Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kebiasaan Merusak Mata
Hindari Kebiasaan Berikut Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata - Mata merupakan salah satu indra pada tubuh kita yang berfungsi untuk melihat. Karena fungsinya yang sangat penting maka kesehatan mata haruslah dijaga. Namun, tidak banyak orang yang memperhatikan kesehatan matanya termasuk saya sendiri sehingga sekarang bergantung pada kacamata deh. Tanpa kita sadari kebiasan yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat merusak mata. Seperti yang dilansir oleh meetdoctor.com berikut ini kebiasan sehari-hari yang tanpa disaadari ternyata dapat merusak mata :

1. Membaca tulisan di handphone 
Pasti sudah tidak terhitung berapa kali kita membaca tulisan di handphone kita dalam satu hari dengan durasi yang bermacam pula. Terlalu lama membaca tulisan di handphone dapat mengakibatkan pandangan kabur dan mata kering. Oleh karena itu, setiap 20 menit sekali istirahatkan mata kalian dari menatap layar handphone selain itu aturlah ukuran huruf tulisan pada handphone menjadi cukup besar sehingga tidak membuat mata bersusah payah untuk membaca tulisan.

2. Menonton televisi di malam hari 
Melihat cahaya yang terlalu terang dalam kegelapan dapat berakibat buruk bagi mata. Level cahaya yang berubah dengan cepat membuatmata harus beradaptasi sehingga menyebabkan sakit mata, sakit kepala, mata kering dan merah. Kebiasaan ini juga dapat merusak jam tidur karena tidur yang baik harus dalam kondisi ruangan yang gelap dan minim cahaya. Jadi, Gunakanlah penerangan secukupnya untuk aktivitas yang berhubungan dengan mata di malam hari.

3. Tidur dengan masih memakai lensa kontak 
Lensa kontak selain membantu penderita rabun mata juga dapat membuat mata terlihat cantik dengan warna-warna lensa kontak yang beragam. Namun, lensa kontak menjadi sangat berbahaya jika memakainya ketika sedang tidur karena selain menimbulkan risiko iritasi mata hingga infeksi, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Selain, tidak boleh memakai lensa kontak ketika tidur kebersihan dari lensa kontak tersebut juga harus dijaga dengan membersihkannya menggunakan cairan khusus agar tidak ada kotoran yang menempel.

4. Mengucek mata 
Mengucek mata seringkali kita lakukan tapa sadar namun kebiasaan ini bahaya untuk mata. Dengan mengucek mata maka dapat memecahkan pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata. Jadi, ketika terjadi iritasi, kompres mata dengan air dingin atau bisa dengan obat tetes mata yang dapat ditemukan di dengan mudah di pasaran.

5. Terlalu banyak menggunakan obat tetes mata 
Ternyata terlalu sering menggunakan obat tetes mata juga berbahaya karena justru dapat mengiritasi mata. Karena obat tetes mata yang banya dijual di pasaran hanya efektif untuk meredakan mata merah. Nah, jika timbul efek samping dalam bentuk apapun setelah menggunakan obat tetes mata maka segera hentikan penggunaannya sebelum terlanjur.

6. Kebiasaan makan makanan yang tidak seimbang 
Kesehatan tubuh kita juga bergantung dari apa yang kita konsumsi sehari begitu pun dengan mata. Ternyata perkara mata bukan hanya soal kekurangan vitamin A tetapi juga karena kurangnya vitamin C dan E, Zinc dan Omega-3. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi buah, minyak sayur, kacang-kacangan, gandum, sayuran berdaun dan ikan. Tidak ketinggalan bahwa pastikan juga kalian mengonsumsi air yang cukup agar produksi air mata tetap konstan dan mata tetap lembap.
baca juga : Tips Menghindari Dehidrasi

7. Pemakaian make up yang kurang benar 
Terkadang ketika sedang menggunakan make up di wajah terutam pada area sekitar mata seperti maskara, eyeliner, eyeshadow, dan krim mata memiliki risiko merusak mata. Oleh karena itu, jauhkan penggunaan make up dari garis bulu mata agar kelenjar minyak pada kelopak tidak tersumbat dan mengalami infeksi. Sebagai tambahan gantilah make up mata setiap tiga bulan sekali untuk menghindari bakteri yang mengendap pada make up.
baca juga : Manfaat Penggunaan Make-up yang Minimalis

8. Kurang tidur 
Kurang tidur memanglah tidak baik untuk kesahatan begitu juga untuk mata. Kurang tidur dapat menyebabkan mata berkedut, mata kering, pandangan kabur dan rasa sakit. Jadi, pastikan tidur kalian cukup atau minimal selama tujuh jam semalam dan usahakan tidur dalam suasana ruangan gelap dan sunyi agar tidur berkualitas.
baca juga : Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Beberapa Tips Mengatasinya

9. Terlalu sering menyipitkan mata 
Kebiasaan ini umumnya terjadi bila tidak menggunakan kacamata bagi penderita rabun dan ketika melihat cahaya yang terlalu terang dan tidak menggunakan kacamata hitam. Kebiasaan ini dapat menimbulkan tekanan pada mata dan rasa sakit. Jadi, pakailah kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV yang merusak dan untuk penderita rabun gunakanlah kacamata kalian agar kerusakan mata tidak semakin parah.

Selain, mehindari kebiasaan di atas periksakan juga mata kalian kepada doter secara rutin supaya ada kelainan pada mata dapat diketahui dan dicegah sejak dini. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Comments
20 June, 2015 16:13 delete

kalau saya penyakitnya kurang tidur...dan setelah main kompi, pandangan akan menjadi ganda atau berbayang gan....namun itu kelau lelah saja....makanya harus tidur yang cukup kayaknya ya gan? ok makasih ats tipsnya. salam sahabat blogger.

Reply
avatar
22 June, 2015 22:44 delete

kasian mata mbah hha apalagi kalau ain kompinya di ruangan gelap terus cahay layar kompinya terang banget bakal kasian tuh mata

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)