Tips Agar Anak Tidak Susah Makan

Memberi Makan Anak
Sumber foto : freedigitalphotos.net
Tips Agar Anak Tidak Susah Makan - Sudah merupakan hal yang lumrah bila anak kecil terutama balita susah makan atau bila diberi makan mereka malah lari-lari yang akhirnya justru kita jadi kejar-kejaran dengan si anak. Hal ini tentu melelahkan bukan bayangkan saja setiap kali memberi makan kita harus kejar-kejaran terlebih dahulu dengan si anak. Huft, padahal anak kecil membutuhkan nutrisi dari makanan yang harus dipenuhi agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Apakah ada cara lain agar tidak perlu kejar-kejaran dengan si anak ketika member makan ? Ada kok, dilansir dari pbs.org berikut ini tips yang bisa dilakukan para ibu agar si kecil mudah diberi makan :

1. Sabar Dan Terus Mencoba
Yah, namanya juga ngeladenin anak kecil tentunya kesabaran dan ketelatenan ada kunci utama bagi para ibu dalam memberi makan si kecil. Jadi, jangan mudah menyerah dan teruslah mencoba.

2. Ciptakan Suasana Menyenangkan
Si kecil menjadi susah makan bisa jadi karena suasana makan yang tidak menyenangkan. Anak kecil memang penuh dengan imajinasi oleh karena itu ciptakanlah suasana yang menyenangkan buat si kecil dan jadikan kegiatan makan menjadi kegiatan yang seru. Memang untuk mengawalinya sangat susah terkadang bisa membuat sang ibu emosi karena si kecil tetap saja susah makan. Tetapi sang ibu harus memperhatikan poin kesatu di atas, yaitu sabar dan teruslah mencoba. Janganlah sekali-kali marah kepada si kecil bila dia susah makan karena justru membuat si kecil semakin tidak suka dengan kegiatan makan, jadi cobalah untuk tetap tersenyum daripada memarahinya.

3. Makanan
Nah, ini bagian yang paling sering jadi masalah. Si kecil mungkin susah makan karena rasa makanan yang kurang enak atau makanan tersebut bukan makanan favoritnya. Tetapi, terkadang makanan favorit si kecil justru makanan yang tidak lengkap nutrisinya oleh karenanya si ibu haruslah cerdas dan berinovasilah terhadap makanan. Anak kecil cenderung susah untuk makan sayur-sayuran jadi sang ibu harus pintar-pintar mengolah makanan dan usahakan buatlah tampilan makanan semenarik mungkin agar membuat si kecil tertarik dan hindari memberikan menu makan yang itu-itu saja setiap hari karena dapat membuat si kecil merasa bosan. Jadi, sang ibu harus berinovasi dan jangan lupakan kandungan nutrisi pada makan haruslah lengkap agar tumbuh kembang anak bisa optimal..

4. Kebersihan
Kebersihan makanan ataupun tempat makan dapat mempengaruhi rasa dan tampilan makanan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada nafsu makan si kecil. Selain itu hal yang terpenting adalah kebersihan dapat mempengaruhi kesehatan si kecil. Jadi, pastikan makanan dan tempat makan si kecil terjaga kebersihannya agar si kecil tetap sehat dan nutrisi pada makanan terserap dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara untuk mempermudah para ibu dalam memberi makan anak. Ibu yang cerdas tentu akan selalu berinovasi dan tetap sabar dan terus mencoba sehingga si kecil dapat terpenuhi nutrisinya sehingga tumbuh kembang menjadi optimal dan dapat menjadi anak yang cerdas dan berguna bagi semua orang. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : pbs.org

Lazada Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 Comments

Comments
05 February, 2015 20:01 delete

sabarr itu kunci utama soalnya kalo gak sabar yaa nantinya malah repot sendiri :v

Reply
avatar
05 February, 2015 23:18 delete

Sabar Dan Terus Mencoba, itu yang saya rasa praktek tersulit, sebab membutuhkan kesabaran ekstra jika anak lagi kumat bandelnya :D

Reply
avatar
06 February, 2015 10:39 delete

Sebab kalau sering emosi juga nanti si kecil kasian masih kecil sudah sering kena omel hanya karena makan

Reply
avatar
06 February, 2015 10:41 delete

Kalo om ibrahim kasi makan anak pakai cara yang mana hehe..

Reply
avatar
06 February, 2015 14:47 delete

tips diatas langsung dipraktekin ah, kebetulan sedang ngasih makan anak bungsuku nih.
makasih ilmunya yah

Reply
avatar
06 February, 2015 15:41 delete

Makasih ya kunjungannya moga anaknya bisa jadi anak yang cerdas soleh dan berguna bagi bangsa dan negara :)

Reply
avatar
07 February, 2015 01:59 delete

kalau saya sih terkadang dengan cara membujuk atau mencari makanan favoritnya terlebih dahulu :D

Reply
avatar
07 February, 2015 09:52 delete

nahh itu dia dan mengalah juga penting mas soalnya kadang ada juga anak yang mau makan kalo makannya sambil main :)

Reply
avatar
07 February, 2015 12:28 delete

haha berarti poin 2 dan 3 ya...
btw, tu anaknya umur brp om

Reply
avatar
07 February, 2015 12:34 delete

hha saya juga gitu sih dulu waktu masih kecil makan sambil main jadi makannya sambil pegang mobil-mobilan biar gak lari sana-sini hehe

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)