Mengorek Kuping Itu Ternyata Berbahaya


Mengorek Kuping
sumber foto : duniafitnes.com

Mengorek Kuping Itu Ternyata Berbahaya - Kebiasaan mengorek kuping menggunakan cotton bud atau korek kuping ternyata berbahaya loh apalagi kalau mengorek-ngorek kesalahan orang lain hha. Mengorek kuping bisa berbahaya karena bisa membuat gendang telinga pecah, radang saluran telinga, infeksi telinga, bahkan hilangnya pendengaran.

Saluran lubang telinga memiliki sel yang menghasilkan cerumen atau kotoran telinga (earwax). Pada sebagian orang, jumlah kotoran telinga ini bisa cepat bertambah dan sering menumpuk, sehingga menyumbat pendengaran dan kadang menimbulkan sakit dan gatal. Hal ini pula yang membuat seseorang membersihkan telinga dengan memakai korek kuping. Nah, gendang telinga yang mengatur pendengaran bisa saja tersentuh oleh korek kuping. Padahal gendang telinga terbilang lunak dan rapuh sehingga mudah pecah. Bahkan bila hanya disentuh dengan lembut. Saat gendang telinga pecah, timbul rasa sakit dan mengeluarkan cairan bening. Proses penyembuhan gendang telinga pun memakan waktu yang lama dan berisiko membuat kehilangan pendengaran. Bagian dalam telinga sebenarnya cukup dibersihkan saat terkena air ketika kalian mandi atau mencuci rambut maupun wajah. Air yang masuk akan membersihkan,melunakkan, dan menguraikan kotoran telinga yang sudah terkumpul.

Sering kali, kotoran telinga akan keluar sendiri saat kalian sedang tidur atau sedang mengunyah makanan sehingga pemakaian korek kuping sebenarnya tidak terlalu penting. Justru pemakaian korek kuping sering mendorong masuk kotoran telinga yang akan keluar menjadi lebih dalam. Akan tetapi, bila kotoran telinga kalian sangat banyak, keras, dan menganggu, segera temui dokter. Utamanya dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan - Kepala, Leher (SP.THT-KL) agar bisa menerima perawatan kotoran telinga yang aman dan bebas rasa sakit. Sekian Infonya moga bermanfaat ya

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)