Lawan Kolesterol Jahat Dengan Kolesterol Baik


Makanan Meningkatkan Kolesterol Baik
Lawan Kolesterol Jahat Dengan Kolesterol Baik - Setiap kali kita mendengar kata kolesterol pasti yang muncul di pikiran kita adalah kolesterol adalah penjahat di dalam tubuh kita yang mana membuat tubuh terserang penyakit-penyakit berbahaya yang mana untuk menyembuhkannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, tahukah kalian bahwa kolesterol ada yang jahat dan yang baik. Nah, kolesterol yang jahat lah yang membuat kita terserang penyakit, terus kolesterol baik itu untuk apa dong? Tenang saya bakal ngejelasin tentang kolesterol baik di sini. Jadi yang perlu kalian siapkan posisi duduk yang nyaman dan secangkir teh biar rileks hehe….

Kolesterol baik atau yang bahasa kerennya disebut HDL berfungsi untuk membuang kolesterol jahat dari pembuluh darah sehingga HDL dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang diakibatkan kolesterol jahat. Nah, sekarang yang jadi masalah kebanyakan orang justru memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi dan kadar kolesterol baiknya di bawah normal. Terus gimana dong supaya kadar kolesterol baik atau HDLnya berada di tingkat normal? Oke, sekarangkan tenangkan diri kalian dan cek apakah posisi duduk kalian masih nyaman atau tidak dan juga cek gelas kalian apakah tehnya sudah habis belum kalau habis segeralah isi ulang haha.. Karena saya bakal kasih cara-cara sederhana yang dapat menaikan kadar kolesterol baik atau HDL kalian. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini cara-cara sederhana untuk manaikkan kadar kolesterol baik atau HDL : 

1. Olahraga
Berolahraga selama setengah jam sehari dan minimal lima kali seminggu dapat membantu meningkatkan kolesterol baik bahkan melakukan aktivitas sehari-hari di rumah seperti berkebun juga dapat membantu.

2. Diet yang Tepat
Menjalankan diet yang tepat dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, karena lemak jenuh dapat menaikan kadar kolesterol jahat dan merusak pembuluh darah.

3. Konsumsi Oat
Rutin mengkonsumsi oat dan kacang-kacangan. Oat juga cocok dijadikan sarapan sebelum memulai aktivitas.

4. Jeruk
Buah jeruk mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat manaikkan kadar HDL. Minum jus jeruk setiap hari. Antioksidan dalam jeruk yang tinggi dapat menaikkan kadar HDL.
5. Mengkonsumsi makanan dan suplemen omega-3
Omega-3 selain baik untuk perkembangan otak juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk itu konsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon atau kalian dapat menggantinya dengan konsumsi suplemen omega-3.

6. Konsumsi Kedelai
Sebagai contoh kalian dapat mengkonsumsi kacang kedelai yang kaya akan serat. Dan yang paling utama Protein yang ada pada kedelai baik untuk menggantikan protein yang berasal dari hewan yang memiliki lemak jenuh.

7. Berhenti merokok
Kita semua pasti tahu betapa berbahayanya pembunuh berdarah dingin bernama rokok jadi bagi kalian yang perokok segeralah berhenti. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga sepuluh persen.
8. Obesitas
Obesitas merupakan salah satu pemicu turunnya kolesterol baik, maka segeralah perbaiki pola hidup dan turun berat badan hingga ideal. 

9. Minyak Zaitun
Minyak goreng yang biasa kita pakai dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat oleh karena itu kalian dapat menggantinya dengan minyak zaitun.

10. Stop Minum Alkohol
Alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan serta dapat membuat kita mabuk. Oleh karena itu hindarilah konsumsi alkohol dan ganti dengan air putih yang mana lebih baik dan memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, segeralah perbaiki pola hidup. Hidup cuma sekali rugi kan kalau tidak bisa dinikmati karena sakit-sakitan. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)