Apakah Makna "Dewasa" Menurut Kalian ? - mabesdenny
Arti Dewasa
sumber foto : kampleng.com
Apakah Makna "Dewasa" Menurut Kalian ? - Seperti judul diatas pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai makna dari kata “DEWASA”. Pada umumnya makna dewasa yang terdapat dalam masyarakat yaitu seseorang yang sudah cukup umurnya atau yang rata-rata sudah berusia 27 tahun ke atas dan bila menurut peraturan perundangan yang ada di Indonesia bila seseorang tersebut sudah berusia 19 tahun ke atas maka sudah dianggap dewasa. Memang tidak ada salahnya dengan beberapa pengertian di atas, namun di sini saya mengkategorikan dewasa menjadi dua, yaitu :
  1. Dewasa secara umur;
  2. Dewasa secara pola pikir.
Setelah membagi menjadi dua kategori saya bakal jelasin apa maksud dari dua kategori tersebut di bawah ini :

1. Dewasa secara umur
Kalian pasti sudah sangat mengerti maksud dari dewasa secara umum karena pemahaman ini merupakan pemahaman umum masyarakat akan akna dari dewasa.

2. Dewasa secara pola pikir
Nah, kalau ini tidak semua orang memahaminya karena masih banyak masyarakat yang menganggap orang dengan usia muda pasti tidak dewasa. Pemahaman tersebut pada dasarnya tidaklah salah dan tidak juga benar hanya yang salah adalah bila menganggap semua orang dengan usia muda itu tidak dewasa. Toh, cukup banyak juga orang dengan usia yang tua namun memiliki pola pikir dan mental seperti anak-anak.

Menurut pandangan saya orang yang dewasa adalah orang yang memiliki sikap yang tenang, tidak mudah emosi mampu menempatkan diri dan matang dalam mengambil sebuah keputusan serta cenderung tidak terburu-buru. Lalu, apakah makna "dewasa" bagi kalian ? silakan isi di kolom komentar di bawah ya.

Terima kasih sudah berkunjung :) 

Apakah Makna "Dewasa" Menurut Kalian ?

Arti Dewasa
sumber foto : kampleng.com
Apakah Makna "Dewasa" Menurut Kalian ? - Seperti judul diatas pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai makna dari kata “DEWASA”. Pada umumnya makna dewasa yang terdapat dalam masyarakat yaitu seseorang yang sudah cukup umurnya atau yang rata-rata sudah berusia 27 tahun ke atas dan bila menurut peraturan perundangan yang ada di Indonesia bila seseorang tersebut sudah berusia 19 tahun ke atas maka sudah dianggap dewasa. Memang tidak ada salahnya dengan beberapa pengertian di atas, namun di sini saya mengkategorikan dewasa menjadi dua, yaitu :
  1. Dewasa secara umur;
  2. Dewasa secara pola pikir.
Setelah membagi menjadi dua kategori saya bakal jelasin apa maksud dari dua kategori tersebut di bawah ini :

1. Dewasa secara umur
Kalian pasti sudah sangat mengerti maksud dari dewasa secara umum karena pemahaman ini merupakan pemahaman umum masyarakat akan akna dari dewasa.

2. Dewasa secara pola pikir
Nah, kalau ini tidak semua orang memahaminya karena masih banyak masyarakat yang menganggap orang dengan usia muda pasti tidak dewasa. Pemahaman tersebut pada dasarnya tidaklah salah dan tidak juga benar hanya yang salah adalah bila menganggap semua orang dengan usia muda itu tidak dewasa. Toh, cukup banyak juga orang dengan usia yang tua namun memiliki pola pikir dan mental seperti anak-anak.

Menurut pandangan saya orang yang dewasa adalah orang yang memiliki sikap yang tenang, tidak mudah emosi mampu menempatkan diri dan matang dalam mengambil sebuah keputusan serta cenderung tidak terburu-buru. Lalu, apakah makna "dewasa" bagi kalian ? silakan isi di kolom komentar di bawah ya.

Terima kasih sudah berkunjung :) 

30 comments:

  1. Orang yang cukup umur belum tentu punya pemikiran yang dewasa.
    Orang yang dewasa dalam hal berpikir dan bertindak belum tentu juga cukup umurnya.
    Bingung kan, kalau bingung nggak perlu dipikir dalem-dalem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bingung cari pegangan mas luqman haha

      Delete
  2. Dewasa itu adalah pria bukan cow, iu gue banget, hehehe

    ReplyDelete
  3. Dewasa dalam hal berfikir, itu mah saya banget hehe*tepok jidat*salam kenal tuan rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mba makasih ya kunjungannya :)
      ini kunjungan pertama ya?

      Delete
    2. Iyaaa, pertama kali, apa berasa saya sudah berkunjung berkali-kali? heheheheh lama nggak aktif saya mas denny, ini lagi kesambet jadi aktif lagi *eee malah curhat sembarangan nih* hehe sama-sama

      Delete
    3. hha gpp mba mungkin kan memang lagi sibuk jadi gak sempat blogwalking hha

      Delete
  4. saya setuju sama mas, karna banyak juga yang usia nya sudah dewasa tapi pemikirannya seperti anak kecil.kayanya kedewasaan juga bisa didapat anak muda dengan pola pikir kedewasaan :)

    ReplyDelete
  5. menurutku yg dimaksud dewasa adalah lebih arif dalam berfikir dan bertindak mas.
    dan memang tidak semua orang dewasa secara umur bisa dewasa pola fikirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh karena itu saya mengkategorikan menjadi dua mas dewasa secara usia dan dewasa secara pola pikir

      Delete
  6. Dewasa secara pola pikir itu yang saya anggap dewasa

    ReplyDelete
  7. "tua itu pasti tapi dewasa itu relatif" begitu katanya dan ternyata memang begitu umumnya.



    umur memang tak selalu membawa kedewasaan tp kehidupan sehari-hari lah yg lebih sering membawa kedewasaan.



    Setiap org punya sisi kedewasaan yg berbeda, tp secara umum org yg punya pikiran dewasa bisa lebih tenang dlm mendapatkan masalah.
    <br/

    Hanya sebatas itu yg kutahu karena aku tergolong kekanak-kanakan.

    ReplyDelete
  8. menurut saya paling sulit itu dewasa pola pikir, karena menanampkan pola pikir yang dewasa itu butuh proses pengertian

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba hal itu terlihat dari bagaimana cara org tsb menyelesaikan masalah

      Delete
  9. sekarang anak kecil aja sudah terlihat dewasa dari segi penampilan. padahal dalam pola fikirnya msh seperti anak anak… mungkin karena faktor lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas faktor lingkungan memang punya andil yang cukup besar

      Delete
  10. dewasa itu bisa menyikapi suatu masalah dengan kepala dingin :D

    ReplyDelete
  11. menurut saya dewasa itu sudah berumur 20 tahun++ untuk cara berpikir kembali kepada tingkah laku yang bersangkutan, dan seseorang yang menilainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas jika menurut ketentuan undang-undang yang berlaku usia 19 tahun sudah dikategorikan dewasa kok

      Delete
  12. Dewasa itu mungkin secara umur (ketentuan) adalah berusia 17 tahun keatas, namun sebenarnya dewasa itu adalah dari pola pikirnya..... :)

    ReplyDelete
  13. Dewasa menurutku simple aja; kalau sudah bisa tanggung jawab sama diri sendiri, hihihi :)

    ReplyDelete
  14. Dewasa itu sudah bisa bertanggung jawab dalam hal apapun dan bisa mengambil keputusan yang menurut diri sendiri baik dan pantas dilakukan. Dan juga pintar dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip itu pemikirannya sudah dewasa berarti

      Delete

Tolong berkomentar yang baik, becanda sih boleh tapi tidak harus menggunakan kata-kata kasar ya kan :)