Makanan Manis dan Bermanfaat Bernama Cokelat

Cokelat
sumber foto : pixabay.com
Makanan Manis dan Bermanfaat Bernama Cokelat - Cokelat, makanan olahan yang memiliki rasa yang nikmat dan manis serta memiliki aroma yang khas tentu membuatnya disukai banyak orang. Dibalik kenikmatannya cokelat juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Sebelum kita membahas manfaat dari cokelat, sebenarnya apa sih cokelat itu dan kandungan apa yang terdapat di dalamnya sehingga memiliki manfaat bagi tubuh.

Cokelat merupakan makanan yang diolah dari tanaman cocoa yang mana memiliki kandungan flavonoids yang tinggi. Nah, Flavonoids adalah bahan alami yang ada pada tanaman yang bekerja efektif melindungi tanaman dari racun dan memperbaiki kerusakan sel. Ternyata flavonoids ini juga memberikan manfaat agi tubuh manusia, yaitu berfungsi sebagai antioksidan yang berperan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. 

Pada cokelat, jenis flavonoids yang terkandung adalah flavanols. Flavanols memberikan manfaat yang baik bagi pembuluh darah dengan menurunkan tekanan darah serta memperbaiki aliran darah ke jantung dan otak. Flavanols juga dapat menciptakan sel-sel dalam darah menjadi tidak lengket dan mudah membeku. Namun, apakah semua jenis cokelat dapat memberikan manfaat ?

Sebenarnya, buah cocoa yang masih mentah memiliki flavanols yang tinggi namun karena cokelat yang biasa kita konsumsi telah melewati berbagai macam proses yang dilalui, seperti fermentasi dan pemanggangan yang membuat kadar flavanols pada cokelat berkurang. Tapi tenang karena hampir setiap produsen cokelat berusaha mempertahankan kandungan flavanols selama proses pengolahan.

Memang banyak ragam cokelat yang hadir di pasaran namun tidak kesemua cokelat tersebut memiliki kandungan flavanols yang tinggi. Sehingga, disarankan untuk mengkonsumsi dark cokelat atau cokelat hitam yang pekat karena memiliki kandungan flavanols paling mendekati dengan buah cocoa.

Dark cokelat merupakan pilihan bijak bagi kalian penggemar cokelat namun tetap batasi konsumsinya jangan berlebihan karena justru memberikan efek negatif bagi tubuh. Disarankan mengkonsumsi cokelat hanya beberapa kali dalam semingga dan dengan porsi sedang. Tidak ketinggalan, janganlah lupakan mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan tubuh terpenuhi dan menjadi seimbang. Sekian infonya semoga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 Comments

Comments
09 February, 2015 21:59 delete

cakelat adalah makanan kesukaan, terima kasih sharenya ya

Reply
avatar
09 February, 2015 22:25 delete

Saat ini saya sedang menjauhi cokelat mas, sebab asam lambung lagi demon ni, kabarnya cokelat ndak bagus untuk asam lambung, :D

Reply
avatar
09 February, 2015 23:16 delete

Cokelat, sepertinya pas buat momen Valentine Mas Deni, walaupun tidak muda lagi yang penting jiwa harus tetap muda, bukan begitu Mas Denny?

Reply
avatar
10 February, 2015 10:01 delete

tapi jangan makan banyak-banyak ya

Reply
avatar
10 February, 2015 10:11 delete

iya mas karena cokelat termasuk susah dicerna

Reply
avatar
10 February, 2015 10:12 delete

iya mas cuma yang bikin penasaran kenapa coklat laris banget ya pas valentine knp gk makanan yg lain?

Reply
avatar
11 February, 2015 16:46 delete

katanya dark coklat mempunyai fungsi tambahan ya mas, tapi lupa saya. kemarin saya juga beli coklat karena badan lemes.

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)