Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh Dan Psikologis

Manfaat Sinar Matahari
Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh Dan Psikologis - Bersyukurlah bagi kita yang tinggal di iklim tropis yang mana dengan mudah mendapatkan sinar matahari. Kenapa mesti bersyukur? Bukannya sinar matahari mengandung radiasi yang dapat membahayakan kesehatan kulit dan juga mata. Hal tersebut memang tidaklah salah tapi dibalik itu sinar matahari memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh maupun psikologis. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh dan psikologis :

1. Sinar matahari memicu produksi serotonin
Saat tubuh kurang mendapatkan sinat matahari, emosi cenderung menjadi lebih rendah dan rentan mengalami bad mood. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan serotonin, yakni senyawa kimia pada saraf yang mengatur nafsu makan, tidur, ingatan dan emosi.

2. Sinar matahari dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat operasi dan stres 
Dalam masa penyembuhan pasca operasi pasien dan harus mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri dan perlu mendapatkan paparan sinar matahari. Tujuannya, agar pasien tersebut memiliki emosi yang stabil dan sehat karena tidak stres. Kondisi psikologis yang sehat dapat mempercepat penyembuhan.
baca juga : 7 Cara Mengatasi Stress
3. Sinar matahari alami dapat memperbaiki kualitas tidur
Sinar matahari pagi secara alami mematikan dan menghentikan produksi melatonin, yaitu hormon yang diproduksi di malam hari untuk menimbulkan rasa kantuk. Keluarlah selama 15 menit di bawah cahaya matahari pada jam yang sama setiap pagi agar tubuh dapat membiasakan bahwa hari telah berganti dari malam menjadi pagi.
baca juga : Tips Mengusir Kantuk Di Siang Hari
4. Dapat menurunkan risiko kanker
Vitamin D merupakan vitamin yang bisa kita dapatkan secara gratis melalui sinar matahari. Sinar matahari dapat menjadi bahan pelindung alami melawan kanker usus, ginjal dan payudara. Sinar matahari juga akan meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko kematian di usia muda. Selain itu, penyakit-penyakit seperti penyakit saraf, jantung dan penyakit sistem imun erat kaitannya dengan kekurangan vitamin D. Jadi, dengan mendapatkan paparan sinar matahari pada tubuh, maka risiko terkena penyakit-penyakit tersebut akan berkurang.
baca juga : Ingin Tulang Sehat Dan Kuat Konsumsi Makanan Dan Minuman Ini
Nah, Meski sinar matahari memiliki manfat yang bak bagi kesehatan dan psikologis tetapi tetap memiliki dampak negatif sebagaiman telah dipaparkan di atas. Oleh karena itu untuk menghindari dampak negatif tersebut batasi paparan sinar matahari pada tubuh. Kebutuhan tubuh seseorang akan sinar matahari berbeda-beda tergantung pada jenis pigmen kulit, waktu terkena sinar matahari dan bagian kulit yang terkena sinar matahari.

Disarankan Bagi yang memiliki kulit yang cenderung putih, cukup dengan mendapatkan sinar matahari tidak lebih dari 10 menit saat matahari sedang panas tanpa krim anti matahari. Lewat dari 10 menit, risiko menderita kanker kulit akan semakin meningkat. Kemudian, bagi pemilik kulit lebih gelap dan tidak mudah terbakar, 15 menit merupakan paparan sinar matahari yang cukup tanpa pemakaian krim anti matahari. Terakhir, bagi pemilik kulit hitam, dibutuhkan sekitar 60 menit paparan sinar matahari dalam sehari untuk memperoleh manfaat vitamin D dari matahari. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 Comments

Comments
09 June, 2015 14:30 delete

akhirnya saya dapet pertamax diblog keren ini

Reply
avatar
09 June, 2015 14:31 delete

ternyata sinar matahari banyak banget manfaatnya yamas.
bisa memperbaiki kualitas tidur juga nih

Reply
avatar
09 June, 2015 14:55 delete

Kalau setiap pagi mumpung musim panas enak jalan kaki dan berjemur, kalau pas libiran cari taman atau pantai deh..... karena berjemur matahari itu banyak juga manfaatnya ya mas...

Reply
avatar
09 June, 2015 19:00 delete

wah susah ya mas dapat pertamax di sini kalau gratis memang susah sih haha
btw, berlebihan ah mas pujiannya masih belum keren ni blog tapi sedang menuju ke sana hehe

Reply
avatar
09 June, 2015 19:02 delete

luangkan waktu buat berjemur ya mas bia kayak bule-bule gitu hehe

Reply
avatar
09 June, 2015 19:04 delete

iya mas asal inget waktu hehe ntar gosong :D

Reply
avatar
10 June, 2015 06:15 delete

Sinar matahari pagi memang banyak manfaatnya, mengandung vitamin e kalau ga salah deh.

Reply
avatar
10 June, 2015 10:10 delete

Matahari di pagi hari memang bagus untuk tubuh kita namun matahari di siang hari malah berdampak buruk bagi tubuh :)

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)