Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein


Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein
Tips Untuk Membatasi Konsumsi Kafein - Konsumsi kafein secara rutin dalam dosis yang tidak berlebihan memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, kalau kalian tidak bisa mengontrolnya hal ini bisa menjadi sesuatu yang bikin kalian kecanduan. Seperti yang telah dilansir healthmeup.com, kecanduan kafein bisa membuat kalian insomnia serta mempengaruhi pola hidup sehat kalian. Karena itulah sangat perlu untuk membatasi konsumsi kafein kalian. Berikut beberapa tips untuk membatasi konsumsi kafein :

Minum Kopi
1. Batasin secara Bertahap
Segala hal yang tentu tidak akan terasa berat bila dilakukan secara bertahap. Kalau kalian sudah kecanduan kafein secara akut tentu saja kalian tidak bisa langsung berhenti total. Kalian harus mulai menguranginya sedikit demi sedikit sampai nantinya bisa mengonsumsi kafein dalam dosis yang tidak berlebih. 
Mencatat
2. Catat Setiap Konsumsi Kafein Kalian
Mencatat semua konsumsi kafein yang masuk per hari merupakan salah satu metode yang dipercaya efektif. Dengan begini kalian bisa mengira-ngira porsi kafein yang masuk dan bisa membatasinya.
Teh Hijau
3. Ganti Dengan Minuman Lain
Kalau kalian selalu memulai hari dengan secangkir kopi maka kalian bisa mencoba untuk menggantinya dengan minuman lain yang lebih sehat seperti green tea atau air putih. Hal ini tidak akan hanya mengatasi kecanduan kafein tapi baik bagi tubuh kalian karena akan menambah asupan air agar tubuh tidak dehidrasi. 
Olahraga
4. Olahraga
Kafein berfungsi sebagai stimulan dan memberikan energi bagi tubuh. Untuk mengatasi kecanduan kafein kalian bisa mencoba untuk berolahraga yang juga memiliki fungsi sebagai stimulan tubuh. 
Kafein
5. Ketahui Sumber Kafein
Kalian harus benar-benar mengetahui sumber dari kafein. Perlu kalian ketahui bahwa kafein tidak hanya berasal dari kopi saja. Coklat, minuman berenergi dan makanan manis lainnya banyak yang mengandung kafein. Jika memang kalian ingin mengurangi porsi kafein maka kalian harus tahu betul makanan apa saja yang memiliki kandungan kafein. 

Nah, Semoga dengan menerapkan tips di atas dapat membantu kalian semua yang kecanduan konsumsi kafein. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : healthmeup.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)