Hal Yang Menyebabkan Gusi Berdarah Beserta Cara Sederhana Untuk Mengatasinya

Gusi Berdarah
sumber foto : senyumceria.com
Hal Yang Menyebabkan Gusi Berdarah Serta Cara Sederhana Untuk Mengatasinya - Umumnya yang menyebabkan gusi berdarah adalah seperti menyikat gigi terlalu kuat atau memakai gigi palsu yang tidak sesuai ukurannya. Tetapi selain itu masih banyak faktor yang menyebabkan gusi berdarah. Jika, gusi berdarah karena sikat gigi yang terlalu kuat dan sangat jarang sekali terjadi itu masih biasa saja atau normal tetapi jika gusi terus-terusan berdarah kalian perlu waspada karena bisa saja hal tersebut merupakan tanda kalian terkena periodontitis (salah satu gejala leukemia) dan radang gusi atau gingivitis, sehingga kalian patut untuk memeriksanya ke dokter gigi.
baca juga : Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi
Selain hal di atas pendarahan gusi juga bisa terjadi dikarenakan kekurangan vitamin C dan K. Kalu sudah begitu segera cek menu harian kalian apakah sudah mengundung vitamin C dan K atau belum. Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan sitrus dan sari buah vitamin C seperti brokoli, stroberi, tomat, dan kentang. Sedangkan, vitamin K dapat diperoleh dari seledri air, bayam, selada, kacang kedelai dan minyak zaitun.
baca juga : Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi
Bila gusi terlanjur berdarah, kalian dapat melakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya yang saya kutip dari meetdoctor.com, sebagai berikut :
  1. Rawatlah kesehatan gigi dan gusi sehari-hari dengan rajin menyikat gigi dan membersihkan plak di sela-sela gigi dengan benang gigi.
  2. Menggunakan obat kumur untuk meminimalisir pembentukan plak dalam mulut. Selain itu, menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam juga dapat meredakan pembengkakan pada gusi yang mudah berdarah.
  3. Periksa peralatan yang kalian gunakan untuk merawat gigi dan gusi, seperti sikat gigi diusahakan menggunakan bulu sikat yang lembut, karena bulu sikat yang keras dapat dengan mudah melukai gusi.
  4. Selain menjaga kebersihan gigi dan gusi, janganlah untuk pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan gusi.
Jika, cara-cara di atas telah kalian lakukan tetapi gusi tetap berdarah, maka segeralah pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan khusus. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

34 Comments

Comments
04 May, 2015 18:02 delete

Mau koreksi nomer 3 mas, hehehe sebaiknya di cek dan diperbaiki lagi kata katanya :)

Reply
avatar
04 May, 2015 18:06 delete

ternyata gusi berdarah juga merupakan tanda-tanda penyakit ya mas, gusi saya juga kadang bisa berdarah saat menggosok gigi. apakh itu juga berbahaya mas.

Reply
avatar
04 May, 2015 19:29 delete

Saya juga sering pakai cara di atas dan sedikit membantu....

Reply
avatar
04 May, 2015 22:24 delete

Dengan mengkonsumsi vitamin C seperti buah-buahan dapat membantu masalah gusi berdarah ya mas?

Reply
avatar
05 May, 2015 05:42 delete

teryata bisa juga merupakan tanda2 penyakit berbahaya ya...

Reply
avatar
05 May, 2015 07:48 delete

Sudah diperbaiki mas
Terima kasih mas atas koreksinya :)

Reply
avatar
05 May, 2015 07:49 delete

belum tentu mas kalau berdarahnya terus-terusan itu patut dicurigai

Reply
avatar
05 May, 2015 07:49 delete

sip mas gusi yang sehat juga gak bikin mulut bau

Reply
avatar
05 May, 2015 07:54 delete

iya mas karena vitamin C dapat membuat kolagen yang akan memperbaiki jaringan ikat dan menyembuhkan luka

Reply
avatar
05 May, 2015 07:55 delete

iya mba, jadi kalau berdarah terus-terusan segera ke dokter gigi

Reply
avatar
05 May, 2015 10:35 delete

Sikat gigi yang kurang lembut memang sering menyebabkan gusi berdarah makanya harus rajin ganti sikat yang baru

Reply
avatar
05 May, 2015 12:36 delete

saya juga sering nih ngalamin gusi berdarah ternyata itu toh penyebabnya mas

Reply
avatar
05 May, 2015 14:22 delete

bener tuh mas saat saat membeli juga yang diperhatikan bulu sikatnya usahakan pilih yang halus

Reply
avatar
05 May, 2015 14:23 delete

berdarahnya terus-terusan gak mas?

Reply
avatar
06 May, 2015 07:23 delete

nah itu, kadang kalo menyikat gigi suka berdarahh
cuma nggak sering sih, mungkin karena terlalu kuat
bagian dari menjaga kesehtan mulut ya mas..

Reply
avatar
06 May, 2015 12:54 delete

aku juga kadang2 kalo habis makan sering gusi berdarah,, mungkin karena ada gigiku yg berlubang kali yak,

Reply
avatar
06 May, 2015 18:08 delete

wahhh keren inih penjelasannya kang sangat bermanfaat salam kenal yah dari
SCC

Reply
avatar
06 May, 2015 18:21 delete

semoga kita terhindar dari penyakit diatas yamas

Reply
avatar
07 May, 2015 12:28 delete

nyeri gusi atau gusi bengkak juga bisa disebabkan karena panas dalam

Reply
avatar
07 May, 2015 14:26 delete

saya kayaknya pernah mengalami ini, padahal rajin sikat gigi gan

Reply
avatar
07 May, 2015 16:50 delete

yang menakutkan kalau itu kalau menjadi tanda leukimia wih kanker darah

Reply
avatar
08 May, 2015 20:52 delete

Kalau aku cuma sikat gigi aja, masih kurang

Reply
avatar
09 May, 2015 07:27 delete

dulu saya pernah mengalami, tp skrg udah gak pernah :)

Reply
avatar
09 May, 2015 20:34 delete

bisa jadi tuh mas jangan pakai tenaga dalam menyikatnya heh

Reply
avatar
09 May, 2015 20:35 delete

jenis makanannya yang bagaimana nih mas ?

Reply
avatar
09 May, 2015 20:36 delete

sama-sama mas :)
makasih atas kunjungannya

Reply
avatar
09 May, 2015 20:44 delete

benar sekali mbak makasih tambahannya :)

Reply
avatar
09 May, 2015 20:55 delete

wah segera periksakan ke dokter mas

Reply
avatar
10 May, 2015 19:32 delete

untuk lebih baiknya setelah sikat gigi gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela kemudian berkumur dengan mouthwash

Reply
avatar
11 May, 2015 17:21 delete

Berarti cara mengatasinya juga bisa makan buah-buahan seperti jeruk ya mas. kan jeruk mengandung vitamin c :)

Reply
avatar
12 May, 2015 13:58 delete

benar mas buah-buahan sitrus mengandung vitamin C

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)