Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu

Alternatif Gula
sumber foto : berita9.com
Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu - Makanan manis memang menggoda apalagi mbak-mbak yang manis pasti lebih menggoda ya kan haha… Kita pasti sudah tidak asing dengan berbagai jenis makanan maupun minuman manis namun, dibalik dari rasa manis tersebut terdapat bahaya penyakit yang mengancam seperti diabetes mellitus. Kalau sudah sampai terkena diabetes mellitus maka pola makan kita tidak sebebas sebelumnya karena akan banyak makanan maupun minuman yang menjadi pantangan. Nah, daripada terkena diabetes terus pola makan jadi ribet dan tidak bebas hanya karena konsumsi gula yang tidak sehat di rumah lebih baik menggunakan alternatif pemanis lain. Dikutip dari healthmeup.com, berikut ini beberapa alternatif pengganti gula yang patut kalian coba :

1. Madu
Madu merupakan alternatif terbaik karena kaya akan nutrisi, mineral dan vitamin. Meski begitu kalian tetap membatasi konsumsi madu karena madu memiliki kalori lebih banyak daripada gula. Jadi, konsumsi secukupnya saja.

2. Kurma
Buah khas timur tengah satu ini sangat kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B6. Kalian dapat menambahkan kurma pada kue dan makanan penutup, bahkan kurma sangat baik bagi kalian yang menjalani program diet. 

3. Sirup jagung
Selain manis, sirup jagung juga kaya akan riboflavin yang bersifat antioksidan dan membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Tidak ketinggalan sirup jagung juga mengandung sejumlah mineral meski jumlahnya sedikit.

4. Gula Merah
Terakhir, yakni gula merah atau yang bisa disebut dengan gula jawa. Gula Merah memiliki ikatan sukrosa yang panjang yang membuat tubuh mencerna lebih lambat dan energi tidak lepas dengan mudah. Namun, perlu diingat kembali gula merah memiliki kalori yang tinggi.

Nah, itu tadi adalah empat bahan makanan yang bisa kalian jadikan alternatif pengganti gula tebu. Segera perkecil risiko terserang diabetes dengan mengkonsumsi pemanis yang aman, namun kalian tetap batasi konsumsinya jangan sampai berlebih oke. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : healthmeup.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 Comments

Comments
02 March, 2015 21:37 delete

madu dan kurma enak bergizi, sayang susah nyarinya..
sirup jagung manis, tapi untuk jenis HCFS justru kadar gulanya sangat tinggi..
yang paling murah dan paling mudah didapat nomor 4, gula merah, tapi mendingan gula pasir biasa kalau buat nyeduh teh & kopi

Reply
avatar
02 March, 2015 23:02 delete

Sirup jagung belum pernah nyoba tuh, nah kalo untuk madu agak susah juga nyari madu asli, alhamdulillah untuk kurma ada aja yang ngasih kalo ada yang pulang umrah

Reply
avatar
03 March, 2015 09:55 delete

iya mas gula merah paling mudah dijangkau,tapi konsumsi gula pasirnya jangan berlebih ya :)

Reply
avatar
03 March, 2015 09:56 delete

kurma enak buat ngemil haha cuma sayangnya kurma ramenya pas bulan ramadhan aja sih

Reply
avatar
03 March, 2015 10:11 delete

mantap bermanfaat banget... jadi ingat ortu yang kena diabetes....
kunjungi juga ya abandayzier.blogspot.com

Reply
avatar
03 March, 2015 13:46 delete

yg pakai madu lebih mantab mas.. :)

Reply
avatar
03 March, 2015 14:27 delete

Iya beneran mas, kalau kebanyakan konsumsi gula ntar bisa diabetes....ngeri ya kalau udah kena soalnya ga bisa sembuh hanya bisa diminimalisir....madu dan kurma pasti oke, kalau gula merah tak enak untuk minuman kecuali untuk makanan

Reply
avatar
03 March, 2015 16:14 delete

sama juga gan, pas ramadhan rame yang jualan kurma dan bermacam-macam kurma

Reply
avatar
03 March, 2015 18:31 delete

memang pas momennya buat buka puasa makan kurma

Reply
avatar
03 March, 2015 18:38 delete

sip sudah berkunjung keren blognya motivator hehe
harus dirawat bener" mas dan diingatkan pola makannya biar gula darahnya tidak melonjak

Reply
avatar
03 March, 2015 18:39 delete

iya hanya saja susah untuk menemukan madu yang asli kebanyakan udah campuran

Reply
avatar
03 March, 2015 18:41 delete

iya mas jadi ribet makannya kalau sudah diabetes, kalau saya waktu kecil dulu lebih suka gula merah daripada permen haha :D

Reply
avatar
03 March, 2015 22:23 delete

saya sekarang gula daranya dibawah 100, katanya dibawah normal, makanya jdi cepet capek ditambah kolestrol tinggi, disuruh menjaga makan, kurangi gorengan dan tambah minuman manis, beberpa makanan di atas ada juga yang belum pernah coba, siapa tahu ada yang mau ngirim mas.hehe

Reply
avatar
03 March, 2015 23:42 delete

semua bahan di atas mudah di dapat kok mas :)
saya sendiri blm pernah cek gula darah mas, disarankan juga rutin berolahraga mas biar stamina kuat juga

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)