Makanan Sehat Pengganti Beras Putih


Nasi Putih
Makanan Sehat Pengganti Beras Putih - Seperti yang kita tahu beras putih merupakan makanan pokok sehari-hari kita warga Indonesia. Bahkan, sampai ada istilah yang tumbuh di masyarakat yaitu “ Kalau tidak makan nasi tidak kenyang “, meski nasi putih mengandung karbohidrat untuk menyuplai energi kita, ternyata nasi putih bukan pilihan yang paling sehat.

Dalam mengkonsumsi nasi putih harus dibatasi dan dibarengi dengan banyak sayuran maupun kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini adalah beberapa alternatif pengganti nasi putih yang lebih sehat :

1. Beras cokelat
Beras cokelat termasuk jenis gandum utuh yang memiliki lebih banyak nutrisi dan serat dibandingkan beras putih. Seperti selenium yang baik bagi kesehatan jantung dan vitamin B3 yang baik untuk produksi hormon. Salah satu jenis dari beras cokelat yaitu beras merah ternyata mengandung lebih banyak zinc dan zat besi daripada beras cokelat.

2.Quinoa
Quinoa adalah pilihan yang lebih sehat lagi dibandingkan beras cokelat. Alasannya adalah kandungan protein yang komplet dan riboflavin untuk melawan radikal bebas dan juga memiliki asam folat, zinc, serta zat besi yang lebih banyak daripada beras cokelat.

3.Barley

Barley juga termasuk jenis gandum utuh yang sehat kaya akan serat, selenium, mineral, fosfor, tembaga, dan mangan. Serat pada barley lebih banyak dibandingkan beras cokelat. Barley yang dikonsumsi dengan kulit yang masih utuh mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan barley yang sudah dikupas.

4.Beras kembang kol
Untuk jenis beras satu ini sama sekali tidak mengandung benih gandum, bebas gluten, dan memiliki nutrisi yang dapat membantu mencegah kanker, membersihkan racun dari tubuh, mengandum vitamin C dan mineral mangan yang berkerja sebagai antioksidan, juga memiliki vitamin K yang bekerja sebagai anti radang, serta menyehatkan sistem pencernaan karena memiliki serat dan sulforaphane. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan kembang kol dengan bantuan food processor yang bisa dibeli di sini ( Free Ongkir!).

Nah, tadi adalah beberapa alternative pengganti beras putih yang lebih sehat dan juga memberikan energi yang tahan lama. Sekian infonya moga bermanfaat ya

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Comments

Comments
09 April, 2015 17:29 delete

baru denger saaya Beras kembang kol hehehe. ternyata bisa mengganti nasi putih juga ya mas, vitaminnyapun lmyan banyak ..

Reply
avatar
09 April, 2015 17:30 delete

baru denger saaya Beras kembang kol hehehe. ternyata bisa mengganti nasi putih juga ya mas, vitaminnyapun lmyan banyak ..

Reply
avatar
09 April, 2015 21:09 delete

ternyata ada alternatif lain yang bisa dikonsumsi selain beras ya mas,nice info mas,saya ctrl + D dulu deh

Reply
avatar
09 April, 2015 21:10 delete

hehehe saya juga baru tahu mas,wakakaka

Reply
avatar
09 April, 2015 21:50 delete

memang susah di dapat mas beras kembang kol yang paling mudah di dapat ya beras cokelat mas di supermarket

Reply
avatar
09 April, 2015 21:51 delete

silahkan mas makasih atas kunjungannya senang sekali artikelnya bisa membantu :)

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)