Beberapa Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan

lari
Beberapa Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan - Apa sih olahraga yang paling murah dan tidak ribet? Dengan mudah saya jawab yaitu olahraga lari. Lari merupakan olahraga termurah karena kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam bahkan tidak perlu sama sekali yang kalian butuhkan hanyalah waktu. Ya, hanya waktu bila tidak memiliki sepatu kalian masih tetap bisa berlari tanpa alas kaki serta lari tidak membutuhkan lapangan yang khusus kalian bisa melakukannya hampir di mana saja.

Lalu, mengapa masih banyak orang malas untuk berolahraga lari? Seperti yang saya katakan di atas yang sebenarnya kalian butuhkan adalah “waktu”. Kita sering disibukkan oleh aktivitas harian seperti bekerja atau menuntut ilmu mulai dari pagi hingga sore, jadi kita sering merasa sudah terlalu lelah dan rasa malas menyerang. Padahal sejatinya kita tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berolahraga yang penting rutin dilakukan. Nah, untuk mengusir rasa malas tersebut ada beberapa tips yang saya kutip dari womenshealtmag.com lalu, apa sajakah tips-tipsnya? Berikut ini beberapa tips agar olahraga lari menjadi menyenangkan sehingga tidak dikalahkan oleh rasa malas :

1. Atur Langkah Lari 
Mungkin ada orang yang malas berlari dikarenakan mereka tidak memiliki stamina yang kuat sehingga baru beberapa langkah sudah kelelahan. Pada dasarnya lari kita akan semakin kuat dan jauh jaraknya bila dibiasakan tetapi ada juga faktor teknis yang mempengaruhi seperti langkah kaki. Untuk orang awam pasti berpikiran bahwa memiliki langkah kaki yang panjang akan membuat kita berlari semakin cepat mencapai tujuan. Namun, hal itu tidak benar yang ada kalian hanya membuang-buang tenaga karena langkah yang panjang sangat tidak efektif. Untuk itu atur langkah kaki kalian melangkahlah dengan jarak yang tidak terlalu lebar dan tidak terburu-buru karena dengan cara ini kalian dapat menghemat energi dan membuat kalian bisa berlari lebih lama.

2. Kenakan Baju dan Celana Yang Nyaman
Mungkin hal ini yang sering terlepas dari perhatian kita apa sih hubungannya baju dan celana dengan lari? Tentunya ada dong, bisa jadi sepatu yang kita kenakan tidak nyaman tapi kalian dapat melepasnya kemudian lanjut berlari, sedangkan kalau baju atau celana yang kalian kenakan tidak nyaman apa mau dilepas juga? tentu saja tidak mungkin yang ada malah ditangkap pihak berwajib. Oleh karena itu disarankan gunakan baju dan celana yang nyaman, gunakanlah baju yang tidak terlalu ketat agar tidak menyulitkan pernapasan dan hindari celana yang terlalu ketat serta berbahan yang tidak bisa melar seperti jeans karena mengganggu pergerakan.

3. Hindari Dehidrasi Dengan Minum Yang Cukup 
75% tubuh kita terdiri dari cairan dan cairan tersebut akan keluar dari tubuh melalui keringat dan nafas. Bila kita kekurangan cairan atau dehidrasi akan memperbesar risiko cidera saat berlari untuk itu tidak ada salahkan berhenti sejenak untuk minum. Perlu diingat minum dalam jumlah yang banyak saat sedang berhenti karena hal ini dapat menyebabkan perut kram, sebaiknya minum secukupnya saja kemudian lanjut berlari.
baca juga : Tips Menghindari Dehidrasi
4. Nikmati Musik
Mendengarkan musik bukanlah hal yang susah pada zaman sekarang karena banyak perangkat yang dapat memutar musik dari berbagai macam ukuran dari yang besar hingga kecil dan bisa dengan mudah kita bawa kemana-mana. Mendengarkan musik dapat membuat aktivitas lari jadi menyenangkan dan tidak membosankan. Maka dari itu siapkan playlist lagu-lagu favorit untuk menemani kalian berlari.

5. Ajak Teman Kalian
Pasti sangat membosankan bila berlari hanya sendirian dan terkadang ada kalanya mendengarkan lagu tidak efektif untuk membuat aktivitas lari jadi menyenangkan. Untuk mengatasinya kita bisa mengajak teman atau pasangan hal ini dapat memotivasi kita untuk berlari karena kita dapat ngobrol sambil berlari dengan mereka atau mengajak mereka lomba lari bagi siapa yang kalah harus traktir minum yang menang haha. Pastinya seru bukan dan aktivitas lari kalian tidak lagi membosankan dan rasa malas akan hilang.

Nah, itu tadi beberapa tips agar olahraga lari jadi menyenangkan dan mengusir rasa malas untuk berlari. Ayo tunggu apalagi lari olahraga yang murah dan kalian tidak harus berlari dalam waktu lama kok 5 menit saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat lari bagi kesehatan kalian, tetapi ada satu jenis lari yang tidak menyehatkan yaitu lari dari kenyataan haha. Sekian infonya moga bermafaat ya.
baca : Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

18 Comments

Comments
06 March, 2015 11:35 delete

saya sih lebih sukanya yang point 4 menikmati musik sambil olahraga :)

Reply
avatar
06 March, 2015 11:36 delete

semuanya tips yang sangat bagus sekali, makasih ya gan :)

Reply
avatar
06 March, 2015 13:00 delete

Padahal saya kalo lari pengennya cepet cepet dengan langkah panjang, Ternyata tidak efektif ya, Tapi kan intinya kita membakar kalori...?
Biasanya saya pake kaos dan celana training...emang bener mendengarkan musik jadi gak terasa saat olahraga lagi...

Reply
avatar
06 March, 2015 13:05 delete

Kalau saya lebih menikmati yg memainkan musik mas. Walaupun sendirian sangat nyaman rasanya. Apalagi pas pagi" hhehe

Reply
avatar
06 March, 2015 15:12 delete

kalau saya sih ajak temen jadi bisa sambil ngobrol tapi kalau pas gak da temen ya musik deh yang nemanin lari

Reply
avatar
06 March, 2015 15:13 delete

ya sama" mas jangan males olahraga yah hehe

Reply
avatar
06 March, 2015 15:16 delete

yang baik adalah langkah yang pendek dan dengan kecepatan yang konsisten tidak naik turun agar tidak cepat lelah dan bisa berlari lebih lama.
dengan musik bisa membuang rasa bosan sehingga lari tidak terlalu terasa capek

Reply
avatar
06 March, 2015 15:17 delete

iya mas memang asik ditemani musik apalagi jika bertempo cepat tambah memompa semangat lari mas

Reply
avatar
06 March, 2015 22:35 delete

klo sendirian memang membosankan, beda kalo ada yg nemenin, minimal sambil dengerin musik

Reply
avatar
06 March, 2015 23:40 delete

saya malah sudah lama nih nggak melakukan olahraga ini mas

Reply
avatar
08 March, 2015 05:27 delete

ini dia nih artikel bagus, makasih sekali sob, sangat bermanfaat

Reply
avatar
08 March, 2015 11:11 delete

lari memang merupakan suatu olah raga yang gak ribet dan tidak perlu modal banyak dan sekarang usdah populer di indonesia. yang enak lagi kalau lari tuh bareng sama cewek cantik mas...biar semangat dan mengurangi rasa lelah. heeee

Reply
avatar
08 March, 2015 13:56 delete

bener mas kalau bosan jadi cepet capek juga

Reply
avatar
08 March, 2015 13:59 delete

ayok mas olahraga lagi biar tubuh sehat bugar

Reply
avatar
08 March, 2015 14:00 delete

sama-sama mas :)
jangan males olahraga yah

Reply
avatar
08 March, 2015 14:01 delete

iya mbah pemandangannya jadi indah haha

Reply
avatar
24 March, 2015 20:42 delete

Lari, olahraga paling murah, dulu paling digemari tiap pagi. Nah, sekarang kalo pas futsal aja bisa lari-lari lagi gan :D

Reply
avatar
25 March, 2015 08:35 delete

haha gpp yang penting masih ada lari-larinya tp ya kalau bisa sering hehe

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)