Inilah Jenis-jenis Obat Sariawan yang Tepat, Jangan Sembarang Pilih Ya


Sariawan
Inilah Jenis-jenis Obat Sariawan yang Tepat, Jangan Sembarang Pilih Ya - Memang menjengkelkan kalau terserang sariawan, aktivitas yang berhubungan dengan mulut seperti makan dan minum menjadi tidak nyaman karenApakah Anda mengalami sariawan? Meski tampak sepele, sariawan bisa mengganggu rasa sakit dan perih yang ditimbulkan. Pada dasarnya sariawan akan sembuh sendiri dalam kurun waktu 10 – 14 hari. Namun untuk mempercepat penyembuhannya seperti :
  • Sikat gigi menggunakan bulu sikat yang lembut. 
  • Hindari makanan yang keras, tajam, pedas, dan asam. 
  • Banyak mengonsumsi makanan yang mudah dikunyah. 
Kemudian, apa saja sih obat sariawan yang bisa kita pakai? Perlu dicatat, sebelum membeli obat ini, bertanyalah terlebih dahulu mengenai kandungan bahan kimia di dalamnya. Terutama, bila kalian sedang hamil atau menyusui. Dikutip dari meetdoctor.com,Berikut ini berbagai jenis obat sariawan yang bisa kalian pakai : 

1. Obat anti inflamasi 
Kandungan kortikosteroid di dalam obat sariawan ini sanggup meredakan peradangan dan menghilangkan rasa sakit sariawan sambil mempercepat penyembuhan. Kortikosteroid tersedia dalam bentuk obat kumur dan semprotan. Tapi, konsumsi obat ini hanya diizinkan bagi anak-anak berusia 12 tahun ke atas. 

2. Obat kumur anti kuman 
Obat kumur anti kuman ampuh untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan sariawan. Terutama, jika sariawan tersebut mengganggu kalian dalam menggosok gigi. Jenis obat kumur yang sering digunakan orang dewasa mengandung Chlorhexidine gluconate dan dapat diperoleh dengan resep dokter. Gunakan obat kumur tersebut sebanyak 2 kali sehari. Efek samping obat kumur ini adalah gigi berwarna kecokelatan. Tapi, tenang aja, sebab hal ini hanya muncul selama perawatan berlangsung. Sebelum menggunakan obat kumur jenis ini, kalian harus menyikat gigi hingga bersih dan berkumur dengan air hingga terlebih dahulu dan juga obat kumur ini tidak boleh digunakan anak yang berumur di bawah 2 tahun. 

3. Obat penghilang rasa sakit 
Jika sariawan terasa sangat sakit, dokter biasanya akan meresepkan obat penghilang rasa sakit yang dapat langsung diaplikasikan ke sariawan dalam bentuk obat kumur, semprotan, tablet hisap, dan gel. Obat kumur maupun semprotan yang paling sering digunakan sebagai obat sariawan biasanya mengandung benzydamine. Obat kumur ini tidak boleh digunakan anak yang berusia di bawah 12 tahun dan tidak boleh digunakan selama 7 hari berturut-turut. Pertama kali dikenakan, obat kumur benzydamine akan menimbulkan rasa menyengat yang akan berkurang seiring penggunaannya secara teratur. Campurkan obat kumur ini dengan air jika kalian tidak tahan dengan sensasi menyengat yang ditimbulkan obat ini. Oh iya, pada penggunaan obat kumur jenis benzydamine, mulut akan terasa mati rasa saat pertama kali dikenakan. Namun, hal ini akan berlangsung sementara aja kok. 

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu jagalah kesehatan dan kebersihan mulut kalian yah agar terhindar dari sariawan. Sekian infonya moga bermanfaat 

Terima kasih sudah berkunjung :) 

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)