Janganlah Tidur Tengkurap Karena Dapat Menyebabkan Kematian - mabesdenny
sumber foto : bahayapedia.com
Janganlah Tidur Tengkurap Karena Dapat Menyebabkan Kematian - Tanpa kita sadari saat baring terkadang kita mencari posisi yang pas tidak jarang kita nyaman dengan posisi tengkurap apalagi sambil ngeblog karena tidak ada meja. Namun tahukah kalian bahwa tidur tengkurap itu tidak baik bagi kesehatan bahkan akibat paling buruk bisa mengakibatkan kematian. 

Secara teknis ketika dalam posisi tidur tengkurap maka kepala kita akan menghadap ke bawah. Pastinya, pernafasan akan terganggu karena hidung tertutup bantal. Kemudian, bagian dada dan perut juga tertekan saat tengkurap. Sehingga mempersulit dada untuk berkonstraksi saat bernafas dan juga membuat jantung terhimpit. Karena, aliran darah dan oksigen terganggu tak maksimal. Asupan oksigen dalam tubuh tersendat dan kinerja otak pun terganggu.

Posisi tidur tengkurap seringkali dikaitkan dengan sudden infant death syndrome (SIDS), sebuah kematian bayi secara mendadak berdasarkan sebuah data penelitian di Inggris yang diungkap pada tahun 1990 lalu. Selama penelitian itu terdapat 72 bayi meninggal. Lima di antaranya meninggal karena penyakit tertent sedangkan 67 lainnya meninggal secara mendadak. Dari 67 kasus bayi yang meninggal secara mendadak tersebut, 62 di antaranya tidur pada posisi tengkurap. Dalam laporan itu disebutkan bahwa posisi tidur tengkurap, pakaian terlalu ketat, dan peningkatan suhu memicu meningkatnya risiko kematian.
baca juga : Inilah Cara Ampuh Memperbaiki Postur Tubuh Dalam 15 Menit
Akibat ringan dari tidur dengan posisi tengkurap adalah menyebabkan badan pegal-pegal. Saat tengkurap, kepala menghadap ke bawah atau bantal. Saat itulah rahang menjadi tumpuan untuk menopang kepala. Tulang di tengkuk menekan ke bawah. Hasilnya, saat bangun tidur leher terasa nyeri. Sehingga, untuk mencari posisi yang lebih nyaman banyak orang yang tidur tengkurap dengan memiringkan kepala entah itu ke kiri atau ke kanan. Namun cara tersebut bukanlah sebuah solusi bahkan dengan memiringkan kepala, otot leher bisa tertarik. Akibatnya pun sama saja leher kalian bakalan pegal-pegal bahkan bisa menyebabkan kram dan sakit kepala. Selain menyebabkan leher pegal-pegal tidur dengan posisi tengkurap membuat tulang punggung melengkung dan menekan ke bawah sehingga dapat menyebabkan nyeri pada punggung.

Ternyata Agama Islam pun melarang tidur dengan posisi tengkurap, hal ini berdasarkan Hadits berikut ini:
"Dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzarr, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah no. 3724. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih)"

Jadi, tidak hanya dari sisi medis namun agama pun melarang posisi tidur tengkurap karena memang tidak baik bagi diri kita sendiri. Sejatinya tidur adalah sebuah kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh sehingga ketika bangun tubuh menjadi segar bukannya sakit pegal-pegal, oleh karena itu segera hilangkan kebiasaan kalian yang tidur dengan posisi tengkurap. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

Janganlah Tidur Tengkurap Karena Dapat Menyebabkan Kematian

sumber foto : bahayapedia.com
Janganlah Tidur Tengkurap Karena Dapat Menyebabkan Kematian - Tanpa kita sadari saat baring terkadang kita mencari posisi yang pas tidak jarang kita nyaman dengan posisi tengkurap apalagi sambil ngeblog karena tidak ada meja. Namun tahukah kalian bahwa tidur tengkurap itu tidak baik bagi kesehatan bahkan akibat paling buruk bisa mengakibatkan kematian. 

Secara teknis ketika dalam posisi tidur tengkurap maka kepala kita akan menghadap ke bawah. Pastinya, pernafasan akan terganggu karena hidung tertutup bantal. Kemudian, bagian dada dan perut juga tertekan saat tengkurap. Sehingga mempersulit dada untuk berkonstraksi saat bernafas dan juga membuat jantung terhimpit. Karena, aliran darah dan oksigen terganggu tak maksimal. Asupan oksigen dalam tubuh tersendat dan kinerja otak pun terganggu.

Posisi tidur tengkurap seringkali dikaitkan dengan sudden infant death syndrome (SIDS), sebuah kematian bayi secara mendadak berdasarkan sebuah data penelitian di Inggris yang diungkap pada tahun 1990 lalu. Selama penelitian itu terdapat 72 bayi meninggal. Lima di antaranya meninggal karena penyakit tertent sedangkan 67 lainnya meninggal secara mendadak. Dari 67 kasus bayi yang meninggal secara mendadak tersebut, 62 di antaranya tidur pada posisi tengkurap. Dalam laporan itu disebutkan bahwa posisi tidur tengkurap, pakaian terlalu ketat, dan peningkatan suhu memicu meningkatnya risiko kematian.
baca juga : Inilah Cara Ampuh Memperbaiki Postur Tubuh Dalam 15 Menit
Akibat ringan dari tidur dengan posisi tengkurap adalah menyebabkan badan pegal-pegal. Saat tengkurap, kepala menghadap ke bawah atau bantal. Saat itulah rahang menjadi tumpuan untuk menopang kepala. Tulang di tengkuk menekan ke bawah. Hasilnya, saat bangun tidur leher terasa nyeri. Sehingga, untuk mencari posisi yang lebih nyaman banyak orang yang tidur tengkurap dengan memiringkan kepala entah itu ke kiri atau ke kanan. Namun cara tersebut bukanlah sebuah solusi bahkan dengan memiringkan kepala, otot leher bisa tertarik. Akibatnya pun sama saja leher kalian bakalan pegal-pegal bahkan bisa menyebabkan kram dan sakit kepala. Selain menyebabkan leher pegal-pegal tidur dengan posisi tengkurap membuat tulang punggung melengkung dan menekan ke bawah sehingga dapat menyebabkan nyeri pada punggung.

Ternyata Agama Islam pun melarang tidur dengan posisi tengkurap, hal ini berdasarkan Hadits berikut ini:
"Dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzarr, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah no. 3724. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih)"

Jadi, tidak hanya dari sisi medis namun agama pun melarang posisi tidur tengkurap karena memang tidak baik bagi diri kita sendiri. Sejatinya tidur adalah sebuah kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh sehingga ketika bangun tubuh menjadi segar bukannya sakit pegal-pegal, oleh karena itu segera hilangkan kebiasaan kalian yang tidur dengan posisi tengkurap. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

22 comments:

  1. ternyata sabda nabi pun ada nilai ilmiahnya yang berhubungan dengan kesehatan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas Islam tidak mungkin melarang jika hal tersebut tidak merugikan manusia

      Delete
  2. wah saya lumayan sering gan, apalagi pas kedinginan, bahaya ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mas tetapi udah gak lagi setelah mengetahui hal ini

      Delete
  3. tidur terbaik adalah tidur mirin ke kanan sesuai sunnah Rasulullah

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. iya mas jadi hentikan ya tidur tengkurap

      Delete
  5. Perlu digalakkan tidur tengkurap itu tidak bagus menurut agama dan kedokteran biar semua tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas haha tapi jangan galak" yah haha

      Delete
  6. Harus dihindari kebiasaan tidur tengkurap nih

    ReplyDelete
  7. Ternyata tidur tengkurap kayak penghuni neraka, aku malah baru tau. Nggak pernah tidur tengkurap si. Soalnya engap.

    ReplyDelete
  8. masukan yang bagus mas maaf dihapus tadinya mau di edit komen saya, yang paling enak tidur miring ke kanan supaya jantungnya tidak kegencet he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sesuai hadits juga tidur miring ke kanan

      Delete
  9. Untung aja ane kagak pernah tidur tengkurap gan, ane baru tahu ternyata sangat berbahya yak

    ReplyDelete
  10. saya harus lebih keras lagi berusaha supaya tidak temkurep. apalagi ada larangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ketahuan sering tengkurep nih :D

      Delete
  11. Saya juga sering tengkurap, tapi sudah mulai saya hilangkan kebiasaan tidur terngkurap saya juga pernah liat acara di TV tentang posisi tidur yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas edi pertahankan ya jangan tengkurap lagi hehe

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)