Mitos Sakit Punggung yang Harus Kalian Ketahui


Sakit Punggung
Mitos Sakit Punggung yang Harus Kalian Ketahui - Kalian sering sakit punggung? Ya memang sakit punggung banyak dialami orang-orang. Malah seiring dengan bertambahnya usia, 8 dari 10 orang akan mengalami sakit punggung. Sakit punggung akan semakin parah jika kalian memiliki terlalu banyak aktivitas yang mana mengakibatkan tubuh semakin tegang. Nah, dikutip dari meetdoctor.com banyak sekali mitos seputar sakit punggung yang perlu kalian ketahui karena mitos ini justru malah membuat sakit punggunya makin menyulitkan penderitanya :

Mitos: Hindari sakit punggung dengan duduk tegak. 
Fakta: Duduk membungkuk memang memperburuk kondisi punggung dan ahli kesehatan juga mengatakan duduk terlalu tegak dalam waktu lama dapat mencederai punggung. Jadi, lebih baik kalian memilih posisi duduk yang nyaman dan diberi sandaran berupa bantal pada punggung dan juga pastikan posisi kaki nyaman dan menyentuh lantai untuk menghindari nyeri punggung. 

Mitos: Istirahat adalah cara terbaik untuk mengatasi sakit punggung.
Saat sakit punggung datang menyerang, mengistirahatkan punggung memang bisa menjadi pilihan. Tapi beristirahat di tempat tidur atau bed rest selama 1 – 2 hari malah memperburuk sakit punggung. Alangkah baiknya melakukan peregangan, berenang, dan berjalan untuk mengatasi sakit punggung atau lakukan beberapa kegiatan sembari berdiri. 

Mitos: Olahraga membuat sakit punggung tambah parah.
Banyak orang yang justru menghindari olahraga ketika merasakan sakit punggung karena khawatir sakit punggungnya malah makin memburuk. Di sisi lain, olahraga teratur tidak cocok untuk penderita sakit punggung, terutama yang disebabkan oleh cedera. Namun, para dokter biasanya menyarankan olahraga ringan yang intensitasnya makin meningkat secara bertahap. Saat sakit punggung reda, dokter akan memberikan latihan rutin untuk menghindari sakit punggung kambuh kembali.

Mitos: Menurunkan berat badan ampuh sembuhkan sakit punggung.
Berat badan yang berlebihan memang memperbesar risiko sakit punggung. Namun, orang kurus atau menderita anoreksia pun bisa menderita sakit punggung sebab berisiko Mengalami osteoporosis. Faktor risiko yang lebih berperan bagi nyeri punggung antara lain usia, cedera, tidak aktif bergerak, postur tubuh yang kurang baik, posisi tidur, merokok, dan stres. 

Pada umumnya sakit punggung mereda dalam beberapa minggu. Di rumah, kalian bisa melakukan beberapa perawatan seperti menghindari membungkuk, mengangkat atau meraih sesuatu, tidak memakai sepatu hak tinggi, mengganti posisi tidur dan mengganjal punggung dengan bantal saat tidur telentang.

Sebagai catatan, sakit punggung yang dialami selama beberapa hari tergolong ringan. Tapi, sakit punggung yang terjadi lebih dari 3 bulan sudah termasuk sakit punggung kronis. Nah, sekarang sudah tau kan? jadi, sekarang kalian sakit punggung tidak ? kalau sakit udah berapa lama kalau udah lebih dari 3 bulan lebih baik segera hubungi dokter deh biar dapet penanganan medis yang tepat. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)