Manfaat Lompat Tali


Lompat Tali
sumber foto : sigme.com
Manfaat Lompat Tali - Kalian waktu kecil pernah main lompat tali kan? Tapi tidak tahu ya kalau anak zaman sekarang masih doyan tidak ya main lompat tali soalnya kan sekarang mainannya gadget mulu. Lompat tali merupakan olahraga yang sering dipandang sebelah mata. Padahal, lompat tali itu bagus gan untuk kesehatan jantung terutama buat kalian tidak memiliki waktu banyak alias sibuk. Seperti dilansir meetdoctor.com Berikut ini berbagai manfaat olahraga lompat tali yang bisa kalian dapatkan jika rutin melakukannya :

1. Murah, mudah, dan menyenangkan
Menggerakkan tubuh dapat menjadi masalah bagi sebagian orang apalagi orang tua. Namun, semua orang tentu bisa melompat, bukan? Meski tidak harus tinggi-tinggi amat lompatnya (emang mau lompat tinggi ya? Hha :D ) Lompat tali juga tidak memerlukan banyak biaya sebab kalian bisa memakai tali biasa yang tahan lama dan dapat disimpan serta dibawa ke mana saja atau memakai karet gelang yang dsambung/diikat satu sama lain. 

2. Lancarkan sistem limpa
Sistem limpa bekerja keras membuang sisa dan racun dari dalam darah untuk dikeluarkan melalui tubuh. Tetapi, sistem limpa bergantung sepenuhnya pada kontraksi dan pelebaran otot supaya dapat bekerja. Gerakan melompat yang naik turun bisa membuat otot berkontraksi sehingga melancarkan sistem limpa.

3. Seluruh tubuh bergerak
Kaki, perut, lengan, jantung, dan pikiran bergerak saat Anda lompat tali. Olahraga ini juga meningkatkan kekuatan, kelincahan, dan kecepatan tubuh. Dan, tak seperti berlari, lompat tali baik untuk kepadatan tulang dan tidak terlalu membebani sendi.

4. Cepat berkeringat
Melakukan lompat tali, bahkan hanya 50 kali lompatan saja bisa membuat Anda dibanjiri keringat.

Supaya kalian tidak bosan, lakukan variasi dalam lompatan dan berlatihlah melompat menggunakan satu kaki atau melompat sambil mendengarkan musik. Selain itu, pakai sepatu yang pas dan sesuaikan panjang tali (selebar bahu). Agar tidak segera kehabisan nafas, cobalah mengatur lompatan dari intens ke santai, lalu kembali lagi ke intens untuk hasil maksimal.

Gimana tertarik buat menekuni lompat tali? Selain murah, tidak perlu waktu yang banyak serta tidak membutuhkan tempat terlalu luas jadi di kantor pun kalianan lompat tali asal tidak mengganggu orang sekitar aja hhe… Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)