Cara Alami dan Mudah Untuk Mencegah Bibir Kering


Bibir Kering
Cara Alami dan Mudah Untuk Mencegah Bibir Kering - Tidak jarang memang kita mengalami bibir kering, hal ini merupakan hal yang wajar terjadi di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Apalagi, kulit bibir termasuk tipis sehingga lebih rentan kering hingga pecah-pecah. Bayangkan saja, kulit bibir bisa kehilangan kelembapannya hingga 10 kali lipat bila dibandingkan kulit lain.

Selain udara yang kering, bibir kering juga bisa disebabkan oleh dehidrasi (baca juga : Tips Menghindari Dehidrasi), alergi hingga pasta gigi. Bibir kering akan menimbulkan rasa nyeri bila sampai pecah-pecah. Terus, bagaimana cara ngatasinnya ? Nah, dikutip dari meetdoctor.com berikut ini tips yang bisa kalian coba :

  • Lindungi bibir dari udara yang dingin dan kering atau panas. Misalnya, bila mau keluar rumah dan cuaca sedang dingin atau panas, pakailah pelembap bibir terlebih dahulu. kalian bisa memakai lip balm yang mengandung sunscreen.
  • Hindari kebiasaan menjilat bibir karena hal ini justru akan memperparah bibir kering yang mana air liur mudah menguap sehingga membuat bibir menjadi lebih kering daripada sebelumnya. Air liur juga mengandung asam untuk mempermudah menelan makanan tetapi, asam pada air liur ini juga bisa membuat kulit bibir teriritasi.
  • Saat mengalami bibir kering, jangan menggosok, mengelupas, atau menggigit.
Usahakan agar tubuh terpenuhi kebutuhan cairannya sebab salah satu penyebab bibir kering adalah dehidrasi. Jadi, minumlah banyak air secara teratur. Kemudian, Hindari pemicu-pemicu alergi seperti pewangi ruangan serta pewarna buatan dalam kosmetik, produk perawatan kulit, hingga makanan yang dapat memicu reaksi alergi dan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering juga dengan membiasakan diri bernafas hanya melalui hidung karena bernafas melalui mulut dapat menyebabkan bibir jadi lebih kering. Sekian infonya moga bermanfaat ya

terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)