Idul Fitri Adalah Hari Kemenangan Umat Muslim


Selamat Hari Raya Idul Fitri
sumber gambar : aingindra.com

Idul Fitri Adalah Hari Kemenangan Umat Muslim - Berhubung baru-baru ini kita merayakan hari raya idul fitri postingan saya tidak jauh-jauh soal Idul Fitri. Disini saya mau membahas soal yang orang bilang "Hari Raya Idul Fitri itu Hari Kemenangan", nah kemenangan yang gimana sih yang dimaksud? Apakah menang setelah selesai perang? Langsung saja deh, apa sih Hari Raya Idul Fitri itu?

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar bagi umat Muslim setelah menjalankan puasa selama bulan Ramadhan di hari tersebut tiap umat muslim saling bermaafan dan berharap kembali fitrah/suci seperti bayi yang baru lahir tanpa dosa. Nah, terus kenapa hari raya Idul Fitri disebut hari kemenangan?

Menurut saya disebut hari kemenangan karena kita berhasil menang melawan hawa nafsu dan mengontrol diri dengan cara menjalankan ibadah puasa dengan baik dan penuh selama Bulan Ramadhan (bukan berarti yang puasanya tidak full selama bulan Ramadhan tidak mendapatkan kemenangan, namun harus ada alasan yang jelas kenapa terpaksa tidak menjalankan ibadah puasa). Puasa memang bukanlah perkara mudah yang hanya menahan lapar dan haus tetapi kita benar-benar menjaga hawa nafsu, sikap, tutur kata untuk selalu menjauhi perbuatan tercela di tambah pada Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi yang meyakininya karena pahala dilipat gandakan daripada bulan-bulan biasa jadi sungguh rugi kalau tidak manfaatin bulan Ramadahan buat ningkatin ibadah kita bahkan pada bulan Ramadhan ada satu malam yaitu malam Lailatul Qadar (Malam 1000 Bulan) jadi ibadah yang kita lakukan sama hitungannya dengan melakukannya sebanyak 1000 bulan mantap bukan, namun sayangnya tidak semua orang yang bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar tergantung bagaimana ibadahnya selama bulan Ramadhan.

Oke kesimpulannya, Hari Raya Idul Fitri kenapa disebut hari Kemenangan adalah karena kita berhasil menang melawan hawa nafsu dan mengontrol diri sendiri sehingga ketika selesai bulan Ramadhan kita menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya menskipun perubahan tersebut hanya sedikit. Selanjutnya, apakah kita bisa mempertahankan akhlak kita yang sudah meningkat ke arah yang baik tersebut atau tidak. Kalau tidak dapat mempertahankannya atau ketika selesai bulan Ramadhan kita tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik maka itu sama saja tidak mendapatkan Hari Kemenangan. Ini semua cuma opini saya loh ya :D

Kemudian, apakah kalian mendapatkan hari kemenangan tersebut?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)