Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kembung


Perut Kembung
Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kembung - Perut kembung sering kali menyerang ketika kita sehabis makan, ketika perut kembung menyerang perut terasa penuh dan terlihat membesar yang mana rasanya benar-benar tidak nyaman. Perut kembung juga menyebabkan kita ingin buang angin, sendawa dan yang paling tidak enak perut terasa bergejolak.

Kenapa kita bisa terserang perut kembung sehabis makan? Hal ini disebabkan makanan yang kita konsumsi mengandung gas. Bila perut sudah kembung ada beberapa makanan yang baik dan tidak baik untuk kalian konsumsi. Dilansir dari meetdoctor.com berikut ini daftar makan yang baik dikonsumsi dan tidak baik dikonsumsi saat perut kembung :

Pertama kita mulai dari yang baik dikonsumsi terlebih dahulu :

1. Mentimun
Mentimun mengandung quercetin, yaitu antioksidan flavonoid yang mana dapat mengurangi gas pada perut.

2. Pisang
Buah yang kaya akan kalium ini dapat mencegah terjadinya retensi air dalam tubuh melalui pengaturan kadar Natrium. Sehingga, risiko perut kembung pun berkurang.

3. Pepaya
Enzim yang terdapat pada buah pepaya yaitu Papain dapat membantu pemecahan protein dalam sistem pencernaan , sehingga akan mempermudah proses penyerapan dalam tubuh.

baca juga : Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan
Nah, kali ini yang tidak baik dikonsumsi ketika perut kembung :

1. Brokoli dan Kubis
Brokoli dan kubis adalah jenis sayuran yang mengandung rafinosa yaitu senyawa gula yang hanya bisa dicerna setelah melalui proses fermentasi oleh bakteri. Proses fermentasi menyebabkan timbulnya gas dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

2. Kacang-kacangan
Terdapat beberapa jenis kacang-kacangan yang menybabkan perut kembong, contohnya seperti kacang kedelai dan kacang polong. Hal ini dikarenakan kacang tersebut mengandung oligosakarida yang mana agar dapat dicerna dan diserap oleh usus harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu oleh bakteri di usus besar.

3. Produk susu
Jika setelah kalian mengkonsumsi produk susu perut menjadi terasa kembung, itu artinya kalian memiliki intoleransi terhadap laktosa. Karena tubuh kalian kekurangan enzim untuk mencerna laktosa, sehingga menyebabkan terjadinya pembentukan gas dalam saluran pencernaan dan perut pun menjadi kembung.

Nah, jadi itu tadi adalah beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat perut kembung. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)