Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya


Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya
Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya - Kita sering malas karena meluangkan waktu yang cukup lama untuk melakukannya jadi serasa jadi beban kalau mau olahraga. Eitss tunggu dulu, kalian tahu tidak kalau olahraga lari cukup selama lima menit sehari, kita bisa mendapatkan manfaat yang besar, yang mana manfaat tersebut tidak hanya baik bagi tubuh tetapi juga untuk pikiran. Nah, seperti dilansir oleh lifehack.org berikut ini manfaat dari olahraga lari yang bisa kita dapatkan :


1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah suatu penyakit yang banyak menyebabkan kematian di Amerika Serikat. Dan melakukan olahraga ringan selama lima menit sehari bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 50 persen. Sebuah penelitian yang mengkaitkan kegiatan lari dalam waktu luang dan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, dipublikasikan oleh American College of Cardiology yang meneliti lebih dari 55.000 orang dewasa dan mengamati kebiasaan olahraganya selama lebih dari 15 tahun, menemukan bahwa orang-orang yang mau sedikit saja lebih aktif bisa memiliki jantung dan paru-paru yang lebih kuat. 

2. Hidup Tiga Tahun Lebih Lama
Selain mengurangi risiko kematian, olahraga lari juga bisa memperpanjang hidup kalian. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh American College of Cardiology, dari 55.000 orang, kelompok orang yang berolahraga secara teratur bisa memiliki rata-rata hidup tiga tahun lebih lama. Bahkan orang-orang yang olahraga kurang dari 51 menit saja per minggu bisa memiliki risiko kematian akibat penyakit lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang tidak olahraga sama sekali dalam satu minggu. Dengan kata lain, olahraga minimal lima menit saja per hari bisa membuat kita memiliki peluang untuk mendapatkan hidup yang lebih panjang.

3. Meningkatkan Suasana Hati (Mood) 
Olahraga lari selain baik untuk tubuh tetapi juga baik untuk kondisi mental kita. Apabila ingin mendapatkan mood yang lebih baik, kita bisa langsung melakukan olahraga lari di pagi hari. Tapi bukan berarti kita harus lari dari masalah yah hhe... 

4. Meningkatkan Fungsi Mental 
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry berjudul "Running to catch up: rapid generation of evidence for interventions in learning disability services" menyimpulkan bahwa olahraga bisa meningkatkan fungsi mental. Sehingga olahraga pun bisa membantu kita tetap menjaga kemampuan untuk terus mencerna dan mempelajari hal-hal baru. Bahkan saat ini ada beberapa sekolah yang mengadopsi program olahraga pagi hari. Dikarenakan olahraga pagi ternyata bisa meningkatkan kemampuan anak-anak untuk belajar.

5. Menjaga Kondisi Tekanan Darah 
Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan tekanan darah. Para peneliti telah mempublikasikan sebuah penelitian "aerobic interval training reducing blood pressure and improving myocardial function in hypertensive patients" yang diterbitkan oleh European Journal of Preventative Cardiology. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin sering berolahraga, maka tekanan darah dapat terjaga dengan lebih baik. Saat tekanan darah dalam kondisi yang stabil, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke pun tentu akan berkurang.

Nah, Gimana? besar kan manfaat dari olahraga lari yang bahkan tidak membutuhkan waktu yang banyak, cukup lima menit dalam sehari kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi, tunggu apalagi luangkan waktu kalian lima menit di pagi hari untuk olahraga lari dan dapatkan manfaatnya. Bila rasa malas menyerang kalian bisa mengikuti tips berikut ini agar rasa malas untuk berlari hilang. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : lifehack.org

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 Comments

Comments
30 October, 2014 17:22 delete

mantap. dulu waktu masih SMA sih tiap pagi pasti joging. sekarang udah jarang ;(

oiya kalo ada waktu joginglah ke blog gw ya bro.
http://handsomenia11.blogspot.com/

Reply
avatar
30 October, 2014 23:44 delete

Yupz gak perlu lama yang penting rutin :)

Reply
avatar
30 October, 2014 23:48 delete

Sekarang mulai banyak kesibukan ya, kadang juga penyakit malas menyerang hha
Padahal gak perlu waktu yg lama cukup rutin aja tiap hari :)
Oke gan ane joging ke blog Agan :D

Reply
avatar
27 March, 2015 16:11 delete

jogging olahraga murah namun bermanfaat sekali mas Denny

Reply
avatar
27 March, 2015 16:27 delete

Termasuk lari di tempat nggak ni mas? soalnya kalau mau lari selalu ga kesampaian pagi hari.....paling pemanasan doang

Reply
avatar
28 March, 2015 08:45 delete

bener banget tuh mba tapi kalau bisa jangan joging di pinggir jalan raya sih sebab asap kendaraan bakal langsung terhirup

Reply
avatar
28 March, 2015 08:48 delete

kalau lari seperti ditempat dengan treadmill bisa tapi kalau tanpa treadmill belum dicoba hehe paling enak lari di tempat terbuka yang udaranya segar mas

Reply
avatar
28 March, 2015 10:08 delete

ternyata lari pagi memiliki mamfaat yang begitu besar, namun terkadang orang2 sering menyepelekanya. makasih infonya gan :)

Reply
avatar
28 March, 2015 10:27 delete

saya kalau sedang terlambat kerja juga suka lari-lari mas, hihi...
tapi betul, lari itu adalah olahraga yang bagus, termasuk juga untuk menjaga stamina.

Reply
avatar
28 March, 2015 10:37 delete

iya mas sama" :)
lari pagi sangat baik dikarenakan udara masih segar dan belum tercemar polusi

Reply
avatar
28 March, 2015 10:39 delete

lari olahraga yang bagus dan murah :) serta bukan hanya menjaga stamina saja sih mba bahkan bisa meningkatkan stamina.
gak keringetan tuh mba lari-lari pas telat kerja hha

Reply
avatar
28 March, 2015 13:44 delete

Pentingnya berolahrga untuk menjada kebugaran tubuh kita ya mas. . Olahrga lari ini yang sangat jarang saya lakukan, yang sering saya lakukan naik turun tangga di tempat kerjaan :D

Reply
avatar
28 March, 2015 14:23 delete

wah apa gak terganggu tuh mas kerjanya kan bakal keringetan :D

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)