Cara Mudah dan Sehat Atasi Asam Urat tanpa Obat


Penyakit Asam Urat

Cara Mudah dan Sehat Atasi Asam Urat tanpa Obat - Pasti kalian sekalian tidak asing kan dengan penyakit asam urat? Penyakit yang biasanya identik dengan orang lanjut usia ini ternyata orang yang masih muda yang berusia 30-an pun banyak menunjukkan gejala-gejala terserang asam urat. Dalam dunia medis penyakit ini dinamakan “gout arthritis” penyakit ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal.
baca juga : 5 Jenis Makanan Wajib Bagi Orang Lanjut Usia
Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, Purin adalah semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman beralkohol. Sebenarnya, purin memiliki manfaat bagi metabolisme tubuh bila dalam jumlah yang kecil. tetapi bila purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat. Jadi mereka yang masih muda sudah terserang asam urat, karena mereka biasa mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa mengimbanginya dengan makanan sumber nutrisi lain.

Kemudian, bisakah asam urat disembuhkan tanpa obat? Ya, bisa. Sebenarnya prinsipnya mudah seperti yang dijelaskan sebelumnya asam urat berasal dari jumlah purin yang berlebih, sehingga bila tidak ingin terserang asam urat cukup dengan jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh kalian sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Tapi caranya gimana? Seperti dilansir oleh meetdoctor.com, berikut ini beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat: 
  • Pertama, kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. 
  • Kedua, perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat. 
  • Ketiga, perbanyak minum air putih, cukup sekitar 2 liter per hari atau lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh. 
  • Keempat, imbangi diet sehat kalian dengan olahraga untuk melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Kalian tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat cukup coba angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan dan lakukan dengan konsisten setiap minggu. 
Keempat hal di atas bisa kalian coba dahulu sebelum menemui dokter. Kan kalau bisa mengatasi sendiri lebih bagus dan tidak perlu repot-repot ke dokter terus keluar ongkos yang tidak sedikit. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)