Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Beberapa Tips Mengatasinya

kantung mata

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Beberapa Tips Mengatasinya - Seiring bertambahnya usia banyak orang yang memiliki kantung mata, hal ini tentu hal yang lumrah karena seiring bertambahnya usia tingkat kolagen pada kulit akan menurun sehingga menyebabkan kulit tidak sekencang muda dulu. Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan kantung mata bukan hanya karena pertambahan usia saja, toh banyak juga orang yang masih muda tetapi memilki kantung mata. Oleh karena itu mari kita simak penyebab timbulnya kantung mata berikut ini yang dikutip dari meetdoctor.com agar kita bisa melakukan pencegahan:

1. Batasi konsumsi garam
Mengkonsumsi garam yang berlebih atau cukup tinggi dapat meningkatkan pengumpulan cairan dalam tubuh. Fenomena ini terlihat jelas pada bagian tubuh yang tersusun dari jaringan longgar seperti area sekitar mata.

2. Ubah posisi tidur
Posisi tidur dapat salah dapat meningkatkan akumulasi tubuh yang letaknya paling rendah. Lalu, bagaimankah posisi tidur kalian? atau tidak ingat karena kalian tidurnya suka berpindah-pindah posisi bila terlelap? Disarankan posisi tidur terlentang dengan tambahan bantal di bawah kepala.
(baca juga : Bahaya Kurang Tidur)

3. Hapus make up sebelum tidur
Terkadang saat badan sudah terasa lelah dan rasanya sudah ingin segera tidur membuat kita lupa untuk menghapus make up, padahal make up dapat menimbulkan iritasi pada kulit, mata berair, dan pembengkakan pada mata. Jadi, usahakan untuk selalu membersihkan make up dengan cara cuci muka dengan sabun pembersih wajah sebelum tidur dan tahanlah dulu rasa kantuknya daripada nanti timbul kantung mata.

4. Waspadai kebiasaan
Apakah kalian merokok? atau mengkonsumsi alkohol? sebaiknya hentikan! karena kedua kebiasaan ini mengurangi kelembaban kulit yang akhirnya berdampak pada timbulnya kantung mata. Lebih baik biasakanlah untuk rajin minum air putih, karena air putih dapat menambah cairan tubuh yang hilang saat kita beraktivitas sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

5. Lindungi mata dari sinar UV
Sinar UV dapat membuat timbulnya kantung mata dan keriput bila terpapar secara berlebih. Agar tidak timbulnya kantung mata kalian bisa menggunakan kacamata hitam, krim tabir surya dan topi agar area sekitar mata tidak terpapar sinar UV secara langsung.

Nah, itu tadi beberapa penyebab timbulnya kantung mata, tetapi bagaimana jika kantung mata sudah terlanjur timbul? Tenang berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya :

1. Hilangkan bengkak dengan kompres dingin
Selain bisa mengatasi demam, kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan pada kelopak mata. Selain kompres dingin kalian juga dapat menggunakan potongan mentimun, kantung teh, maupun sendok dingin sebagai alat kompres.

2. Gunakan krim mata dan concealer
Kantung mata dapat dikurangi dengan menggunakan krim mata karena kandungan retinol yang dimilikinya. Krim mata ini pun bisa kalian dapatkan dengan mudah di pasaran. Tips lainnya kalian bisa menggunakan concealer untuk menyamarkan bagian yang berwarna lebih gelap di bawah mata.

Well, itu tadi beberapa penyebab timbulnya kantung mata dan tips untuk mengatasinya bila kantung mata sudah terlanjur timbul. Kantung mata juga dapat mengurangi penampilan yang membuat wajah kita terlihat lebih tua kan jadi tidak oke gitu masih muda tapi muka keliatan tua karena kantung mata. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Comments

Comments
11 February, 2015 19:17 delete

Kompres dan kompres, asyiknya menggunakan es batu tu mas, biar langsung adem hiihii

Reply
avatar
11 February, 2015 21:51 delete

apalagi istri yang ngompresin jadi cepet hilang kantung mata ya kan om hehe

Reply
avatar
12 February, 2015 23:52 delete

Setuju pak, yang penting romantis saat ngompress nya hiiihiii

Reply
avatar
13 February, 2015 09:38 delete

wah jangan panggil pak dong om hha..
tp sayangnya saya belum punya istri om :D

Reply
avatar
14 February, 2015 19:01 delete

kalau terlalu sering didepan layar monitor gimana mas?

Reply
avatar
15 February, 2015 19:25 delete

sebenarnya bukan masalah layar monitornya, tetapi kalau kurang tidur juga bisa menyebabkan kantung mata

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)