Inilah Alasan Kenapa Lada Atau Merica Dapat Menyebabkan Bersin - mabesdenny
Lada Atau Merica Menyebabkan Bersin
sumber foto : ©Shutterstock.com/wavebreakmedia
Inilah Alasan Kenapa Lada Atau Merica Dapat Menyebabkan Bersin - Lada atau merica merupakan bumbu dapur yang tidak susah untuk ditemui di pasaran. Lada atau merica merupakan salah satu bumbu dapur yang terkenal akan rasa pedas dan membuat bersin bagi siapa yang menghirupnya. Nah, kemudian yang jadi pertanyaan kenapa kita jadi bersin bila menghirup lada atau merica? Untuk menjawa pertanyaan tersebut berikut penjelasannya yang dikutip dari livescience.com, yang mana terdapat dua alasan mengapa lada atau merica dapat membuat kita bersin.

Pertama, proses pengolahan lada atau merica umumnya ditumbuk halus hingga berbentuk bubuk. Nah, karena bentuknya yang menjadi bubuk sehingga mudah terbawa udara dan terhirup oleh kita. Lada atau merica yang terhirup tadi akan merangsal sel-sel saraf dalam hidung kita dan memicu bersin.

Kedua, yaitu kandungan kimia yang terdapat pada lada atau merica yang mana di dalamnya terkandung zat kimia yang bernama piperin yang membuat lada atau merica memiliki rasa pedas yang khas. Bila lada atau merica terhirup maka kandungan piperin akan mengiritas ujung saraf di dalam selaput lendir sehingga menyebabkan kita bersin.

Nah, saya rasa cukup jelas yah penjelasan di atas mengapa lada atau merica bisa mebuat kita bersin-bersin. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livescience.com

Inilah Alasan Kenapa Lada Atau Merica Dapat Menyebabkan Bersin

Lada Atau Merica Menyebabkan Bersin
sumber foto : ©Shutterstock.com/wavebreakmedia
Inilah Alasan Kenapa Lada Atau Merica Dapat Menyebabkan Bersin - Lada atau merica merupakan bumbu dapur yang tidak susah untuk ditemui di pasaran. Lada atau merica merupakan salah satu bumbu dapur yang terkenal akan rasa pedas dan membuat bersin bagi siapa yang menghirupnya. Nah, kemudian yang jadi pertanyaan kenapa kita jadi bersin bila menghirup lada atau merica? Untuk menjawa pertanyaan tersebut berikut penjelasannya yang dikutip dari livescience.com, yang mana terdapat dua alasan mengapa lada atau merica dapat membuat kita bersin.

Pertama, proses pengolahan lada atau merica umumnya ditumbuk halus hingga berbentuk bubuk. Nah, karena bentuknya yang menjadi bubuk sehingga mudah terbawa udara dan terhirup oleh kita. Lada atau merica yang terhirup tadi akan merangsal sel-sel saraf dalam hidung kita dan memicu bersin.

Kedua, yaitu kandungan kimia yang terdapat pada lada atau merica yang mana di dalamnya terkandung zat kimia yang bernama piperin yang membuat lada atau merica memiliki rasa pedas yang khas. Bila lada atau merica terhirup maka kandungan piperin akan mengiritas ujung saraf di dalam selaput lendir sehingga menyebabkan kita bersin.

Nah, saya rasa cukup jelas yah penjelasan di atas mengapa lada atau merica bisa mebuat kita bersin-bersin. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livescience.com

20 comments:

  1. Replies
    1. iya mas biar gak diambil orang

      Delete
    2. kalau digondol kucing gimana dunk mencarinya....oh ya template kita sama sekarang....heeeee

      Delete
    3. @mbah dinan : hha iya mbah sama jadi fresh :D
      @wong crewchild : panggil pihak berwajib aja :D

      Delete
  2. Ternyata lada pun bisa bikin bersin-bersin yah, kalau saya alergi sama dingin, bila ditempat yang dingin lasung tuh ndak berhenti-berhenti bersinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba dirumah mas hirup lada hha

      Delete
  3. nah kan jadi bisa tahu kalau nanti ada yang bersin karena merica takbilang akibat kena zat kimia yang bernama piperin..hahay saya jadi pinter kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...muantab juga idenya...ikutan nanti ah....ini bersin karena piperin dan kalau mau tau baca di alamat link berikut
      http://www.mabesdenny.com/2015/07/alasan-lada-dapat-menyebabkan-bersin.html

      biasanya linknya akan muncul di bawa pembicara kayak tampilan di TV kan kang.....muantab gak saya kang? heeee

      Delete
    2. @mang lembu : jadi terkesan intelek gitu yah mang haha
      @mbah dinan : wah keren tuh haha imajinasi tingkat tinggi :D

      Delete
  4. kalau kita menumbuk bumbu dan saat digoreng dicampur lada, maka baunya akan menyengat dan bisa membuat bersin juga mas...mungkin karena baunya yang tajam dan ada aroma menyengat masuk hidung makanya jadi bersin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada zat piperinnya mbah yang bikin bersin

      Delete
  5. Untung saya biasa makan langsung jadi, sehingga suka tidak bersentuhan langsung dengan lada dan merica, alias saya gak bisa masak, telor mata sapi yang biasa saya pasak sendiri tidak perlulah menggunakan lada dan merica cukup dengan garam atau kecap... hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
  6. ini nih, yang sering bikin ulah kalo di dapur..

    ReplyDelete
  7. bener tuh lada suka menyebabkan bersin ternyata itu ya alasannya .. terimakasih info nya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba makasih juga kunjungannya :)

      Delete
  8. Wah, itu toh alasannya ya mas? Pantasan kalau lada atau merica dapat menimbulkan bersion...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah jadi sekarang kalau ada yang nanya gak bingung jawabnya kan

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)