Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kalian Ketahui - mabesdenny
Singkong
sumber foto : nasional.republika.co.id
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kalian Ketahui - Di Indonesia singkong sangat mudah ditemui dan dijual dengan harga yang murah, singkong juga sering kali disebut makanan orang miskin atau orang kampung. Padahal singkong memiliki rasa yang enak dan juga mengenyangkan bahkan lebih sehat daripada makanan orang-orang kota yang cenderung memilih fast food yang sudah pasti tidak sehat. Dikutip dari meetdoctor.com, berikut ini manfaat dari singkong untuk kesehatan yang akan membuat kalian yang menganggap singkong sebagai makanan orang miskin atau makanan orang kampung menjadi berpikir ulang untuk menyebut singkong seperti itu :

1.Kaya mineral
Singkong sangat kaya akan mineral, singkong mengandung bermacam mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan potasium. Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai fungsi dalam jaringan tubuh. Kalsium penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi, sedangkan zat besi diperlukan untuk pembentukan dua jenis protein, yaitu hemoglobin dan myoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kandungan mangan pada singkong akan membantu menguraikan karbohidrat serta protein. 

2.Kaya serat
Apakah kalian sedang sembelit? Singkong bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian konsumsi karena memiliki kadar serat yang tinggi. Selain itu mengkonsumsi cukup serat dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, mengurangi risiko penimbunan kolesterol, dan menghindarkan penyakit jantung. Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah, karena serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.
3.Kaya karbohidrat
Singkong kaya akan karbohidrat, sehingga mampu menggantikan nasi yang selama ini menjadi sumber utama karbohidrat orang Indonesia. Dalam setiap 100 gram singkong, terdapat 38 gram karbohidrat yang cukup untuk menjadi sumber energi bagi kalian untuk aktivitas fisik yang tinggi.
4.Bebas gluten
Singkong tidak menganfung gluten, yaitu senyawa protein alergenik. Sehingga, bagi para penderita penyakit celiac dan alergi gluten dapat mengonsumsi singkong, ataupun makanan yang berbahan dasar singkong dan tapioka.

5.Kaya saponin
Singkong memiliki kandungan saponin yang tinggi; saponin adalah senyawa fitokimia yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Saponin mengikat cairan empedu dan kolesterol sehingga mencegah penyerapan kolesterol melalui usus kecil. Selain itu, saponin juga dapat melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, sebuah riset yang dilakukan di Universitas Tianjin pada tahun 2010, telah membuktikan bahwa saponin dapat mengurangi risiko terjadinya kanker.
Nah, masih mau ngata-ngatain singkong? Sudah deh beralih saja dari fast food ke singkong yang jelas lebih hemat dan lebih sehat. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kalian Ketahui

Singkong
sumber foto : nasional.republika.co.id
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kalian Ketahui - Di Indonesia singkong sangat mudah ditemui dan dijual dengan harga yang murah, singkong juga sering kali disebut makanan orang miskin atau orang kampung. Padahal singkong memiliki rasa yang enak dan juga mengenyangkan bahkan lebih sehat daripada makanan orang-orang kota yang cenderung memilih fast food yang sudah pasti tidak sehat. Dikutip dari meetdoctor.com, berikut ini manfaat dari singkong untuk kesehatan yang akan membuat kalian yang menganggap singkong sebagai makanan orang miskin atau makanan orang kampung menjadi berpikir ulang untuk menyebut singkong seperti itu :

1.Kaya mineral
Singkong sangat kaya akan mineral, singkong mengandung bermacam mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi dan potasium. Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai fungsi dalam jaringan tubuh. Kalsium penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi, sedangkan zat besi diperlukan untuk pembentukan dua jenis protein, yaitu hemoglobin dan myoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kandungan mangan pada singkong akan membantu menguraikan karbohidrat serta protein. 

2.Kaya serat
Apakah kalian sedang sembelit? Singkong bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian konsumsi karena memiliki kadar serat yang tinggi. Selain itu mengkonsumsi cukup serat dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, mengurangi risiko penimbunan kolesterol, dan menghindarkan penyakit jantung. Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah, karena serat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah.
3.Kaya karbohidrat
Singkong kaya akan karbohidrat, sehingga mampu menggantikan nasi yang selama ini menjadi sumber utama karbohidrat orang Indonesia. Dalam setiap 100 gram singkong, terdapat 38 gram karbohidrat yang cukup untuk menjadi sumber energi bagi kalian untuk aktivitas fisik yang tinggi.
4.Bebas gluten
Singkong tidak menganfung gluten, yaitu senyawa protein alergenik. Sehingga, bagi para penderita penyakit celiac dan alergi gluten dapat mengonsumsi singkong, ataupun makanan yang berbahan dasar singkong dan tapioka.

5.Kaya saponin
Singkong memiliki kandungan saponin yang tinggi; saponin adalah senyawa fitokimia yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Saponin mengikat cairan empedu dan kolesterol sehingga mencegah penyerapan kolesterol melalui usus kecil. Selain itu, saponin juga dapat melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, sebuah riset yang dilakukan di Universitas Tianjin pada tahun 2010, telah membuktikan bahwa saponin dapat mengurangi risiko terjadinya kanker.
Nah, masih mau ngata-ngatain singkong? Sudah deh beralih saja dari fast food ke singkong yang jelas lebih hemat dan lebih sehat. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

35 comments:

  1. Makanan pengganti nasi yang dianggap sebelah mata padahal cukup bergizi coba kalau rakyat RI mau berpindah ke singkong dijamin harga beras nggak naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas dwi namun susah juga sih karena nasi sudah menjadi makanan pokok orang Indonesia

      Delete
  2. wah banyak juga ternyata manfaat singkong itu mas,jadi bisa sering di konsumsi tiap hari nih,disini banyak tinggal ambil di perkarangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bagus tuh mas pagi-pagi sarapan singkong rebus kenyang dah tuh

      Delete
    2. kalau orang jawa bilang singkong rebus adalah roti jawa, di temani dengan secangkir kopi jadi tambah mantab mas,hehehehe

      Delete
    3. wah kalau itu baru tau saya mas namanya roti jawa dan juga tumben nih biasanya temannya kopi kan rokok hha

      Delete
  3. singkong enaknya digetuk mas ... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih direbus aja sudah cukup hehe

      Delete
  4. ini salah satu camilan favoritku hehehe,,, biasanya di goreng., manteb tuh :D

    ReplyDelete
  5. kalau saya suka ubi yang dibuat jadi getuk mas :D enak lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. singong memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak :)

      Delete
  6. saya memang suka singkong ia makanan favorit saya tapi belum tahu bahwa manfaatnya begitu banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaat tersembunyi tanpa kita sadari mas :)

      Delete
  7. ternyata singkong banyak manfaatnya
    paling demen sama kripik singkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas enak dimakan sambil nonton :)

      Delete
  8. Singkong tuh emang enak bisa di buat getuk, kripik singkong di rebus dibakar, wah semuanya nikmat top markotop pokoknya.
    Kalo yang lagi trend sekarang mah "kenapa singkong ini di bakar" hehehe.
    #program kesukaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah gak tahu mas tren itu :D

      Delete
  9. Singkong tuh emang enak bisa di buat getuk, kripik singkong di rebus dibakar, wah semuanya nikmat top markotop pokoknya.
    Kalo yang lagi trend sekarang mah "kenapa singkong ini di bakar" hehehe.
    #program kesukaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya singkong kalau mau dibikin makanan apa aja bisa dan rasanya juga enak serta bisa mengenyangkan....makanya singkong banyak penggemarnya gan....bukan hanya artis aja ya kang admin? heeee

      Delete
    2. bener tuh kalau artis top sih kadang gengsi makan singkong hha

      Delete
  10. benar banget mas, dan kalau di oleh saya lebih suka yang ogal-agil sama kripik.. enak banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. singkong memang bisa diolah menjadi banyak jenis makanan :)

      Delete
  11. Kalo disini enak dibikin misro sama comro gan, makanan khas sunda

    ReplyDelete
  12. Pantasan kalau makan singkong goreng atau singkong rebus, perut kita terasa kenyang bahkan bisa menggantikan nasi untuk beberapa waktu...Nice share, mas Denny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya uda cuma ya namanya dari kecil makanan pokoknya nasi jadi sehari gak makan nasi serasa gimana gitu haha

      Delete
  13. pantes aja kalau makan singkong kenyangnya lama, ternyata singkong kaya akan serat. terus buang air juga agak lancar juga mas. makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seratnya singkong bisa diliat langsung kan hhe :)

      Delete
  14. ane dulu sering makan singkong gan, tapi sekarang udah jarang, paling suka di buat peuyeum semacam tape :D

    ReplyDelete
  15. kalau saya mau makan sesudah dijadikan krupuk pedas mas hehe @@,

    ReplyDelete
  16. banyak juga ya mas manfaatnya , kalo rambutan ada gak mas manfaatnya ?
    oh iya mas saya izin follow blog ini ya ,jika berkenan follow balik hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa berkunjung kesini mas
      http://mabesdenny.blogspot.com/2015/02/rayuanmu-tak-semanis-rambutanku.html

      iya mas saya follow balik

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)