau gas merupakan jenis makanan yang dapat memicu kentut. Nah, contoh makanan tersebut adalah brokoli, kembang kol, almond, jengkol, daging atau produk olahan dari susu. Celakanya jenis makanan berikut selain memicu kentut tetapi juga membuat bau kentut makin parah.
baca juga : Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kembung

2. Kentut Menjadi Indikasi Kesehatan Seseorang 
Semua orang pasti pernah kentut tanpa pandang usia maupun jenis kelamin. Namun, ternyata orang sehat itu kentutnya lebih dari 10 kali karena membuang gas sedikitnya dua liter dalam sehari.

3. Laki-laki Atau Wanita
Jika kalian berdebat soal siapa yang lebih sering kentut laki-laki atau wanita maka jawabannya telah ditemukan. Terdapt sebuah study yang mana menghasilkan fakta bahwa laki-laki dan perempuan akan kentut dengan jumlah yang sama.

4. Waktu-waktu Kentut
Siapa sih yang bisa menebak kapan kita bakal kentut? Karena kentut bukan hal pasti atau rutin yang jam sekian sudah pasti kentut. Kentut bisa terjadi kapan saja namun yang umumnya seseorang akan sering kentut jika terdapat masalah pada lambung dan usus.

5. Darimana Kentut Berasal
Pada poin satu telah dijelaskan bahwa terdapat makanan yang dapat memicu kentut namun tidak dapat menjawab pertanyaan dariman asal kentut itu. Kentut berasal dari gas berlebih yang teradapat di dalam perut sehingga dikeluarkan dengan cara kentut.

6. Suara Kentut
Pernahkah kalian bertanya kok kentut bisa ada suaranya sih? Apa penyebabnya? Nah, ternyata suara kentut itu berasal dari getaran pada anus ketika kentut keluar. Namun, terkadang ada juga kentut yang tak bersuara namun cenderung lebih bau dari kentut yang bersuara. Hal ini disebabkan oleh campuran kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan serta sulfur.

Menarik bukan? ternyata kentut itu dibalik baunya yang bisa bikin malu juga terdapat fakta menarik bahkan menjadi indikasi kesehatan kita tubuh kita. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : buzzfeed.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 Comments

Comments
23 July, 2015 22:30 delete

Selayaknya kita masih bersyukur kalau kita masih bisa kentut, coba sehari aja kita tidak bisa kentut, pasti udah kelimpungan kan, sstt..... tp harus lihat-lihat juga ya kalau mau kentut, jangan sampai malu-maluin dan membuat orang lain mabok ha...ha....

Reply
avatar
24 July, 2015 00:45 delete

Buset ada juga yang nulis ampe akurat kayak gini ,,
tinggal di praktekin

Reply
avatar
24 July, 2015 01:37 delete

seka dengan kenyataan aneh kalau sehat itu kentutnya 10 kali...ini mungkin susah diterima akal tapi dalam penjelasan medis...

Reply
avatar
24 July, 2015 01:38 delete

harus berssyukur kalau bisa kentut, karena kalau tidak kentut itu malah jadi penyakit danperut kembung terus....gak enak mas...heeee

Reply
avatar
12 August, 2015 22:51 delete

bener tuh kalau gak bisa kentut perut yang sakit gak karuan

Reply
avatar
12 August, 2015 22:54 delete

haha jarang-jarang bahas kentut :D

Reply
avatar
12 August, 2015 22:55 delete

ah kalau mbah sehari berapa kali nih kentut haha

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)