10 Cara Mengatasi Ngantuk


Ngantuk

10 Cara Mengatasi Ngantuk - Bangun lebih pagi untuk menghindari kemacetan memanglah ide yang bagus namun, terkadang bangun lebih pagi membuat kita mengantuk. Padahal, mengantuk di pagi hari dapat membuat kita kehilangan konsentrasi dan mengganggu pekerjaan serta berbahaya bila kita sedang menyetir atau menaiki transportasi umum. Tapi tenang aja ada kok cara menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari selain memperbaiki pola tidur harian. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini cara menghilangkan rasa ngantuk tersebut :

1. Kafein
Kafein biasanya kita didapatkan dari kopi dan teh yang mana akan memicu fight or flight response. Sehingga, kafein bisa membuat kalian terjaga dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh karena jantung memompa darah lebih cepat. Kafein dalam jumlah cukup juga sanggup meningkatkan konsentrasi, refleks, dan kemampuan mengingat. Namun, jika dikonsumsi berlebihan justru membuat kalian mengalami sakit kepala, gelisah, dan susah tidur.
baca juga : Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein
2. Guarana
Guarana adalah tanaman dari Brazil yang efeknya lebih kuat daripada kopi. Guarana bisa dikonsumi dalam bentuk energy bar, minuman berenergi, serta suplemen berbentuk tablet. Tapi yang perlu diingat pastikan kalian mengonsumsi guarana secukupnya saja, oke!

3. Air
Menciprati wajah dengan air dingin atau mandi dengan air dingin adalah cara menghilangkan ngantuk yang bisa membantu aliran darah lebih lancer sehingga lebih siap beraktivitas.
baca juga : Tips Menghindari Dehidrasi
4. Olahraga
Olahraga adalah cara menghilangkan ngantuk yang efektif karena dengan berolahraga bisa memastikan hormon dan zat-zat kimia dalam darah terpompa, memperlancar aliran darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.
baca juga : Beberapa Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan

5. Mendengarkan musik
Hentakan dan irama musik yang cepat dapat memompa jantung untuk berdetak lebih cepat sehingga energi pun meningkat. Coba atur playlist dari musik bertempo lambat lalu perlahan-lahan meningkat untuk membangunkan kalian. Cara ini yan paling sering saya pakai loh berangkat ke kantor sambil mendengarkan musik namun patut diingat volume musiknya secukupnya aja ya jangan terlalu nyaring bila sedang berkendara.
baca juga : Mari Bersantai Sambil Mendengarkan Musik Ini

6. Udara segar
Cara lain menghilangkan ngantuk adalah dengan terkena hembusan angin segar saat berkendara atau menaiki transportasi umum.

7. Tingkatkan adrenalin 
Adrenalin dapat membantu menghilangkan ngantuk. Jadi, Jika kalian sudah mulai mengantuk saat mengerjakan pekerjaan, ambil waktu selama 10 menit untuk melakukan hal lain yang lebih menarik seperti bermain game, menonton film favorit kalau bisa yang genrenya thriller atau action, dan mengobrol.

8. Makan permen mint
Rasa mint yang segar bisa menghilangkan ngantuk sebab bisa membangunkan otak dan membuat kalian lebih aktif serta terjaga. Cara ini juga sering saya lakuin selain tidak bikin ngantuk mulut pun jadi segar hhe.

9. Mengatur pola pikir
Fokus terhadap hal yang membuat lelah hanya akan membuat kalian makin ngantuk. Jadi, pikiran kalian harus diatur menjadi lebih positif. Misalnya, mengulang-ulang perkataan seperti, “Sebentar lagi saya bisa tidur,” atau “Saya sudah cukup tidur” untuk mensugesti diri dan membuat kalian tetap berenergi serta terjaga.

10. Berjemur
Sinar matahari merupakan sumber energi yang dapt membantu membangkitkan kembali energi. Jadi, keluarlah dan berjemur di bawah sinar matahari pagi sebagai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Perlu diingat Anda juga tetap harus mencoba cara menghilangkan ngantuk dengan tidur malam sebanyak 8 jam, tidur dan bangunlah di waktu yang sama setiap hari, dan pastikan kamar tidur sudah nyaman. Karena istirahat yang cukup tidak membuat kita jadi mengantuk.

Jika cara menghilangkan ngantuk di atas tidak berhasil, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena bisa berarti rasa ngantuk kalian merupakan bagian dari gejala penyakit tertentu. Tapi, jika kalian terbukti sehat, mulailah mengubah pola makan dengan memperbanyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti dan tambahkan juga suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 Comments

Comments
25 March, 2015 00:11 delete

tipsnya bagus juga nie kang, saya sering gantuk hahahaha

Reply
avatar
25 March, 2015 08:37 delete

sip silakan dicoba mudahan penyakit ngantuknya agak berkurang hehe

Reply
avatar
25 March, 2015 10:31 delete

Hampir setiap hari saya suka begadang, alhasil suka ngantuk terus ke esokan harinya. Kayanya kopi lebih ampuh utk menghilangkan rasa ngantuk :D

Reply
avatar
25 March, 2015 10:41 delete

iya mas namun jangan berlebih ya minum kopi dan diusahakan jangan begadang deh gak baik buat kesehatan

Reply
avatar
25 March, 2015 10:42 delete

kopi itu sih yang paling ampuh ngilangin kantuk.. dan yang paling penting jangan kurang tidur

Reply
avatar
25 March, 2015 11:11 delete

kopi pahit yang paling ampuh haha...
ya tidur yang cukup memang sangat penting mba

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)