Inilah Ciri-Ciri Bahwa Kulit Kalian Sudah Tua - mabesdenny
Penuaan Dini
sumber foto : sidomi.com
Inilah Ciri-Ciri Bahwa Kulit Kalian Sudah Tua - Semua orang tentunya menginginkan kulit yang lembut, halus serta sehat agar selalu nampak muda. Proses penuaan pada kulit memang lah hal yang wajar seiring dengan bertambahnya usia. Lalu, bagaimana jika masih muda tapi kulitnya terlihat tidak segar seperti sudah tua? Kenapa hal ini bisa terjadi? Kulit kita secara umum terbagi menjadi tiga lapisan dan setiap lapisan mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

baca juga :
Banyak faktor yang mebuat kulit menjadi kusam dan nampak tua faktor tersebut antara lain adalah faktor lingkungan, genetik, nutrisi serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor yang paling berpengaruh besar pada kulit adalah paparan sinar matahari. Loh, padahal kan sinar matahari juga banyak manfaatnya buat tubuh terutama sumber vitamin D? Memang benar, oleh karena itu jangan terpapar sinar matahari terlalu lama dan sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi mulai jam 7 hingga 9 pagi kalau diatas jam 9 sudah tidak baik untuk tubuh. Nah, mungkin beberapa dari kalian tidak sadar bahwa kulitnya sudah tua. Oleh karena itu saya akan memberikan ciri-ciri kulit yang sudah tua yang saya kutip dari meetdoctor.com :

1. Kulit Mengendur
Kulit yang tua akan mengendur bahkan berkantong karena kekuatan serat kolagen dan elastin melemah yang ada umumnya kulit mengndur dan berkantung terlihat pada kelopak mata, alis, lipatan sekitar mulut dan leher.

2. Elastosis
Paparan sinar matahari yang berlebih akan merusak kulit, hal ini umumnya ditandai dengan berubahnya warna kulit menjadi kuning serta timbulnya benjolan kecil berwarna kuning atau putih.

3. Munculnya flek
Tak jarang pada kulit yang sudah tua kita akan menemukan bintik kecoklatan pada kulit yang disebut flek.

4.Keriput
Ini merupakan ciri yang paling umum semakin bertambahnya usia maka kulit akan memproduksi lipid dan kolagen serta kemampuan regenerasi sel pun menurun ditambah dengan menipisnya serat elastin. Per dekade (10 tahun) kelembaban kulit akan menurun hingga 10 persen oleh karena itu semakin tua kulit semakin keriput.

Ya, itu tadi ciri-ciri bahwa kuliat kalian sudah tua. Memang penuaan kulit karena bertambahnya usia tidak bisa dihindari namun kita masih bisa meminimalisirnya sehingga kulit tidak terlalu tua atau kusam. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan tabir surya (sunblock) ketika keluar rumah karena paparan sinar matahari menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam membuat kulit rusak sehingga terlihat tua. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Inilah Ciri-Ciri Bahwa Kulit Kalian Sudah Tua

Penuaan Dini
sumber foto : sidomi.com
Inilah Ciri-Ciri Bahwa Kulit Kalian Sudah Tua - Semua orang tentunya menginginkan kulit yang lembut, halus serta sehat agar selalu nampak muda. Proses penuaan pada kulit memang lah hal yang wajar seiring dengan bertambahnya usia. Lalu, bagaimana jika masih muda tapi kulitnya terlihat tidak segar seperti sudah tua? Kenapa hal ini bisa terjadi? Kulit kita secara umum terbagi menjadi tiga lapisan dan setiap lapisan mengandung jaringan ikat dengan serat kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

baca juga :
Banyak faktor yang mebuat kulit menjadi kusam dan nampak tua faktor tersebut antara lain adalah faktor lingkungan, genetik, nutrisi serta beberapa faktor lainnya. Namun, faktor yang paling berpengaruh besar pada kulit adalah paparan sinar matahari. Loh, padahal kan sinar matahari juga banyak manfaatnya buat tubuh terutama sumber vitamin D? Memang benar, oleh karena itu jangan terpapar sinar matahari terlalu lama dan sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi mulai jam 7 hingga 9 pagi kalau diatas jam 9 sudah tidak baik untuk tubuh. Nah, mungkin beberapa dari kalian tidak sadar bahwa kulitnya sudah tua. Oleh karena itu saya akan memberikan ciri-ciri kulit yang sudah tua yang saya kutip dari meetdoctor.com :

1. Kulit Mengendur
Kulit yang tua akan mengendur bahkan berkantong karena kekuatan serat kolagen dan elastin melemah yang ada umumnya kulit mengndur dan berkantung terlihat pada kelopak mata, alis, lipatan sekitar mulut dan leher.

2. Elastosis
Paparan sinar matahari yang berlebih akan merusak kulit, hal ini umumnya ditandai dengan berubahnya warna kulit menjadi kuning serta timbulnya benjolan kecil berwarna kuning atau putih.

3. Munculnya flek
Tak jarang pada kulit yang sudah tua kita akan menemukan bintik kecoklatan pada kulit yang disebut flek.

4.Keriput
Ini merupakan ciri yang paling umum semakin bertambahnya usia maka kulit akan memproduksi lipid dan kolagen serta kemampuan regenerasi sel pun menurun ditambah dengan menipisnya serat elastin. Per dekade (10 tahun) kelembaban kulit akan menurun hingga 10 persen oleh karena itu semakin tua kulit semakin keriput.

Ya, itu tadi ciri-ciri bahwa kuliat kalian sudah tua. Memang penuaan kulit karena bertambahnya usia tidak bisa dihindari namun kita masih bisa meminimalisirnya sehingga kulit tidak terlalu tua atau kusam. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan tabir surya (sunblock) ketika keluar rumah karena paparan sinar matahari menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam membuat kulit rusak sehingga terlihat tua. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

27 comments:

  1. ahhh kulit saya masih sehat dan segar, masih aman :D

    ReplyDelete
  2. kalo dari gendut terus ke kurus itu kan kadang kulitnya juga mengendur mas,

    ReplyDelete
  3. Nggak enak juga masih muda kulit nya keriput bisa2 dipanggil nenek2 lagi

    ReplyDelete
  4. Kulit saya masih sehat dan belum mengalami penuaan mas hehe Salam kenal, senang bisa blogwalking di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu tetap dijaga mas ya :)
      terima kasih mas udah berkunjung di mari :)

      Delete
  5. .Yang tua kuliatnya kan gan? bukan orangnya? atau dua-duanya.? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ada yang umurnya muda tapi kulitnya tua dan sebaliknya

      Delete
  6. hem faktor usia tentunya sangat mempengaruhi kualitas kulit ya mas, ini yang membuktikan bahwa kulit ada jangka waktunya dan kalau memang sudah tua ya di terima saja, karena perawatan kulit yang mahal kayaknya saya kurang siap deh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya banyak aja kok mas bahan alami yang murah dan baik untuk kulit tinggal kitanya aja rajin apa nggak hhe

      Delete
  7. kalu wanita enak ya mas, bisa perawatan rutin untuk mengurai proses penuaan pada kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. laki-laki juga bisa kok mas sebenarnya asal kebersihan di jaga maka kulit pun jadi terawat

      Delete
  8. terus solusinyangimana kang. bair awet mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan mas, jaga kebersihan dan hindari stress serta marah-marah

      Delete
  9. informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya senang informasinya dapat memberi manfaat :)

      Delete
  10. nah, kalo yang wajahnya baby face gimana tuch gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa faktor gen mas dan bentuk rangka wajahnya umumnya yang baby face itu putih dan chubby hha

      Delete
  11. haduh kalau kulit saya gimana ya??hehe kayaknya masih terlihat muda akh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gak tau mba boleh saya lihat haha :D

      Delete
  12. alhamd...kulit ane masih aman

    ReplyDelete
  13. semua itu adalah tamu yang mengingatkan kita bahwa suatu saat kita akan pulang ketempat asal kita yaitu akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas itu semua adalah tanda-tanda dan sebagai pengingat untuk kita

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)