Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini

Cara Memasak Nasi Yang Sehat
Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini - Nasi putih merupakan makanan pokok bangsa Indonesia yang mana artinya setiap hari orang Indonesia pasti makan nasi putih. Makanya tidak mengherankan jika timbul istilah "kalau tidak makan nasi belum kenyang".
baca juga : Habisin Nasinya Kalau Tidak Nasinya Nangis Loh
Nah, ternyata dalam memasak nasi tidak boleh sembarangan agar dapat memangkas kalori dalam nasi sehingga menjadi lebih sehat khususnya untuk nasi putih. Seperti yang dikutip dari sciencealert.com berikut ini cara memasak nasi yang benar agar lebih sehat :

Nasi yang dimasak dengan cara menanak dengan air lalu dibiarkan hingga matang akan memiliki karbohidrat sederhana yang lebih tinggi, yang mana mudah diserap tubuh tetapi mudah menjadi lemak tubuh jika tidak dibakar dengan aktivitas fisik misalnya seperti olahraga.

Mahasiswa Sri Lanka melakukan percobaan untuk menemukan bagaimana cara memasak nasi yang sehat. Nah, cara tersebut adalah rebus air hingga mendidih, lalu tambahkan minyak kelapa sekitar 3% dari berat beras yang mau dimasak. Kira-kira sekitar 1 sendok teh jika memasak setengah gelas takar beras. Setelah itu baru masukkan beras yang mau dimasak. Setelah matang, biarkanlah dingin dan simpan nasi dalam kulkas hingga sekitar 12 jam dan keluarkan. Kemudian, hangatkan sebentar di microwave sebelum siap untuk disajikan. Dengan cara ini kalori pada nasi akan berkurang hingga 50 persen.

Nah, itu dia cara memasak nasi yang sehat memang sih kelihatannya ribet banget ya kalau sudah lapar banget gimana nih masa harus nunggu 12 jam bisa-bisa mati kelaparan. Yah, begitulah sehat itu pilihan kalau tidak kalian bisa mensiasatinya dengan memasak nasi hari ini untuk dimakan esok hari atau masak pagi untuk dimakan sore dan malam hari. Masih terdengar ribet sih ya kalau gitu ada kok alternatif lain pengganti nasi putih yang lebih sehat, mau tahu? cek aja pada artikel berikut ini (Makanan Sehat Pengganti Beras Putih). Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : sciencealert.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 Comments

Comments
31 July, 2015 09:55 delete

Yang pasti klo cara masaknya benar nasinya gak gampang basi ya mas...

Reply
avatar
31 July, 2015 17:24 delete

Walaupun ribet tapi demi kesehatan patut untuk dicoba mas, makasih tipsnya kang denny.

Reply
avatar
02 August, 2015 04:49 delete

Tips memasak nasinya bagus nih buat yang suka hidup sehat. Memang ya kalau nyari dan membuat sesuatu yang sehat itu banyak aturan yang harus dilakukan. Makan nasi pakai sumpit itu keren dan menyenangkan juga loh, pernah nyoba cara ini kang??

Reply
avatar
06 August, 2015 22:02 delete

sepertinya menarik patut dicoba kalau saya malah senang nasi goreng yang high kalori he he

Reply
avatar
07 August, 2015 11:24 delete

harus ditambah minyak kelapa juga ya kang, sama kaya masak nasi liwet donk harus pakai minyak kelapa juga

Reply
avatar
12 August, 2015 01:34 delete

kalo bagi yang udah umur 40 an spt saya baiknya diberi beberapa lembar daun salam, selain menambah harum dan rasa gurih...juga menetralisir kandungan gulanya...palagi tuk penderita diabets...sedikit saja makan nasi...banyakin kentangnya. Nah bikin dong cara merebus kentang yang benar. saya pesan yg ngrebusnya nggak perlu nyampek 12 jam ya ...hehe,,,salam!

Reply
avatar
12 August, 2015 23:17 delete

makasih juga mas atas kunjungannya silahkan dicoba mas :)

Reply
avatar
12 August, 2015 23:21 delete

belum pernah mas pake sumpi aja kaku hha

Reply
avatar
12 August, 2015 23:22 delete

kalau ini buat masak nasi putih mba

Reply
avatar
12 August, 2015 23:25 delete

wah gitu ya saya gak tau nasi liwet mas

Reply
avatar
12 August, 2015 23:29 delete

wahaha masukannya yang bagus mas saya tampung dulu yah requestnya haha

Reply
avatar
13 August, 2015 14:39 delete

aga ribet sih, tapi kalo untuk menjaga kesehatan mending pake nasi merah aja

Reply
avatar
18 August, 2015 19:36 delete

tapi harga nasi merah lebih mahal mba hehe

Reply
avatar
30 August, 2015 12:02 delete

Wah tambah minyak kelapa segala yah. Kalau mau sehat emang harus begitu kayaknya.

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)