Donor Darah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh - mabesdenny
Donor Darah
sumber foto : muqawamah.com
Donor Darah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh - Donor darah merupakan suatu proses pemberian darah secara sukarela kepada yang membutuhkan. Tidak semua orang dapat melakukan donor darah, mereka harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Bagi orang yang ingin mendonorkan darahnya harus memenuhi persyaratan yang antara lain, yaitu :
  • Mereka harus sehat secara jasmani maupun rohani;
  • Berusia 17 tahun sampai dengan 65 tahun;
  • Memiliki berat badan minimal 45 kg;
  • Tekanan darah dan kadar hemoglobin-nya normal;
Dalam mendonorkan darah, terdapat batasan maksimal yaitu sebanyak lima kali dalam setahun. Selain sangat bermanfaat untuk orang lain, donor darah juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari meetdoctor.com, berikut manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh kita : 

1.Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, donor darah mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai dengan 88% dan mengurangi risiko penyakit jantung-pembuluh darah sampai dengan 33%.
baca juga : Meski Dapat Mengakibatkan Bau Tak Sedap, Petai Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa
2.Membakar Kalori
Menurut data yang diperoleh University of California, San Diego menemukan bahwa donor darah dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori setiap kali mendonor. Meski dapat membakar kalori dalam setahun kita hanya memiliki batasan lima kali mendonor tidak boleh lebih, karena kita bisa kekurangan darah dan berdampak negatif bagi kesehatan.

3.Mengurangi risiko kanker
Dengan melakukan donor darah dapat membantu mengurangi zat besi dalam tubuh yang mana bila kandungan zat besi yang berlebihan akan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh dan berdampak pada kerusakan sel serta perubahan metabolisme yang sering dijumpai pada kanker. Namun, teori masih belum kuat dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

4.Menolong sesama
Donor darah memang dilakukan untuk menolong sesama, bahkan dengan darah yang kita donorkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Sungguh luar biasa manfaatnya bagi orang yang membutuhkan.

5.Mendapatkan tes kesehatan gratis
Dengan melakukan donor darah kita harus melewati serangkaian tes kesehatan. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah kita layak atau tidak dan darah kita juga akan di tes kelayakannya. Dengan dilakukannya serangkaian tes ini kita bisa dibilang mendapatkan tes kesehatan secara gratis karena kita dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita.

Nah, setelah mengetahui manfaat donor darah di atas? apakah masih malas untuk menyumbangkan darahnya untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan? Atau kalian takut dengan jarum suntik? Tenang aja sakitnya cuma sebentar kok seperti digigit nyamuk tapi tidak menyebabkan gatal. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com 

Donor Darah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Donor Darah
sumber foto : muqawamah.com
Donor Darah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh - Donor darah merupakan suatu proses pemberian darah secara sukarela kepada yang membutuhkan. Tidak semua orang dapat melakukan donor darah, mereka harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Bagi orang yang ingin mendonorkan darahnya harus memenuhi persyaratan yang antara lain, yaitu :
  • Mereka harus sehat secara jasmani maupun rohani;
  • Berusia 17 tahun sampai dengan 65 tahun;
  • Memiliki berat badan minimal 45 kg;
  • Tekanan darah dan kadar hemoglobin-nya normal;
Dalam mendonorkan darah, terdapat batasan maksimal yaitu sebanyak lima kali dalam setahun. Selain sangat bermanfaat untuk orang lain, donor darah juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari meetdoctor.com, berikut manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh kita : 

1.Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, donor darah mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai dengan 88% dan mengurangi risiko penyakit jantung-pembuluh darah sampai dengan 33%.
baca juga : Meski Dapat Mengakibatkan Bau Tak Sedap, Petai Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa
2.Membakar Kalori
Menurut data yang diperoleh University of California, San Diego menemukan bahwa donor darah dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori setiap kali mendonor. Meski dapat membakar kalori dalam setahun kita hanya memiliki batasan lima kali mendonor tidak boleh lebih, karena kita bisa kekurangan darah dan berdampak negatif bagi kesehatan.

3.Mengurangi risiko kanker
Dengan melakukan donor darah dapat membantu mengurangi zat besi dalam tubuh yang mana bila kandungan zat besi yang berlebihan akan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh dan berdampak pada kerusakan sel serta perubahan metabolisme yang sering dijumpai pada kanker. Namun, teori masih belum kuat dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

4.Menolong sesama
Donor darah memang dilakukan untuk menolong sesama, bahkan dengan darah yang kita donorkan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Sungguh luar biasa manfaatnya bagi orang yang membutuhkan.

5.Mendapatkan tes kesehatan gratis
Dengan melakukan donor darah kita harus melewati serangkaian tes kesehatan. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah kita layak atau tidak dan darah kita juga akan di tes kelayakannya. Dengan dilakukannya serangkaian tes ini kita bisa dibilang mendapatkan tes kesehatan secara gratis karena kita dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita.

Nah, setelah mengetahui manfaat donor darah di atas? apakah masih malas untuk menyumbangkan darahnya untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan? Atau kalian takut dengan jarum suntik? Tenang aja sakitnya cuma sebentar kok seperti digigit nyamuk tapi tidak menyebabkan gatal. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com 

48 comments:

  1. saya kira cuma membersihkan darah saja mas untuk manfaat donor darah,ternyata banyak sekali manfaatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalau teratur bagus kok donor darah itu

      Delete
    2. takut jarum suntik mas Den..!,
      urat darah diselipan jarum..iiii..ngerri hhihihihi

      Delete
    3. sekarang dah jarang donor mas, karena kalah sama murid2, wakakaka,kalau dulu sering donor pada waktu sekolah

      Delete
    4. ouw haha
      kalau saya biasa donor pas ada kegiatan donor dari kantor yang rutin dilaksanakan tiap tahun

      Delete
  2. wah keren nih mas,bisa saya simpen dulu dan bisa dipraktekkan jika ada kegiatan donor darah bisa ikut serta,makasih sharingnya,di tunggu kunbalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas saya segera meluncur
      makasih atas kunjungannya :)

      Delete
    2. jangan lupa Mas Den..!
      titip gorengan ya..! :)

      Delete
    3. sip gak lupa saya masih muda kok haha
      oke, gak pesen minum sekalian ntar seret tenggorokannya :D

      Delete
    4. nda apa2 Mas Den.. sdh disiapin biji kedondongnya..

      Delete
    5. kulit duren aja mas al lebih ampuh haha

      Delete
  3. paling bagus donor darah ya Mas Den.. kalo untuk donor bagian2 badan.. pasti serem ya Mas.. misal donor ginjal dst..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas donor darah menurut saya donor yang paling aman daripada mendonorkan organ tubuh

      Delete
  4. sebulan yang lalu saya donor mas deny, awalnya ada masalah pegal ditengkuk gejala kolesterol tinggi namun setelah donor alhamdulillah sorenya langsung pada enteng badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah hampir setahun belum donor ni, biasa abis donor terasa enteng badan haha karena darahnya baru lagi :D

      Delete
  5. kenapa ya gan ane sampai sekarang agak takut kalau donor darah hahaha padahal ane kagak takut di suntik, tapi entah mengapa ane agak ngeri kalau darah ane diambil orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahala loh mas donorkan darah :D memang sih saat pertama kali saya donor agak serem liatnya darah sendiri mengalir melalui selang menuju kantung darah

      Delete
  6. Saya belum pernah donor darah, sempet diajak sama saudara tapi belum terlaksana. Mudah-mudahan nanti bisa ikutan donor darah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belumnya karena apa nih mas? ada kegiatan lainnya ya

      Delete
  7. Seumur hidup belum pernah ikutan donor darah. Taku jarum suntuk.
    Cuma kalau baca artikel kek gini rasanya kayak ketampar sendiri, soalnya malu. Tapi aku nggak nyangka juga kalau trenyata ada bainya juga donor darah, selain diluar kemanusiaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau darah kita di donorin nanti bakal diganti dengan sel darah baru jadi lebih fresh

      Delete
  8. Ternyata untuk mendonorkan darah, usia min harus 17 tahun ya mas,, banyak sekali manfaat donor darah ini. selain bisa membantu sesama, juga bermanfaat bagi kesehatan kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hary manfaatnya bagus buat kita
      usia minimal 17 tahun dan maksimal 5 kali setahun

      Delete
  9. Jujur aku sama sekali belum pernah melakukan yang namanya donor darah. Golongan darahku O padahal goldar O itu sangat cocok untuk di donorkan yaa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk didonorkan, golongan darah kita harus sama dengan golongan darah orang yang membutuhkan mba tidak boleh beda

      Delete
  10. saya belum pernah donor darah...rasanya kok masih ngeri ya lihat jarum suntiknya yang gede itu.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hha sakit sebentar aja kok mba kayak digigit nyamuk

      Delete
  11. Katanya Kalo sering donor darah bisa ketagihan ya. trus kalo gak donor, bisa sakit badannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ketagihan sih mas cuma badan agak enakan abis donor, terus gak juga sih langsung sakit kalau gak donor

      Delete
  12. saya takut jarum kang. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama rokok djarum takut gak?

      Delete
    2. saya dong
      pria punya selera

      Delete
  13. banyak sekali ya manfaat darah, untuk menyumbangkan darah, saya bukannya malas mas tapi takut, walaupun rasanya kayak di gigit nyamuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih banyak temen-temen pada takut tapi sekali nyoba bakal hilang rasa takutnya

      Delete
  14. setelah tau donor darah banyak manfaatnya, aku jadi pengen ikutan... soalnya belum pernah ikutan donor darah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus itu mas indra, sebenarnya donor darah itu seperti membuang darah yang lama diganti dengan yang baru

      Delete
  15. Seumur umur belum pernah donor ada perasaan ngeri diambil darah untuk cek lab saja udah was was apalagi disedot

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dulu deh mas nanti rasa takutnya hilang seperti teman saya awalnya takut banget tapi karena darahnya dibutuhkan untuk pasien DBD akhirnya dia nekat dan rasa takutnya jd hilang

      Delete
  16. seumur-umur saya belum pernah melakukan donor darah nih mas.
    padahal manfaatnya cukup besar dan banyak bagi kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah moso mas yanto gak wani wong jarum ae mentul kok haha

      Delete
  17. Alhamdulillah rutin per tiga bulan
    terasa manfaat donor darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus tuh mas darahnya bakal segar terus tuh hha

      Delete
  18. Ternyata donor darah itu dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Kalau saya belum pernah donor darah, mas...hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar uda karena darah yang lama dikeluarkan dan diganti dengan darah yang baru

      Delete
  19. Wah saya mah belum pernah donor darah, semoga tahun besok ada yang ngajak, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa tunggu ada yang ajak kan bisa datang aja sendiri ke PMR

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)