Cara Alami dan Ampuh Untuk Atasi Sakit Kepala

Pusing
sumber foto : pixabay.com

Cara Alami Atasi Sakit Kepala - Sakit kepala memang bisa terjadi kapan saja baik yang ringan maupun berat. Obat sakit kepala memang mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau namun obat-obatan tersebut mengandung bahan kimia sehingga memberikan efek samping dan dapat membuat kita jadi ketergantungan. Nah, sebagai gantinya kalian bisa menggunakan obat sakit kepala yang alami yang mana aman dan tidak memberikan efek samping. Tetapi sebelum saya memberitahukan obatnya, disini saya bakal ngejelasin secara singkat apa itu sakit kepala.

Sakit kepala adalah suatu kondisi yang mana kita akan merasa sakit di kepala hingga leher. Hal yang menyebabkan sakit kepala pun beragam mulai dari kurang istirahat, terpapar sinar matahari yang terlalu panas hingga menghirup wewangian yang aromanya sangat menyengat. Baiklah tadi penjelasan singkat mengenai sakit kepala. Nah, sekaran adalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu saya akan memberitahukan obat yang alami untuk mengatasi sakit kepala. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini obatnya :

1. Akupunktur
Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang berasal dari Cina yang mana akupuntur dilakukan dengan cara memasukkan jarum-jarum ke titik-titik tertentu pada tubuh. Akupuntur tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang karena jarum-jarum yang dimasukkan ke tititk-titik tubuh yang tidak sembarangan sehingga harus seorang ahli yang melakukannya. Akupunktur dipercaya dapat membantu mencegah sakit kepala hingga migrain akut Bahkan sakit kepala tegang dan sakit kepala kronis bisa diatasi. 

2. Pijat
Pijat memang enak bikin tubuh jadi rileks kembali sehingga pijat bisa menjadi obat sakit kepala yang alami. Caranya memijatnya adalah dengan menggosok atau memijat bagian pelipis, punggung, kepala, leher, hingga bahu. Lakukanlah pijatan dengan lembut pada bagian kepala yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk atau ibu jari secara berputar selama 7–15 menit. Jika sakit kepala belum reda, ulangi kembali lalu berbaring kemudian tidur.

3. Olahraga
Dengan melakukan peregangan atau stretching dapat membuat otot yang tegang menjadi rileks. Terlebih pada bagian punggung atas, leher, dan bahu. Bila kalian kebetualan bisa melakukan senam yoga akan lebih baik karena senam yoga dapat membantu menurunkan ketegangan pada otot-otot. Atau opsi lainnya dengan melakukan aerobik secara teratur misalnya jalan cepat, bersepeda, atau berenang.
4. Meditasi
Kalian dapat menerapkan berbagai macam teknik meditasi untuk mefokuskan perhatian dan menenangkan pikiran sehingga tubuh menjadi rileks, sehingga rasa sakit kepala bisa berkurang.
5. Kompres
Mengompres kepala dengan kompres dingin atau kompres panas dapat membantu mengatasi sakit kepala. Dengan kompres dingin maka akan mengurangi sakit kepala karena menurunkan ambang rangsang nyeri dan mengurangi peradangan di otot-otot kepala dan leher. Sedangkan kompres hangat akan melemaskan otot dan melebarkan pembuluh darah. Lakukan kompres hangat atau dingin kurang lebih 15 menit. Kalian dapat melakukannya berulang kali atau bergantian antara kompres panas dan kompres dingin. Sebagai tambahan, selain kepala kalian kompres juga area dahi, pelipis atau leher belakang.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara mengatasi sakit kepala secara alami yang pastinya tidak ada efek sampingnya atau mungkin kalian ingin mencegah sakit kepala dengan mengetahui faktor-faktor penyebab sakit kepala yang bisa kalian baca di sini. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)