Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi - mabesdenny

Buah dan Sayuran
sumber : pixabay.com

Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi - Kita semua pasti tahu bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran sangatlah baik bagi kesehatan. Namun, apakah cara mengolahnya sudah benar? karena bila salah dalam mengolahnya maka, kita tidak dapat memaksimalkan manfaat yang dimiliki buah dan sayuran tersebut. Dilansir dari womenshealthmag.com, seorang ahli nutrisi yakni, Katie Cayuto, R.D menjabarkan beberapa jenis buah dan sayuran yang sebaiknya jangan dikupas untuk dikonsumsi dan berikut ini buah dan sayuran tersebut :

Kentang
Ternyata 20 persen nutrisi dari umbi batang ini seperti vitamin B dan mineral kelumit terdapat pada kulit kentang termasuk seratnya pun ada dalam kulitnya. Jadi, ketika Agan ingin mengolah kentang, cukup bersihkan saja kulitnya dan tidak perlu mengupasnya.,

Terong
Yap terong, bukan terong-terongan hehe… Kulit terong dapat mengatasi kerusakan kulit karena penuaan atau penyakit hal ini dikarenakan kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut nasunin.

Ubi
Kulit ubi mengandung vitamin C, kalium, dan betakaroten. Jadi cara mengolahnya sama seperti kentang cukup dibersihkan kulitnya tetapi jangan kupas kulitnya.

Mentimun
Kulit mentimun mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh serta serat. Kandungan seratnya juga dapat mencegah konstipasi. Admin juga lebih doyan mentimun yang kulitnya tidak dikupas sebab rasanya jadi lebih crunchy.
Wortel
Salah satu favorit ane ini memiliki kandungan antioksidan yang berada tepat di bawah kulitnya. Jadi cukup cuci wortel tanpa harus mengupasnya jika akan mengolahnya.
Wortel Parsnip
Biasa disebut wortel putih, parsnip tidak terlalu manis. Dan sama dengan wortel berwarna jingga lainnya, kandungan antioksidan wortel ini juga ada tepat di bawah kulitnya.

Apel
Kulit apel kaya akan serat, sehingga jika kita mengonsumsi buah ini tanpa mengupas kulitnya, kita akan merasa cepat kenyang dan pencernaan pun lancar. Kulit apel kaya akan quercitin, vitamin C, dan triterpenoid yang dapat melawan kanker. Namun, jangan lupa untuk mencuci kulitnya dengan bersih terlebih dahulu.

Nah, tadi itu tujuh buah dan sayuran yang kulitnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jadi sayang banget kan kalau dibuang kulitnya. Namun, jangan sampai lupa untuk mencuci bersih kulitnya terlebih dahulu sebelum mengolahnya,oke! Sekian infonya moga bermanfaat yah.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi


Buah dan Sayuran
sumber : pixabay.com

Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi - Kita semua pasti tahu bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran sangatlah baik bagi kesehatan. Namun, apakah cara mengolahnya sudah benar? karena bila salah dalam mengolahnya maka, kita tidak dapat memaksimalkan manfaat yang dimiliki buah dan sayuran tersebut. Dilansir dari womenshealthmag.com, seorang ahli nutrisi yakni, Katie Cayuto, R.D menjabarkan beberapa jenis buah dan sayuran yang sebaiknya jangan dikupas untuk dikonsumsi dan berikut ini buah dan sayuran tersebut :

Kentang
Ternyata 20 persen nutrisi dari umbi batang ini seperti vitamin B dan mineral kelumit terdapat pada kulit kentang termasuk seratnya pun ada dalam kulitnya. Jadi, ketika Agan ingin mengolah kentang, cukup bersihkan saja kulitnya dan tidak perlu mengupasnya.,

Terong
Yap terong, bukan terong-terongan hehe… Kulit terong dapat mengatasi kerusakan kulit karena penuaan atau penyakit hal ini dikarenakan kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut nasunin.

Ubi
Kulit ubi mengandung vitamin C, kalium, dan betakaroten. Jadi cara mengolahnya sama seperti kentang cukup dibersihkan kulitnya tetapi jangan kupas kulitnya.

Mentimun
Kulit mentimun mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh serta serat. Kandungan seratnya juga dapat mencegah konstipasi. Admin juga lebih doyan mentimun yang kulitnya tidak dikupas sebab rasanya jadi lebih crunchy.
Wortel
Salah satu favorit ane ini memiliki kandungan antioksidan yang berada tepat di bawah kulitnya. Jadi cukup cuci wortel tanpa harus mengupasnya jika akan mengolahnya.
Wortel Parsnip
Biasa disebut wortel putih, parsnip tidak terlalu manis. Dan sama dengan wortel berwarna jingga lainnya, kandungan antioksidan wortel ini juga ada tepat di bawah kulitnya.

Apel
Kulit apel kaya akan serat, sehingga jika kita mengonsumsi buah ini tanpa mengupas kulitnya, kita akan merasa cepat kenyang dan pencernaan pun lancar. Kulit apel kaya akan quercitin, vitamin C, dan triterpenoid yang dapat melawan kanker. Namun, jangan lupa untuk mencuci kulitnya dengan bersih terlebih dahulu.

Nah, tadi itu tujuh buah dan sayuran yang kulitnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jadi sayang banget kan kalau dibuang kulitnya. Namun, jangan sampai lupa untuk mencuci bersih kulitnya terlebih dahulu sebelum mengolahnya,oke! Sekian infonya moga bermanfaat yah.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

14 comments:

  1. ternyata kandungan nutrisinya cukup tinggi, biasanya ya dibuang ajah..
    cuma kadang takut makan kulitnya, spti kebanyakan buah sekarang yang banyak disemprot peptisida, atau yang dilapis lilin spti apel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mas susah juga untuk meminimalisir di cuci sampai bersih aja dulu lalu berdoa hehe

      Delete
    2. iya memang harus berdoa kalau menghadap rejeki. asal jangan doa minta hujan aja den.

      Delete
    3. bisanya doa jomblo di malam minggu tu mbah hha :D

      Delete
  2. jika buah dan sayurannya yang disebutkan di atas bisa dimaklum dan saya sanggup kulitnya ngga di kupas dulu, kalau makan buah duren, masa ngga di kupas dulu ... debus dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih bukan debus kang...cari penyakit kalau makan kulit durian...hahahaaa

      Delete
    2. kalau kerongkongan gatal makan aja kulit duren sapa tau plong hha

      Delete
  3. ya saya kalau makan ubi malah suka di kupas dulu,berarti salah dong :(
    Terimakasih infonya bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini saya ajarin makan ubi yang benar mbak.

      Delete
    2. tuh mau diajarin mbak sama mbah
      dia pakar ubi loh muridnya mang lembu hha :D

      Delete
  4. kalau wortel dan timun saya makan tanpa kupas kulitnya. tapi timunnya jangan juga yang besar, yang sedang saja. karena kalau kebesaran kulitnya juga rada tidak enak. sama halnya dengan wortel, makannya hanya direbus langsung habis itu langsung kunyah gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau timun enak yang masih crunchy mbah kalau wortel saya seneng yang muda terus gak usah direbus cukup dibuang pinggirannya lalu cuci trus makan deh :)

      Delete
  5. brarti kalo makan ubi harus sama kulitnya dong. maka sayah suka di buang kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali sebaiknya ubinya dikonsumsi dengan cara direbus lalu makan dengan kulitnya

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)