Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi

Gigi Anak Sehat
sumber foto : citacitabunda.com
Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi - Gigi merupakan senjata utama kita dalam menghancurkan makanan di dalam mulut sebelum masuk ke pencernaan, dengan menghancurkan makanan di dalam mulut proses pencernaan pun akan menjadi lebih ringan sehingga organ pencernaan kita tidak bekerja keras.

Selain sebagai senjata untuk menghancurkan makanan gigi juga bisa meningkatkan percaya diri kita, karena gigi yang putih dan bagus akan membuat kita tak malu untuk senyum yang indah di depan orang lain atau di depan kamera. Namun, sayangnya banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Merokok dan minum alkohol merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan tubuh maupun gigi. Tetapi tidak hanya itu saja masih ada kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari ternyata merusak gigi. Dikutip dari healthmeup.com berikut ini kebiasaan yang dapat merusak gigi :

1. Makan makanan manis
Selain dapat membuat badan menjadi gemuk, makanan manis juga dapat merusak gigi karena itu tidak mengherankan anak-anak yang menyukai permen memiliki gigi yang rusak. Makanan atau minuman manis menigkatkan pembentukan asam dan pertumbuhan bakteri sehingga meningkatkan risiko gigi berluang dan terbentuknya plak gigi.
baca juga : Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu
2. Mengunyah es batu
Jika diantara dari kalian suka mengunyah es, maka hentikanlah sekarang juga. Karena hal ini sungguh tidak baik untuk gigi dengan mengunyah es batu dapat menyebabkan email gigi retak bahkan patah. Selain itu mengunyah es batu juga dapat meningkatkan sensitivitas pada gigi.

3. Memilih sikat gigi yang kaku dan kasar
Banyak orang masih tidak terlalu memperhatika sikat gigi yang mereka pakai mulai dari grip genggamannya hingga tingkat kelembutan bulu sikat gigi. Untuk tetap menjaga kesehatan gigi gantilah sikat gigi kalian yang memiliki bulu sikat yang terlalu kaku dan kasar karena bisa mengkis permukaan gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi. Selain itu bulu sikat yang terlalu kaku dan kasar juga dapat melukai gigi sehingga terjadi pendarahan gusi.

4. Minum kopi
Kopi merupakan minuman favorit banyak orang, namun tahukah kalian bahwa kopi dapat menyebabkan gigi kuning. Hal ini tentu membuat kita tidak percaya diri dan orang-orang akan beranggapan kita orang yang jorok malas menyikat gigi. Kafein juga bisa mengurangi produksi air liur, padahal air liur membantu membersihkan rongga mulut. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kopi kalian agar gigi tetap putih bersih.
baca juga : Tips Membatasi Konsumsi Kafein

Pasti banyak dari kita melakukan kebiasaan di atas bukan? Nah, setelah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut buruk untuk gigi maka dari itu kurangilah syukur-syukur bisa berhenti jauh lebih baik. Selain menghindari kebiasaan di atas tetaplah rajin menggosok gigi cukup 3 kali sehari yaitu, di pagi hari, sore hari dan malam hari sebelum tidur tak lupa juga untuk setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi kita. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : healthmeup.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

21 Comments

Comments
02 May, 2015 11:25 delete

ternyata minum kopi juga dapat merusak gigi ya, pelajaran penting nih buat saya :D

Reply
avatar
02 May, 2015 11:27 delete

dikurangi deh mba konsumsinya hehe

Reply
avatar
02 May, 2015 11:31 delete

Wah gimana nih sukanya yang manis-manis dan ngopi lagi mudah-mudahan nggak rusak nih gigi

Reply
avatar
02 May, 2015 13:03 delete

dari ketiga kebiasaan di atas, yg belum pernah aku lakuin yg mengunyah es batu, soalnya gigiku tipe2 gigi sensitif :)

Reply
avatar
02 May, 2015 13:19 delete

DUH TERLANJUR SUKA SAMA KOPI NIH MAS, KOPI BISA MERUSAK GIGI YA

Reply
avatar
02 May, 2015 13:19 delete

SAMA MAS, KALU MINUM ES MAH SAYA SERING, HEHEHEHE

Reply
avatar
02 May, 2015 13:20 delete

INFO YANG SANGAT BERMANFAAT MAS

Reply
avatar
02 May, 2015 13:56 delete

Waduh saya suka banget lg sama makanan yg manis-manis

Reply
avatar
02 May, 2015 14:02 delete

kalau saya sih suka makanan manis2 sih, tapi masih lumayan kok gigi saya hehe..

Reply
avatar
02 May, 2015 19:56 delete

baru tahu kalau gigi punya email...email gigi hehehe. Oya, sampai sekarang kalau makan es ndak digigit kok rasanya kurang mantab gitu...

Reply
avatar
03 May, 2015 08:46 delete

Asalkan rajin menggosok dan merawat gigi dengan benar kayknya gigi akan tetap sehat mas, :)
Oia, tentunya menghindari 4 kebiasaan tersebut juga ada baiknya hehe

Reply
avatar
03 May, 2015 21:11 delete

kalau bisa dikurangi mas dwi :)

Reply
avatar
03 May, 2015 21:12 delete

biasanya anak-anak kecil nih yang doyan ngunyah es batu

Reply
avatar
03 May, 2015 21:12 delete

iya mas awalnya bikin gigi kuning lama-kelaman merambah dan merusak gigi

Reply
avatar
03 May, 2015 21:13 delete

dikurangi ya mas makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan

Reply
avatar
03 May, 2015 21:13 delete

sebelum jadi parah lebih baik konsumsinya dibatasi mba :)

Reply
avatar
03 May, 2015 21:14 delete

email disini bukan surat elektronik loh mas yah haha :D
wah bahaya loh itu untuk kesehatan gigi mas apa gak nyilu kah mas es digigit

Reply
avatar
03 May, 2015 21:15 delete

iya mas menghindari kebiasaan tersebut dan tetap merawat kesehetan dan kebersihan gigi

Reply
avatar
04 May, 2015 21:08 delete

Informatif mba memang senyum itu tergantung gigi mas, kalau kurang bersih tersenyum pun enggan he he :)

Reply
avatar
05 May, 2015 07:47 delete

senyumnya jadi jelek mba haha

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)