Kisah Pertemuanku Dengan Blog dan Google Adsense

Kisah Pertemuanku Dengan Blog dan Google Adsense - Pada zaman sekarang internet menjadi hal sangat mudah di akses didukung dengan banyaknya operator seluler yang menawarkan berbagai macam paket data internet jadi tidak harus repot pergi ke warnet atau takut pulsa cepat habis karena internetan. Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai pengalaman saya dalam dunia Google Adsense dan blogging. Baiklah, langsung saja saya mulai ceritanya....

Berkenalan Dengan Blog
Tepat pada tanggal 3 Februari 2010 sewaktu saya masih duduk di bangku SMA, saya memutuskan untuk membuat sebuah blog. Pada awalnya saya tidak mengetahui apa-apa mengenai blog hanya saja segelintir teman saya ada yang memilikinya dan saya melihat aktivitasnya di depan laptop dan bertanya tentang apa yang sedang dia buat, lalu dia menjawab dengan simpel "lagi nge-blog" dan saya pun langsung pergi tanpa adanya rasa tertarik untuk bertanya apa itu blog (ya maklum dulu sih tahunya cuma sosial media facebook sama yahoo messenger saja). Tidak lama setelah itu sekitar beberapa minggu kemudian beberapa teman wanita sekelas saya ada yang asik ngobrol mengenai blog, akhirnya saya pun ikut nimbrung dan melihat blog mereka dan hasilnya saya pun takjub. Saya seperti orang udik yang terkagum melihat tampilan blog yang padahal biasa saja dan membaca konten blognya yang berisi cerita peribadi atau bisa dikategorikan blog personal (sebab biasanya yang dilihat status-status alay di facebook hha). Setelah itu saya mulai ada rasa tertarik dan bertanya dengan mereka bagaimana cara membuatnya dan mereka pun menyarankan daftar melalui blogger. Baiklah, setelah mengetahui hal-hal dasar bukan berarti ketika pulang saya langsung membuat blog melainkan bermain Playstation dan berkutat dengan facebook. Selang beberapa hari setelah sering mengunjungi blog teman saya, akhirnya pun saya memutuskan membuat blog dan berpusing ria karena sama sekali tidak mengerti mengenai pengaturan dan istilah-istilah di dalamnya. Pada saat membuat blog saya sama sekali tidak memiliki ide tulisan sama sekali akhirnya buat coba-coba saya copy paste satu buah artikel dan parahnya saya copy paste 100% artinya tidak ada yang saya rubah sama sekali (maklum dulu masih tidak ngerti masalah hak cipta, dsb.) setelah posting satu buah artikel gairah nge-blog saya hilang seketika ternyata nge-blog itu tidak gampang tidak seperti facebook yang cuma update status melainkan membuat sebuah artikel. Hasilnya pun bisa ditebak blog saya menjadi terlantar (jahat ya saya setelah dibuat langsung ditelantarin :D). Oh iya, untuk pemilihan nama blog pada waktu yaitu dBTM dengan alamat url mabesdenny, kenapa saya memberikan nama tersebut karena dB merupakan singkatan dari den Baguz nama panggilan yang saya dapat dari teman-teman saya ketika saya kelas 4 SD dan menambahkan embel-embel tm di belakang sebenarnya sih supaya keren aja (menurut saya :D). Kemudian, untuk nama url sama menambahkan nama "mabes" terinspirasi dari rumah teman saya yang sering dijadikan tempat ngumpul dan sering disebut mabes oleh teman-teman.

Gairah Nge-blog Kembali Berkobar
Setelah bertempur dengan UAN lalu dinyatakan lulus SMA, kemudian kembali bertempur di SNMPTN dan Alhamdulillah keterima di fakultas hukum universitas mulawarman membuat saya menjadi santai sembari menunggu tahun akademik perkuliahan dimulai beberapa bulan ke depan. Untuk mengisi kekosongan tersebut saya bergabuung dengan komunitas parkour samarinda dan kabar baiknya gairah nge-blog saya kembali berkobar. Pada bulan september saya kembali nge-blog dengan menceritakan pengalaman saya dalam parkour tetapi kembali terhenti alhasil menelurkan tiga artikel di bulan september 2010. Yah, begitulah seterusnya pasang surut dalam menelurkan artikel kadang berhenti hingga berbulan-bulan pada saat itu juga saya masih tidak terlalu memperdulikan tampilan blog.

Semangat dan Konsistensi Nge-blog Di dapatkan
Tahun 2014 merupakan tahun di mana semangat dan konsistensi nge-blog saya dapatkan lebih tepatnya pada bulan Agustus saat artikel pertama sebagai ucapan Hari Raya Idul Fitri menjadi pembuka konsistensi nge-blog saya. Pada saat itu yang menjadi semangat saya adalah niat ingin berbagi informasi yang saya dapat kepada pengunjung blog saya dan semoga informasinya bermanfaat dan pada tahun ini juga nama blog saya ubah menjadi mabesdenny agar sama dengan alamt urlnya.

Diterima Google Adsense
Setelah konsisten nge-blog selama tiga bulan saya mulai mempelajari untuk menata tampilan blog agar sedikit lebih menarik. Saat sedang berselancar di google tidak sengaja membaca artikel mengenai monetasi blog melalui Google Adsense, akhirnya saya pun mulai tertarik dan langsung mendaftarkan blog saya tanpa berpikir diterima atau tidak pokoknya terserah diterima syukur tidak diterima juga ya berarti bukan rezeki. setelah sekitar lima hari dari saya mendaftar saya pun mendapatkan e-mail bahwa permohonan saya diterima Alhamdullilah berarti memang rezeki tidak kemana. Selanjutnya, saya menambahkan beberapa unit iklan di blog saya.

Mengenal Optimasi Blog
Setelah menjadi publisher Google Adsense selama kurang lebih 5 bulan namun saya masih belum payout bahkan menembus 10 dollar saja belum sampai sekarang. Apa yang salah? bodohnya baru beberapa minggu belakangan saya baru berpikir seperti itu. Akhirnya, saya berselancar di internet dan belajar mengenai optimasi blog. Setelah saya menerapkannya Alhamdulillah hampir tiap hari mendapatkan earning yang mana sebelum optimasi hal tersebut susah saya dapatkan. Semoga tidak lama bisa payout AAMIIN :).

Sekian, pengalaman pertemuan saya dengan blog dan Google Adsense memang tidak ada yang spesial dan terkesan datar-datar saja. Bahkan, saya merasa sangat beruntung permohonan Google Adsense saya diterima dengan satu kali daftar bila dibandingkan teman-teman blogger yang sering mengajukan berkali-kali tetapi di tolak.  Saat ini yang saya sadari dengan diterimanya Google Adsense adalah menjadi sebuah awal perjalanan dan banyak hal yang harus di pelajari agar bisa sukses dalam bermain Google Adsense yang artinya kita tidak bisa santai-santai saja bila ingin sukses. Sebagai tips dari saya bagi teman yang ingin daftar program Google Adsense, fokuslah pada artikel yang kalian buat usahakan berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak, hindari copy-paste kalaupun mengcopy dari artikel lain ubahlah gaya bahasa menggunakan bahasa kalian dan cantumkan sumbernya. Terakhir jangan lupa berdoa agar diterima Google Adsense. 

Sekian dan saya minta maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam blog dan tulisan saya ini serta terima kasih buat teman-teman blogger dan pengunjung blog saya yang sederhana ini. Ini kisahku mana kisah kalian :) ?

Stay Calm and Keep Blogging :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

36 Comments

Comments
01 April, 2015 13:01 delete

wah, sudah lama ya mas kenal blog, saya lupa kalau kenalnya kapan, tapi sekedar kenal. itu kok bisa adsensenya nambah tiap hari, gimana caranya mas? saya diajari ya.

Reply
avatar
01 April, 2015 13:49 delete

saya termasuk juga masih baru mas denny. sejak diterima pada bulan agustus lalu,semangat juga naik dan akhirnya bisa meraih keuntungan per bulan 500-800 dolar dari blog saya,pengen ternak blog,waktunya belum ada,wakakakakka

Reply
avatar
01 April, 2015 15:06 delete

kalo saya mulai berkenalan dengan dunia blogging itu sewaktu SMK

Reply
avatar
01 April, 2015 15:06 delete

keren bisa diterima adsense, kalo saya belum daftar nih :)

Reply
avatar
01 April, 2015 16:18 delete

saya lain cerita mas, tahun 2011-2012 dapet hibah web.dotcom adsense sudah ada tinggal jalanin dan sudah menghasilkan 500ribu/bulan, ambil tanpa potongan dan tahun 2013 kena banned langsung putus harapan :)

Reply
avatar
01 April, 2015 18:56 delete

wah saya kalau adsense gaptek bang belum ada pengalaman bisa diceritakan

Reply
avatar
01 April, 2015 19:50 delete

Wah, sudah lama juga mas Deny mengenal blog dan dilanjutkan dengan adsense...Semoga pengalaman ini menjadi dasar penting untuk mendulang dollar yang lebih banyak lagi...Sukses buat mas Denny...

Reply
avatar
01 April, 2015 21:02 delete

senasib mas, saya juga belum pernah payout, hehe ;)

Reply
avatar
01 April, 2015 22:47 delete

iya mas kenalnya lama tapi aktifnya baru agustus tahun lalu hehe
untuk cara sebenarnya hanya eksperimen saja mas dalam penempatan iklan kalau saya sejauh ini posisi iklan seperti inilah yang mendapatkan earning tiap hari dan jangan lupa SEO untuk meningkatkan traffic mas :)
Itu saja sih dari saya haha moga bisa earning tiap hari juga ya mas terus payout :)

Reply
avatar
01 April, 2015 22:49 delete

wah hebat eh mas pur moga saya bisa nyusul hehe
haha kayaknya kata-kata "ternak blog" lagi ngetrend yah :D

Reply
avatar
01 April, 2015 22:49 delete

sma dong saya kan pas SMA juga :)

Reply
avatar
01 April, 2015 22:50 delete

kenapa belum daftar mas menurut saya blog mas roli sudah sangat bagus dibandingkan milik saya dulu sewaktu mendaftar adsense

Reply
avatar
01 April, 2015 22:51 delete

dibanned tiba-tiba kah mas? apa mas melanggar TOS adsense?
jangan putus harapan gitu dong mas

Reply
avatar
01 April, 2015 22:53 delete

haha gak apa-apa yang penting blognya bermanfaat buat orang banyak :)
jadinya mas abdul dapet pahala setiap kali pengunjung blognya mas mengamalkan informasi yang mas berikan :)

Reply
avatar
01 April, 2015 22:54 delete

makasih ya uda
buat uda juga moga makin sukses ngeblognya
dan buat anaknya yang mau ujian semoga diberi kelancaran :)

Reply
avatar
01 April, 2015 22:55 delete

semoga gak lama kita bisa payout ya mas cipto
cara paling bagus kayaknya harus ternak blog nih mas biar cepet payout :D

Reply
avatar
01 April, 2015 23:08 delete

wah termasuk orang lama dalam dunia blog nih mas.
semoga dengan diterimanya menjadi penayang GA menjadi lebih bersemangat lg ngeblognya

Reply
avatar
02 April, 2015 00:28 delete

mudah-mudahan kita tetap bertahan untuk selalu menjadi publisher Adsense ya mas, amiiin :D

Reply
avatar
02 April, 2015 07:10 delete

Pengalaman yang menarik mas, Kalo saya kenal blog pas jaman masuk kuliah pada th 2009. kalo main adsense sudah lupa. pernah di banned, lalu saya daftar ulang lagi... Kalo bisa jangan pasang GA di dalam posting. mending di edit scriptnya di edit Html... soalnya saya pernah kejadian ada orang yg main copas, Script GAnya ikutan ke ambil,.. Mudah-mudahan cepet PO ya. dan GA nya panjang umur...:)

Reply
avatar
02 April, 2015 09:03 delete

iya mas jadi makin semangat setelah diterima GA
kalau ngeblog saya malah bisa dibilang baru kalau dulu-dulu lebih sering menelantarkan blog ini haha

Reply
avatar
02 April, 2015 09:04 delete

aamiin om ibrahim yang makin kreatif sekarang jadi komikus haha

Reply
avatar
02 April, 2015 09:07 delete

tapi ketika kenal mas fazri langsung aktif ya ngeblognya, wah pernah di banned ya? iya aamiin mas moga akun kita panjang umur.
Makasih ya mas tipsnya dan memang saya menanamkan script iklan di edit html

Reply
avatar
02 April, 2015 09:08 delete

oh disitu ya? kapan2 tak ikutan coba ekperimen.

Reply
avatar
02 April, 2015 12:19 delete

salah satu penyemangat ngeblog adalah jika udah diterima Adsense ya mas, hehehe

Reply
avatar
02 April, 2015 14:13 delete

sip mas moga eksperimennya sukses ya :)

Reply
avatar
02 April, 2015 14:13 delete

iya sih bisa dibilang gitu hehe

Reply
avatar
05 April, 2015 09:53 delete

Mantaappp mas.. tapi kisahnya hampir mirip dengan saya nih. Kalo boleh bercerita sedikit. Saya juga dulu kenal blog lewat temen waktu SMA tapi ya gitu cuma tau doang ga tertarik sama sekali. Cuma nyoba buat terus tinggalin. Mulai fokusnya tuh kemarin awal tahun 2015. hehe

Reply
avatar
05 April, 2015 20:15 delete

sip mas moga blog kita makin sukses aamiin :)

Reply
avatar
10 April, 2015 18:20 delete

wah, keren den.. aku mulai ngeblog 2008 tp blog personal haha
blm sempet daftar google adsense buat blog ku yang ksplash.
dulu pernah daftarin adsense buat blogku yang ttg football klo ga salah tp ga ada pemasukan sama skali jd sampe sekarang blm kepikiran buat daftar.
jd selama ngeblog blm pernah dapet earning.. paling2 dapet tiket konser korea gratis atau buku2 korea gratis aja. tapi habis baca artikelmu ini jd pengen daftar deh :D

Reply
avatar
10 April, 2015 19:42 delete

gak ada yang sukses sekejap ma, toh begitu pun dengan bisnis travelmu kan? gak langsung booming pasti ada tahap-tahap dan bersusah-susah terlebih dahulu

Reply
avatar
11 April, 2015 03:50 delete

udah lama juga ya gan ngeblog nya, ane malah baru tahun 2015 ini ngeblog nya hahaha

blog ane sudah di banned adsense hahaha :D

Reply
avatar
11 April, 2015 15:55 delete

iya mas tapi aktifnya mulai pertengahan 2014
wah gitu ya daftar aja lagi mas sapa tau keterima adsensenya

Reply
avatar
11 May, 2015 22:12 delete

Wah udah lama tuh mas kenal blog, kalau saya baru tahun 2013 mas kenal blog,soal adsense belum nggerti mas, blog saya aja masih amburadul.

Reply
avatar
12 May, 2015 13:57 delete

haha iya mas tapi 2014 baru saya bener-bener aktif
kalau amburadul diperbaikin aja mas hehe

Reply
avatar
25 November, 2016 22:35 delete

wahhhh, kalo boleh tau blognya bahasa indonesia apa inggris ya mas?

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)